Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link dan Manfaat-Manfaatnya


Sobat Klikasuransiku, saat ini masih banyak masyarakat yang bingung untuk memilih asuransi mana yang diinginkan. Sebab ketidaktahuannya terhadap perbedaan semua asuransi tersebut terutama untuk asuransi umum dan asuransi jiwa unit link. Namun, secara umumnya asuransi sendiri jenisnya dibedakan atas tingkatan fokus, kebutuhan, serta resiko dari pemegang polis. Hal inilah yang digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi munculnya resiko kerugian dan menetapkan tingkatan premi yang ditawarkan nasabah sesuai jenis asuransinya masing-masing.

Apa itu Asuransi Jiwa Unit Link?


Apa itu Asuransi Jiwa Unit Link


Asuransi jiwa unit link adalah produk asuransi jiwa yang berkaitan dengan investasi serta akan memberikan manfaat dua sekaligus kepada kamu dalam satu  polis. Antara lain manfaat perlindungan dan manfaat investasi yang tentunya juga memiliki resiko yang telah disesuaikan dengan besarnya dana investasi yang kamu pilih.

Masyarakat lebih banyak memilih produk asuransi jiwa unit link ini karena bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Sehingga potensi keuntungan yang akan didapatkan dari hasil investasi pun juga akan lebih besar.

Meskipun demikian, investasi ini tentunya akan sangat dipengaruhi oleh kondisi fluktuasi harga pasar yang berasal dari jenis dana investasi pilihan nasabah kamu. Kemudian informasi tersebut juga telah dicantumkan dalam Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ).

Asuransi jiwa unit link juga dikenal sebagai asuransi yang tumbuh paling fenomenal maka pemahaman akan dari investasi pada asuransi ini pun juga harus kamu pahami sebagai nasabah.

Manfaat Asuransi Jiwa Unit Link


Manfaat Asuransi Jiwa Unit Link


Asuransi ini tentunya memiliki manfaat yang lebih baik jika dibandingkan produk asuransi lainnya. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut kami berikan penjelasan rincinya.

1. Mendapatkan 2 Paket Sekaligus (Proteksi dan Investasi)

Dengan membayar satu premi saja bahkan kamu sudah bisa memperoleh 2 keuntungan sekaligus antara lain proteksi dan investasi. Sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mengurus investasi sendiri. Sebab semuanya telah diatur oleh perusahaan asuransi ini.

Tentunya ini akan sangat mempermudah untuk kamu yang tidak ingin repot dengan proses investasinya reksadana. Meskipun sudah ada berbagai fasilitas transaksi reksadana dari berbagai manajer investasi, namun belum tersebar untuk seluruh wilayah di Indonesia.

2. Tidak Perlu Repot Dalam Pengelolaan Investasi

Dengan adanya asuransi jiwa unit link, maka semuanya akan diatur sedemikian rupa. Sehingga kamu pun tidak akan sibuk-sibuk mengolah, mencari, apalagi mengelola investasi kamu sendiri. Kamu juga bisa pilih berbagai instrumen investasi yang tentunya dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang disediakan unit link. kamu hanya perlu memilih investasi mana dengan mempertimbangkan profil risiko masing-masingnya.

Kemudian untuk laporan monitoring dari perkembangan investasi kamu tentunya akan dikirimkan setiap bulan kepada pemegang polis. Bagaimana menurut kamu, apakah tertarik berinvestasi melalui asuransi jiwa unit link tersebut?

3. Adanya Asuransi Tambahan

Tidak hanya itu, kamu juga akan ditawarkan dengan berbagai asuransi tambahan yang ada. Misalkan saja seperti asuransi kesehatan, penyakit kritis, cacat tetap, dan yang lainnya. Dengan begitu, maka nasabah tidak akan perlu repot-repot lagi mencari asuransi tambahan sendiri. Sebab semuanya benar-benar sudah didesain selengkap mungkin dalam asuransi jiwa unit link ini.

