Penjelasan Tentang Premi Menurut UU dan Tujuan-Tujuannya


Pernahkah kamu mendengar istilah premi? Pada dasarnya, premi adalah pembayaran yang wajib dibayarkan oleh anggota asuransi secara berkala, baik itu bulanan atau tahunan. Tentu saja jangka waktunya sudah ada kesepakatan bersama. Kamu pasti sering mendengar kata premi. Kata yang sering dihubungkan dengan asuransi.

Bagi yang sering berkutat dengan asuransi, pasti sudah tidak asing dengan kata premi. Namun, ada beberapa arti berbeda antar premi menurut undang-undang dengan premi asuransi. Berikut perbedaannya.

Perbedaan Arti Premi Menurut Undang-Undang dan Asuransi


Perbedaan Arti Premi Menurut Undang-Undang dan Asuransi

Premi merupakan salah satu komponen terpenting dalam asuransi. Premi asuransi merupakan uang dalam jumlah tertentu yang harus dibayarkan oleh pihak nasabah kepada perusahaan asuransi. Jumlah uangnya menyesuaikan dengan kondisi nasabah, mulai dari ekonomi sampai kesehatannya.

Sedangkan menurut Undang-Undang, premi merupakan biaya yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi yang sudah disetujui oleh pihak nasabah atau pemilik polis berdasarkan kesepakatan yang sudah disetujui.

Ada pula yang menyebutkan bahwa premi termasuk beberapa jumlah uang yang mempunyai ketetapan peraturan Undang-Undang yang menjadi dasar program asuransi wajib untuk memiliki manfaat.

Sudah banyak orang yang memutuskan untuk mengikuti asuransi. Namun, kenyataannya asuransi memiliki berbagai jenis yang memiliki manfaat yang berbeda. Berikut jenis premi asuransi yang bisa kamu pilih dan manfaatnya.

Jenis Premi Pada Asuransi dan Manfaatnya


Jenis Premi Pada Asuransi dan Manfaatnya

Tidak cukup untuk mengetahui arti premi asuransi secara umum dan menurut Undang-Undang. Kamu harus tahu beberapa jenis premi asuransi dan manfaatnya. Sehingga bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

1. Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi ini sangat bermanfaat bagi kamu yang sering melakukan perjalanan keluar rumah dengan memakai kendaraan. Premi asuransi kecelakaan diri dibayarkan untuk mendapatkan manfaat dan jaminan dari risiko karena kecelakaan yang terjadi pada kamu.

Ada dua macam jenis asuransi ini. Yaitu asuransi liburan dan asuransi kecelakaan motor. Asuransi premi yang untuk liburan bisa memberikan jaminan ketika kamu melakukan perjalanan liburan. Misalnya terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan seperti jatuh atau terjadi kecelakaan.

Sedangkan asuransi kecelakaan motor ditujukan ketika terjadi kecelakaan lalu lintas yang khusus menggunakan kendaraan bermotor. Mengingat pengguna motor yang semakin meningkat, maka jenis asuransi ini sangat diperlukan.

2. Asuransi Perjalanan

Tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di jalan. Apalagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh dengan alasan bisnis atau lainnya. Tidak akan salah jika memilih asuransi perjalanan.

Asuransi tersebut juga merupakan salah satu investasi yang bisa meminimalisir suatu kejadian yang tidak terduga. Ada dua jenis asuransi perjalanan, yaitu perjalanan internasional yang meliputi perjalanan ke luar negeri. Serta asuransi perjalanan domestik yang meliputi perjalanan dalam negeri.

Asuransi ini berbeda dengan asuransi lainnya dalam hal pembayaran. Jika asuransi lainnya melakukan pembayaran tiap bulan atau tiap tahun. Maka pembayaran asuransi perjalanan dibayarkan ketika pembelian tiket perjalanan. Jadi, cukup satu kali saja. Namun manfaatnya dalam perjalanan saat itu juga.

3. Asuransi Kesehatan

Selanjutnya asuransi yang termasuk favorit, yaitu asuransi kesehatan. Sedangkan arti asuransi premi kesehatan adalah sejumlah uang yang kamu serahkan kepada perusahaan asuransi. Tujuannya adalah untuk menjamin segala risiko terkait biaya kesehatan ketika di rumah sakit.

Sebagian besar premi ini ditujukan pada pembayaran inap dan pembelian obat. Sehingga memberikan keringanan pada pihak nasabah ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Pembayaran asuransi kesehatan lebih rendah. Namun, manfaatnya sangat luar biasa. Melihat biaya kesehatan yang semakin lama semakin naik.

