Pelajari Apa Itu Asuransi Rumah untuk Masa Depan


Tahukah Anda bahwa tempat tinggal dan hunian Anda bisa dilindungi dengan asuransi? Ya, asuransi rumah mungkin memang belum setenar asuransi jiwa dan asuransi kesehatan namun sebenarnya memiliki manfaat yang sama besarnya. Apalagi mengingat bahwa rumah merupakan aset yang merupakan bagian dari pencapaian kamu.

Rumah biasanya dibeli dari hasil kerja keras selama bertahun-tahun bahkan hingga puluhan tahun jadi wajar kalau kamu memberikannya perlindungan yang maksimal. Salah satu bentuk perhatian tersebut yaitu melalui asuransi. Mengapa asuransi untuk rumah itu penting? Kita tidak pernah tahu kapan bencana dan hal diluar rencana terjadi dan menimpa hunian tersebut hingga menyebabkan kerugian.

Asuransi Rumah dan Jenisnya


Asuransi Rumah dan Jenisnya

Jadi apakah yang disebut dengan asuransi rumah itu? Asuransi yang memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan secara maksimal kepada rumah kamu dari berbagai kemungkinan risiko yang bisa menimbulkan kerugian finansial. Risiko yang dimaksud antara lain yaitu kebakaran, kerugian akibat pencurian, dan kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Asuransi khusus rumah tersebut dibedakan menjadi 2 jenis yaitu seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Property All Risk atau Industrial All Risk

Jenis asuransi property all risk atau industrial risk adalah asuransi rumah yang bersifat unnamed perils. Apa maksudnya? Yaitu jaminan perlindungan diberikan secara menyeluruh terhadap risiko yang terjadi pada harta benda serta kepentingan yang dipertanggungkan.

Namun asuransi jenis ini memberikan pengecualian pada kondisi tertentu dimana termasuk yang tidak dipertanggungkan yaitu perang, nuklir, radioaktif, terorisme, kehilangan atau gangguan usaha, polusi, kesengajaan, ketidakjujuran dan sejenisnya. Property All Risk diberikan kepada bangunan yang sifatnya non industri seperti rumah, kantor, rumah sakit, sekolah dan sebagainya. Sedangkan asuransi khusus untuk banguan industri seperti pabrik maka jenisnya adalah Industrial All Risk.

2. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia atau PSAKI

Melihat dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau asuransi PSAKI merupakan perlindungan yang diberikan sebagai bentuk pelayanan dari polis asuransi kebakaran. Jadi asuransi ini sifatnya memberikan perlindungan pada rumah atau jenis bangunan lainnya dari kerugian akibat risiko yang disebabkan oleh kebakaran dan sejenisnya. Risiko yang termasuk dalam PSAKI ini adalah kerugian harta benda yang disebabkan oleh kebakaran, ledakan, petir, kejatuhan pesawat dan asap.

Bagaimanakah Cara Kerja dari Asuransi Rumah Itu?


Cara Kerja dari Asuransi Rumah Itu

Wajar kalau kamu ingin mengetahui lebih dulu bagaimana sistem dan cara kerja dari asuransi khusus rumah sebelum memutuskan untuk menjadi nasabahnya. Sederhananya cara kerja dari asuransi tersebut adalah nilai pertanggungan nasabah nantinya akan diperhitungkan berdasarkan pada berapa perkiraan jumlah dana yang diperlukan untuk membangun rumah atau bangunan lainnya saat ini dengan luasnya.

Jadi misalnya kamu memiliki rumah dengan luas 200 meter persegi dengan nilai pertanggungan asuransi sebesar Rp. 600 juta. Maka perhitungannya yaitu jika saat ini untuk membangun setiap meter persegi dibutuhkan dana sebesar Rp. 3 juta maka dana total yang diperlukan bagi 200 meter persegi yaitu Rp. 600 juta.

Selain nilai fisik bangunan kamu juga mengikutsertakan aset-aset yang terdapat di dalam rumah ke dalam asuransi. Perhitungannya tinggal ditambahkan saja dengan nilai pertanggungan bangunan fisik rumah. Contohnya, nilai total dari aset di dalam rumah adalah Rp. 150 juta maka nilai pertanggungan keseluruhan yaitu Rp. 750 juta.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Rumah yang Bagus?


Cara Memilih Asuransi Rumah yang Bagus

Sebagaimana jenis asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa maka ketika memilih asuransi untuk rumah juga harus teliti. Mengapa? Agar perlindungan yang diberikan oleh asuransi tersebut benar-benar maksimal dan sesuai dengan tujuannya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memilih asuransi khusus rumah tersebut.

1. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Asuransi untuk rumah ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi maka pilihlah yang terpercaya. Perhatikan bagaimana reputasi perusahaan asuransi tersebut selama ini terutama dalam pembayaran klaim pada nasabah. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang karena rumah dan aset kamu sudah mendapatkan perlindungan yang tepat.

2. Pelajari Polis dengan Teliti

Tidak jauh berbeda dengan ketika kamu ikut produk asuransi yang lainnya yaitu pelajari polisnya lebih dulu. Baca dengan  teliti dan pahami semua pasal yang dituliskan di dalam polis tersebut sehingga nantinya tidak akan terdapat kesalahpahaman yang menyebabkan masalah. Kalau ada pasal-pasal di dalam polis yang belum kamu pahami langsung tanyakan kepada pihak asuransi.

3. Pilih Jenis Perlindungan Sesuai Kebutuhan

Apakah kamu akan ikut asuransi yang hanya melindungi bangunan fisik rumah saja ataukah sekalian dengan aset didalamnya? Semua itu kembali kepada kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing. Jadi kamu sebaiknya mempertimbangkan lebih dulu mana produk asuransi khusus rumah yang kamu butuhkan.

Nah, itulah penjelasan tentang asuransi rumah yang mungkin kamu butuhkan untuk memberikan perlindungan maksimal pada hunian. Lindungi hunian dari kemungkinan risiko yang datangnya tidak terduga dengan asuransi.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022