Mengenal Apa Itu Investasi Saham dan Cara Jual Belinya

image

Investasi adalah salah satu cara untuk menata masa depan. Jika dulu cara berinvestasi hanya dengan menabung atau menyimpan uang dalam satu tempat, sekarang sudah banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah investasi saham. Inilah informasi yang harus dipahami seputar investasi saham sekaligus cara jual belinya.


Apa yang Dimaksud dengan Investasi Saham



Pengertian dari investasi saham ini adalah suatu kegiatan berinvestasi dalam bentuk saham. Saham sendiri merupakan sebuah surat yang menjadi bukti kepemilikan satu perusahaan yang berharga. Saat membeli saham maka pemilik saham tersebut akan memiliki hak atas keuntungan perusahaan itu. Bentuk keuntungannya bisa dalam bentuk dividen di setiap penghujung tahun pada periode pembukuan perusahaan itu sendiri.

Ini adalah salah satu jenis investasi jangka panjang dan memiliki banyak peminat. Keuntungan dari investasi yang satu ini sangat menjanjikan. Investasi saham ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan keuntungan sekaligus menabung.


Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Investasi Saham



Sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia saham ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan dari saham yang dibeli. Mari simak ulasannya.


1. Gali Informasi


Hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang investasi dalam bentuk saham ini. Sekarang ini cara mendapatkan informasi jauh lebih mudah karena masuk era digital. Selain membaca buku, informasi tentang saham bisa didapatkan melalui video yang ada di Youtube. Sudah banyak para konsultan investasi yang berbagi ilmu tentang investasi bentuk saham tersebut. Gali terus dan pahami dengan baik.


2. Tentukan Posisi


Dalam dunia saham ini tentukan posisi mana yang akan dipilih. Ada trader dan ada investor. Keduanya sama-sama mendapatkan untung namun berbeda posisi. Jika memutuskan sebagai investor maka harus menyimpan saham dalam waktu yang lama dan memetik keuntungannya di kemudian hari.

Jika menjadi trader artinya bisa langsung mendapatkan keuntungan dari harga yang naik turun sewaktu-waktu, atau orang yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.


3. Pilih Perusahaan Sekuritas


Sebelum memutuskan membeli saham cari dulu informasi tentang perusahaan yang menjual saham itu. Pastikan perusahaan sekuritas yang dipilih sudah memenuhi standar agar tidak tertipu dan merugi. Caranya adalah memilih perusahaan yang sudah terdaftar di BEI.


Panduan Cara Investasi Saham



Setelah mengetahui penjelasan dari investasi bentuk saham di atas, jika tertarik untuk melakukannya maka caranya sangat mudah dan anti ribet. Inilah cara investasi saham yang harus dipahami:


1. Buat Rekening Efek


Hal pertama yang harus dilakukan tentu memiliki rekening efek. Tanpa adanya rekening ini investasi tidak akan bisa dilakukan. Buat rekening pada perusahaan sekuritas pada perusahaan yang terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia.


2. Investasi Sesuai Kemampuan


Agar bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan investasi ini harus dilakukan sesuai kemampuan. Jika memaksakan nanti akan berdampak pada kebutuhan finansial harian. Jadi sesuaikan dengan kemampuan finansial dan tidak memaksakan diri.


3. Sabar dan Teliti


Melakukan investasi jenis ini memerlukan ketelitian dan juga kesabaran. Jangan gegabah mengambil langkah. Biasanya melihat nilai saham yang naik ingin sekali menjualnya. Hal itu boleh saja asalkan sudah ada rencana matang, misalnya setelah menjual sudah ada rencana membeli saham lain atau semacamnya. Jika tanpa rencana baiknya urungkan niat menjual meski nilai saham sedang tinggi.

Investasi dalam bentuk saham ini bisa sangat menguntungkan dan mudah sekali dilakukan. Bahkan sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan melalui ponsel pintar. Jadi investasi dalam bentuk saham ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.3.5
klikasuransiku.com - 2018