4. Asuransi Kendaraan

Premi merupakan iuran yang kamu berikan kepada pihak asuransi untuk mengambil alih risiko suatu hal. Premi asuransi kendaraan merupakan premi yang terkait dengan kendaraan yang sering dipakai. Misalnya mobil atau motor.

Ada dua jenis premi asuransi kendaraan, yaitu all risk dan TLO (Total Loss Only). Asuransi kendaraan jenis all risk akan memberikan penggantian yang terkait pada kendaraan ketika terjadi kehilangan atau kerusakan. Sedangkan TLO hanya akan memberikan penggantian kerusakan pada kendaraan dengan minimal 75% kerusakan.

Kedua jenis asuransi tersebut tentu saja memiliki jumlah iuran yang berbeda tiap bulannya, karena manfaatnya juga berbeda. Iuran asuransi jenis All Risk lebih mahal dibandingkan TLO.

5. Asuransi Perumahan

Premi yaitu sejumlah iuran yang dibayarkan ke perusahaan asuransi untuk penggantian suatu hal secara tiba-tiba. Sesuai dengan namanya, premi asuransi properti akan mengambil alih rumah kamu yang ditempati jika terjadi sesuatu. Misalnya bencana alam.

Tidak akan ada yang mengetahui kapan datangnya bencana alam. Adanya asuransi properti akan melindungi rumah ketika terjadi kerusakan akibat bencana alam. Seperti angin topan, banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya. Adanya asuransi tersebut akan memberikan jaminan properti kamu supaya bisa seperti sedia kala sebelumnya terjadi bencana.

6. Asuransi Jiwa

Premi merupakan iuran yang harus dibayarkan demi menjamin finansial keluarga ketika ditinggalkan. Itulah arti asuransi jiwa. Asuransi tersebut akan mengambil alih ketika kamu meninggal dunia. Mengambil alih ini berkaitan dengan masalah finansial dengan ahli waris. Besarnya finansial tergantung dari iuran yang dibayarkan tiap bulan dari pihak nasabah.

7. Asuransi Pendidikan

Premi termasuk suatu bentuk pembayaran kepada pihak asuransi untuk memberikan jaminan pendidikan untuk masa depan anak. Itulah arti dari asuransi pendidikan. Premi asuransi ini merupakan yang paling favorit.

Sebagian besar orang tua zaman sekarang sudah sadar akan pentingnya pendidikan. Apalagi jika berkaitan dengan buah hati. Kamu akan menyadari bahwa biaya pendidikan semakin lama semakin mahal. Oleh karena itu, sangat penting memiliki asuransi pendidikan.

Itulah beberapa jenis asuransi premi yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Asuransi memiliki banyak manfaat untuk kedepannya, karena ada beberapa tujuan yang harus dipenuhi. Adapun ulasan tujuan  asuransi busa disimak di bawah ini.

Tujuan Asuransi


Tujuan Asuransi

Premi yaitu nilai yang kamu bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi untuk mengambil alih risiko yang berkaitan dengan kerugian yang dialami. Jadi tujuan adanya asuransi adalah mengambil alih ganti rugi yang kamu alami. Adapun tujuan lain dari asuransi terangkum dalam penjelasan berikut ini.

1. Pemerataan Biaya

Setiap orang pasti akan mengalami suatu kerugian, entah karena kecelakaan atau lainnya. Tanpa adanya asuransi, kamu harus menanggung semua resikonya. Namun, berbeda jika memiliki asuransi. Sebagian resiko akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sehingga jumlah resikonya lebih ringan.

2. Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Salah satu fungsi asuransi adalah memberikan perlindungan kepada semua nasabahnya terhadap risiko yang sedang dialami. Tanpa terkecuali kamu yang mengikuti asuransi. Jaminan ini akan kamu peroleh ketika mulai membayar premi asuransi yang dipilih.

Tentu saja, besarnya jaminan tergantung pada pilihan layanan. Seperti jaminan kesehatan. Semakin besar iuran asuransi kesehatan tiap bulannya, maka semakin besar jaminan yang akan kamu dapatkan ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Dari informasi ini, bisa disimpulkan bahwa premi adalah suatu bentuk pembayaran kepada pihak asuransi yang berkaitan dengan mengambil alih risiko yang akan kamu tanggung. Jadi, adanya asuransi bisa membantu meringankan pembiayaan ketika kamu atau keluarga mengalami musibah. Untuk penawaran produk asuransi terbaik, kamu bisa mengunjungi Klikasuransiku.

Ada berbagai produk asuransi yang Klikasuransiku tawarkan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, hingga asuransi plus investasi. Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan asuransi yang sesuai kebutuhanmu di Klikasuransiku sekarang juga!  


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022