Mengenal Apa Itu Asuransi Dwiguna, Fungsi dan Jenis-Jenisnya


Asuransi dwiguna adalah jenis asuransi yang sangat populer dan tentunya memberikan berbagai manfaat penting untuk perlindungan para pemegang polis. Pastinya kamu juga sudah bisa menebak dari namanya, dimana asuransi dwiguna akan memberikan dua manfaat sekaligus bagi nasabahnya.

Apa saja dua manfaat tersebut? Yang pasti asuransi ini akan memberikan kamu perlindungan dari berbagai dampak keuangan yang disebabkan oleh kematian dini atau hal lainnya. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi pemegang polis, tentunya kamu harus tahu dulu tentang asuransi dwiguna. Kali ini Klikasuransiku akan membahas secara lengkap tentang asuransi dwiguna beserta manfaat dan juga fungsinya.

Apa Itu Asuransi Dwiguna?


Apa Itu Asuransi Dwiguna


Asuransi dwiguna atau juga dikenal dengan asuransi endowment merupakan proteksi yang akan memberikan nasabahnya sejumlah uang pertanggungan ketika mereka meninggal saat periode tertentu. Kemudian nasabah juga berhak menerima seluruh uang pertanggungan tersebut apabila yang tertanggung memang masih hidup di akhir masa pertanggungan dan sesuai pada jangka waktu asuransi.

Para nasabah yang memegang asuransi ini akan membayar beban polis secara berkala dan juga disesuaikan dengan perjanjian pada layanan asuransi. Maksud dari beban polis asuransi yaitu sejumlah dana yang dibayarkan pada perusahaan asuransi di setiap bulannya atau disebut juga sebagai premi.

Fungsi Asuransi Dwiguna


Fungsi Asuransi Dwiguna


Adapun fungsi asuransi dwiguna ini bagi para nasabahnya adalah untuk memberikan jaminan berupa kepastian nilai tunai, dimana nilainya tersebut disesuaikan dengan kesepakatan saat pertama kali. Kemudian pembayaran premi dari asuransinya juga akan cenderung tetap jumlahnya.

Apabila biaya yang diperlukan bisa diprediksi, baik dari segi waktu maupun jumlahnya. Maka tentunya pengelolaan dana serta perlindungan resiko tersebut bisa dikelola dengan baik lewat asuransi dwiguna.

Misalkan saja jika kamu memiliki premi yang harus dibayarkan sekitar 5 juta rupiah per tahun, maka kamu akan dapatkan uang pertanggungan sekitar 300 juta pada tahun ke-20 nya. Sekalipun anak masih dalam usia 2 tahun.

Dengan begitu, tentunya kamu juga akan bisa memprediksi kira-kira total biaya yang dibutuhkan saat anak berada di jenjang TK, SD, SMP, SMA, bahkan hingga kuliah sekalipun. Kemudian tentunya kamu juga bisa sesuaikan biaya yang tersedia tersebut dengan pilihan sekolah serta diperlukannya prediksi terkait kenaikan biaya pendidikan dengan memperhitungkan inflasi.

Sebab inflasi juga tidak bisa diprediksi berapa besarannya per tahun tersebut. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dana yang kurang maka kamu harus perkirakan juga kira-kira berapa kenaikan dana pendidikan tersebut saat inflasi terjadi.

Selain itu, nasabah harus membayarkan premi tersebut pada periode yang telah ditetapkan sebelumnya. kamu bisa gunakan asuransi dwiguna ini untuk berbagai keperluan termasuk dana pendidikan dan pensiunan.

Jenis-Jenis Asuransi Dwiguna


Jenis-Jenis Asuransi Dwiguna


Seperti yang diketahui bahwa asuransi dwiguna sendiri akan menawarkan kepada kamu sebagai nasabahnya berbagai perlindungan asuransi jiwa beserta akumulasi dananya. Asuransi ini lebih dikhususkan untuk tujuan dengan jangka waktu tertentu yang sesuai dengan kebutuhan para pemegang polis. Berikut jenis produk asuransi dwiguna yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Asuransi Pensiun

Saat usia kamu masih dalam rentang masa produktif pastinya produktivitas akan lebih tinggi dan kondisi finansial jauh lebih baik. Usia ini dikenal sebagai waktu yang tepat untuk kamu memulai persiapan hari tua sehingga tidak susah payah ketika telah masuk ke masa pensiun.

Untuk asuransi pensiun sendiri, durasi yang dimiliki berjangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa mencarikannya saat pensiun. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada pemegang polis seperti meninggal dunia sebelum masa pensiunnya, maka uang pertanggungan yang berasa dari asuransi dwiguna bisa digunakan untuk keluarga yang memang berhak menerimanya.

2. Asuransi Pendidikan

Sepertinya hal ini sudah menjadi tugas kamu sebagai orang tua untuk mempersiapkan dana Pendidikan anak. Tentunya kamu menginginkan Pendidikan yang terbaik agar bisa menjadi bekal masa depan yang baik pula.

Oleh sebab itu, sejak dini mulailah kamu siapkan segala hal yang berkaitan dengan biaya pendidikan anak. Apalagi finansial bisa dibilang termasuk hal yang sangat sensitif. Tujuannya agar ketika masa sekolah anak sudah tiba, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari uang. Karena sudah ada asuransi pendidikan ini.

Asuransi pendidikan dari asuransi dwiguna ini akan membantu kamu dalam mengumpulkan uang dalam memenuhi biaya pendidikan anak. kamu juga bisa melakukan pencairan dananya secara bertahap dengan menyesuaikan tiap jenjang pendidikan anak kamu.

3. Asuransi PNS

Pastinya ini adalah salah satu tabungan yang sedang kamu rencanakan saat ini untuk bekal di hari tua nanti. Asuransi dwiguna PNS ini diselenggarakan PT Taspen dengan memberikan jaminan keuangan pada pemegang polis.

Apabila mereka berhenti bekerja karena sudah memasuki masa pensiun ataupun meninggal dunia, maka ahli waris berhak menerima jaminan keuangan tersebut. Adapun minimal nilai manfaat tersebut harus dibayarkan oleh PT Taspen yang berperan sebagai penyelenggara asuransi dwiguna adalah 3 juta rupiah.

Sedangkan untuk iuran per premi yang harus dibayarkan pada setiap bulannya oleh para PNS pemegang polis yaitu sebesar penghasilan bulanannya. Penghasilan bulanan ini juga termasuk gaji pegawai dengan ditambah tunjangan keluarga lalu dikalikan 3,25%.

Tidak hanya itu, para PNS pemegang polis juga wajib memberikan data pribadi serta anggota keluarga. Lalu melaporkannya apabila ada perubahan gaji ataupun perubahan pangkat sekalipun.

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi dwiguna mulai dari pengertian, fungsi, serta jenis-jenis dari asuransi tersebut. Sebaiknya mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan serta merencanakan kebutuhan biaya masa depan kamu. Kemudian penting juga untuk mengetahui manakah asuransi yang terbaik dan dapat mewujudkan perencanaan kamu tersebut.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022