Apa Itu Asuransi, Mari Simak Penjelasannya Di sini!


Asuransi adalah salah satu hal yang sudah sering sekali terdengar. Namun pengertian masih saja banyak orang yang mempertanyakan apa itu asuransi. Masih ada orang yang menganggap asuransi adalah hal yang negatif dan harus dihindari. Padahal asuransi adalah salah satu hal yang dibutuhkan masyarakat. Agar lebih memahami apa itu asuransi mari simak ulasannya dari Klikasuransiku berikut ini yuk!

Pengertian Asuransi


Pengertian Asuransi


Apa itu asuransi? Asuransi adalah perjanjian yang terjadi di antara dua belah pihak. Pihak yang terkait, ada pihak penanggung dan tertanggung. Bagi pihak tertanggung ada kewajiban untuk membayar premi atau iuran kepada pihak penanggung. Hak dari tertanggung yang membayar premi secara rutin ialah mendapatkan ganti rugi dari risiko finansial yang bisa terjadi kapan saja.

Sementara pihak penanggung adalah perusahaan yang menyediakan dana ganti rugi yang akan mengcover kerugian finansial tertanggung. Pada intinya pihak penanggung adalah perusahaan asuransi, tertanggung adalah nasabah perusahaan asuransi tersebut.

Dalam KBBI, pengertian asuransi adalah sebuah pertanggungan (perjanjian antara dua belah pihak, pihak yang satu berkewajiban untuk membayar iuran, dan pihak yang lain memberi jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran jika terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat). Sementara itu menurut OJK, asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi.

Banyak orang yang menganggap asuransi adalah hal yang negatif karena dianggap mendatangkan kerugian. Padahal sebetulnya asuransi ini justru membantu masyarakat untuk menabung atau mempersiapkan masa depan.

Dari pengertian diatas asuransi adalah sesuatu yang bisa menghindarkan seseorang untuk mengalami kerugian finansial secara mendadak. Bahkan asuransi juga bisa dikatakan sebagai tabungan atau investasi jangka panjang. Asuransi ini sangat cocok untuk mengatur keuangan masa depan jadi lebih pasti dan bisa mencapai tujuan menabung sesuai rencana, misalnya untuk menyiapkan pendidikan anak.

Unsur-Unsur Asuransi

Asuransi memiliki unsur-unsur yang harus diperhatikan dengan baik. Sedikitnya ada 3 unsur yang harus diketahui dalam asuransi, ada premi asuransi, polis asuransi, serta yang terakhir klaim asuransi. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:

1.Premi Asuransi

Ini merupakan unsur pertama dalam sebuah asuransi. Premi asuransi merupakan iuran biaya yang harus dibayar oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung. Nominal premi asuransi serta waktu pembayarannya dirundingkan dulu antara dua pihak terkait. Premi asuransi bisa dibayar secara rutin setiap bulan, per 6 bulan, bisa juga tahunan. Jangka waktunya sesuai dengan kesepakatan di awal.

2.Polis Asuransi

Unsur berikutnya ada polis asuransi, merupakan sebuah dokumen sah yang isinya mengatur perjanjian asuransi. DI dalamnya terdapat nilai manfaat, nominal premi, hingga risiko apa saja yang harus ditanggung serta pengecualiannya.

Pengecualian dalam polis asuransi adalah risiko yang tidak masuk dalam tanggung jawab pihak penanggung. Polis asuransi ini sendiri adalah dokumen yang berada dibawah naungan hukum atau mengikat secara hukum.

Saat ada salah satu pihak yang menyalahi kesepakatan dan aturan yang sudah tertuang dalam polis asuransi, pihak lainnya berhak menghentikan kerja sama hingga menggugat pihak yang menyalahi aturan.

3.Klaim Asuransi

Unsur yang terakhir adalah klaim asuransi. Ini merupakan proses pengajuan resmi dari pihak tertanggung kepada penanggung atau perusahaan asuransi ketika nasabah mengalami risiko sesuai yang tertuang dalam polis asuransi. Klaim asuransi yang dibuat sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan yang tertulis dalam polis maka perusahaan asuransi akan memberikan biaya ganti rugi atas risiko finansial sesuai dengan aturan.

Jenis-Jenis Asuransi


Jenis-Jenis Asuransi


Asuransi ada beberapa jenis, hal tersebut memudahkan para nasabah untuk memilih asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jenis asuransi sendiri dikelompokkan berdasarkan risiko yang ditanggung perusahaan asuransi sesuai jenis kebijakannya. Inilah beberapa jenis asuransi tersebut:

1. Asuransi Jiwa

Pertama ada asuransi jiwa, ini merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup populer di Indonesia. Asuransi jiwa bisa membantu seseorang untuk melindungi keluarganya saat tulang punggung meninggal dunia. Asuransi jiwa ini sendiri terbagi lagi jadi tiga macam, seperti:

a. Term Life

Pertama ada Term Life yang merupakan asuransi jiwa dengan jangka waktu perlindungan selama minimal 1,5 tahun dan maksimal 10 tahun. Nilai pertanggungan asuransi Term Life lebih besar dan premi akan hangus jika sudah akhir periode.

b. Whole Life

Jenis asuransi selanjutnya ada Whole Life. Asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup. Jadi untuk nasabah yang mengambil asuransi ini, selama pemilik polis tidak meninggal, maka uang pertanggungan bisa di klaim. Besaran premi asuransi Whole Life memang lebih mahal, namun jumlahnya tidak sebesar asuransi Term life.

c. Unit Link

Asuransi jiwa lainnya ada Unit Link yang merupakan jenis asuransi non-tradisional. Unit Link ini merupakan produk asuransi yang menggabungkan asuransi dengan produk investasi.  Dana pihak tertanggung atau nasabah dipecah menjadi dua, dimana sebagian masuk premi asuransi dan sisanya diserahkan kepada manajer investasi agar bisa dikelola menjadi sebuah investasi. Namun disini penempatan investasi sepenuhnya berada di tangan nasabah.