Salah satunya yaitu rider dari asuransi kesehatan yang bisa memberikan perlindungan kesehatan bagi kamu hingga usia 80 tahun. Sedangkan asuransi kesehatan tradisional masih belum sanggup memberikan proteksi hingga usia tersebut dan biasanya maksimal usianya hanya 70 tahun. Selain itu, harus juga mendapatkan persetujuan kembali dari pihak asuransi. Itulah keunggulan dari unit link yang ditawarkan untuk nasabah asuransinya.

4. Adanya Akomodasi Premi Kecil

Kadang pada kasus-kasus tertentu, pastinya kamu sudah sering menemui bahwa asuransi tradisional kerap sangat sulit untuk dikombinasikan bersamaan dengan reksadana. Sehingga hasil optimal pun sulit diperoleh karena adanya minimum premi pada asuransi tradisional.

Hal ini membuat porsi dari investasi kamu menjadi sangat kecil dan hasilnya juga akan tidak optimal. Namun, kamu tidak perlu khawatir dalam hal ini unit link sudah mengakomodasikan keadaan kamu. Karena unit link menerima premi kecil yang jauh lebih rendah untuk proteksi serta investasi.

5. Bisa Belajar Investasi

Seperti yang kamu ketahui, bahwa tingkat pengetahuan masyarakat di Indonesia masih sangat rendah yang telah ditunjukkan oleh berbagai survey. Oleh karena itu saat ingin mendidik masyarakat melalui investasi reksadana maka bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Pastinya akan sangat sulit untuk menjelaskan terkait investasi reksadana ini kepada mereka. Apalagi untuk orang yang menganggap bahwa produk keuangan merupakan suatu hal rumit. Namun, kamu akan dapatkan kesempatan tersebut dengan belajar investasi dari unit link. Sehingga akan menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin banyak belajar mengenai investasi.

Bagaimana Kerja Unit Link?


Bagaimana Cara Kerja Unit Link


Awalnya premi yang telah dibayarkan maka akan masuk ke dalam instrumen investasi yang pernah dipilih dan menghasilkan nilai polis. Namun, sebelumnya premi terlebih dahulu dipotong untuk membayar biaya akuisisi pada tahun awal.

Nilai polis itu merupakan hasil investasi. Dengan kata lain dikenal sebagai uang yang dipergunakan dalam membayar asuransi, baik itu tambahan dan administrasi. Dari sini, pastinya kamu sudah memahami bahwa ada dua acara pemotongan biaya pada unit link.

Pertama, pemotongan premi akan langsung dilakukan untuk membayar biaya akuisisi pada 5 tahun pertama. Kedua, pemotongan nilai investasi secara rutin untuk membayarkan biaya asuransi selama polis hidup.

Jika kamu sudah membayar semuanya, maka sisanya merupakan nilai tunai atau nilai polis. Inilah yang bisa kamu ambil oleh pemegang pilis. kamu juga bisa cairkan dana tersebut untuk Pendidikan maupun pensiunan.

Jika nilai polis masih cukup membayar biaya maka proteksi akan tetap aktif. Sementara jika sudah tidak cukup, maka otomatis proteksi kamu juga akan berhenti. Kondisi seperti ini disebut polis lapse. Namun, sebelum polis lapse terjadi biasanya perusahaan asuransi meminta para nasabah untuk menambahkan dana. Jadi harus dilakukan lagi pembayaran diluar premi yang telah rutin kamu bayar.

Dari penjelasan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa nilai polis merupakan titik penting. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu apa saja sebenarnya yang akan mempengaruhi nilai polis.

Misalkan seperti jumlah dana yang akan masuk berdasarkan pembayaran premis dasar. Lalu kedua, instrumen yang kamu pilih seperti deposito, obligasi saham akan mempengaruhi kinerja return investasi. Kamu juga perlu bahwa tidak ada hasil investasi ataupun jaminan return dari unit link. Maka, resiko harus ditanggung penuh oleh si pemegang polis.

Itulah penjelasan lengkap mengenai asuransi jiwa unit link, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara kerja unit link itu sendiri. Dengan adanya penjelasan ini, semoga bisa memberikan kamu pertimbangan untuk memilih asuransi yang memang memberikan manfaat lebih banyak terutama untuk masa depan kamu,


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022