Jenis asuransi jiwa terkadang dianggap sebagai salah satu bentuk pola pikir mendahului Tuhan tentang kematian, padahal ini adalah salah satu cara untuk melindungi anggota keluarga di masa mendatang yang tidak dapat diprediksi.

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi berikutnya ada asuransi kesehatan, ini salah satu produk asuransi yang khusus menangani masalah kesehatan nasabah. Biasanya nasabah mengambil asuransi ini karena mengidap penyakit yang membutuhkan dana cukup besar untuk proses pengobatan dan penyembuhan.

Asuransi kesehatan ini menanggung biaya proses perawatan. Penyebab sakit yang ditanggung oleh pihak asuransi adalah sakit karena cedera, cacat, memiliki penyakit kritis, sampai kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan.

Sekarang ini sudah semakin banyak perusahaan asuransi yang menyediakan jenis asuransi ini. Kebanyakan perusahaan menengah hingga yang sudah besar yang memberikan asuransi kesehatan kepada pegawainya.

3. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi berikutnya ada asuransi pendidikan. Ini adalah salah satu cara orang tua memastikan masa depan terutama pendidikan anaknya terjamin. Asuransi pendidikan ini sangat penting untuk masa depan agar tidak sampai merasa kan putus sekolah karena masalah finansial orang tua.

Asuransi jenis ini banyak sekali peminatnya karena banyak orang tua yang sadar biaya pendidikan setiap tahun mengalami kenaikan. Sekarang asuransi pendidikan lebih sering digabungkan dengan asuransi jiwa. Ini merupakan jenis asuransi yang sangat cocok dijadikan sebagai solusi, terutama untuk para orang tua yang memiliki rencana menyekolahkan anak hingga jenjang yang tinggi.

4. Asuransi Dana Hari Tua

Biasa disebut dengan asuransi pensiun. Salah satu produk asuransi yang sering dikombinasikan dengan asuransi jiwa. Asuransi ini dibuat untuk melindungi kondisi finansial seseorang yang sudah tidak produktif.

Sederhananya, produk asuransi ini membantu seseorang mengumpulkan dana untuk hari tua. Saat sudah memasuki masa pensiun, pemilik polis ini akan mendapatkan jumlah pensiun reguler. Jika pemilik polis meninggal dunia, maka pihak keluarga bisa mengajukan klaim kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi.

5. Asuransi Umum


Asuransi Umum


Jenis asuransi selanjutnya ada asuransi umum. Produk ini memberikan penawaran kompensasi finansial yang tidak disebabkan karena kematian.  Produk asuransi ini menawarkan perlindungan finansial untuk semua jenis aset seperti, rumah, mobil, sepeda, perjalanan, dan banyak lagi. Asuransi umum ini sendiri ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Diantara-Nya adalah:

a. Asuransi Properti

Asuransi umum pertama ada asuransi properti atau asuransi rumah. Ini adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan aset yang berupa rumah dan isinya. Ada dua jenis pada asuransi properti yaitu asuransi kebakaran dan asuransi all risks.

b. Asuransi Kebakaran

Lalu ada juga asuransi kebakaran yang diterbitkan oleh AAUI. Ini adalah asuransi yang memberikan perlindungan pada harta benda yang diasuransikan secara langsung karena kebakaran.

c. Asuransi Kendaraan

Kendaraan juga ada asuransinya, ini adalah asuransi yang memberikan jaminan kerugian, kerusakan, serta kehilangan atas kendaraan bermotor.

d. Asuransi Perjalanan

Ada juga asuransi umum yang memproteksi sebuah perjalanan. Ini ditujukan untuk menekan kerugian karena adanya pengobatan, pembatalan perjalanan, bagasi hilang, hingga insiden perjalanan. Ini berlaku untuk perjalanan domestik dan internasional.

e. Asuransi Pekerja

Asuransi yang memberikan penggantian upah atau tunjangan kesehatan bagi pegawai yang terluka selama proses kerja.

f. Asuransi Sosial

Asuransi umum yang menyediakan jaminan sosial untuk para anggota masyarakat yang dibuat atau dibentuk oleh pemerintah. Asuransi ini dibuat melihat aturan yang berhubungan dengan pihak asuransi yang berkaitan langsung dengan seluruh golongan masyarakat.

Dari penjelasan diatas, pertanyaan tentang apa itu asuransi sudah terjawab. Asuransi merupakan salah satu hal yang cukup penting di kehidupan masyarakat. Dari sebuah asuransi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan terutama dalam pengaturan finansial di masa mendatang.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022