Pahami Pengertian Asuransi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya


Sobat Klikasuransiku, perlu kiranya untuk kamu memahami pengertian asuransi, manfaat, dan jenisnya. Sebab, bagi sebagian orang, asuransi masih dipandang sebelah mata dan enggan untuk bergabung. Padahal manfaatnya sangat besar bagi kehidupan mendatang.

Apalagi biaya kehidupan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Baik itu dari biaya rumah sakit, pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, dengan adanya asuransi beban tersebut bisa berkurang. Hal itu karena fungsinya memang sebagai perlindungan terhadap segala risiko yang bisa saja terjadi.

Pengertian Asuransi


Pengertian Asuransi


Asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian antara tertanggung dan penanggung. Tertanggung nantinya harus membayar iuran kepada penanggung. Tujuannya untuk memperoleh ganti rugi atas risiko finansial yang mungkin saja terjadi.

Penanggung tersebut adalah perusahaan asuransi. Sedangkan, tertanggung ialah nasabah atau pemilik asuransi. Terdapat 3 unsur utama di dalamnya, yaitu polis, premi, dan klaim asuransi.

Polis merupakan sebuah dokumen yang menyatakan perjanjian antara kedua pihak. Isinya berupa manfaat, jumlah premi, risiko, dan lain sebagainya. Sedangkan, premi adalah iuran yang harus nasabah bayar dengan jangka waktu sesuai kesepakatan.

Klaim adalah pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi saat terjadi risiko. Ketentuan risiko apa saja yang bisa ditanggung telah tertulis dalam polis. Jadi, jika musibah mencakup dalam perjanjian, maka bisa mengandalkan asuransi untuk meringankan beban.

Manfaat Asuransi


Manfaat Asuransi


Kamu perlu mengetahui apa saja manfaat asuransi secara umum. Dengan begitu, akan lebih mengenal lebih jauh betapa menguntungkannya hal ini terhadap diri sendiri.

1. Sebagai Tabungan dan Investasi

Jika kamu mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi, maka di akhir kontrak akan memperoleh jaminan pengembalian investasi. Selain itu, juga menawarkan fleksibilitas atau kelonggaran dalam memilih jangka pertanggungan.

Pada umumnya, pilihannya sekitar 5, 7, hingga 10 tahun. Besar preminya pun termasuk premi tunggal. Dimana nominalnya relatif terjangkau dan berkesempatan untuk mendapatkan bebas biaya administrasi.

2. Memberikan Ketenangan

Asuransi menawarkan perlindungan terhadap risiko yang terjadi di kemudian hari. Hal ini bisa mendatangkan rasa tenang, karena tidak perlu khawatir lagi jika sesuatu tidak terduga terjadi. Meskipun penanganan kerugiannya berdasarkan jenis asuransi yang kamu pilih. Akan tetapi, setidaknya bisa menanggung sebagian dari beban biaya yang ditangguhkan.

3. Membantu Mengatur Keuangan dengan Lebih Baik

Pembayaran premi dengan rutin secara tidak langsung sudah mengajarkan cara mengelola keuangan. Caranya dengan menyisihkan sebagian dari pemasukan yang ada. Orang yang tidak mampu menabung tentu akan sangat merasakan hal ini. Sebab, pengeluaran uang bukan hanya untuk sesuatu yang bersifat sementara. Akan tetapi, juga sebagai penunjang kehidupan masa depan.

4. Meminimalisir Kerugian

Dengan memiliki asuransi, maka dapat meminimalisir biaya kerugian jika mengalami kejadian tidak terduga. Jadi, kebutuhan akan tetap terpenuhi secara stabil. Sebab, sebagian biaya sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi untuk mengganti kerugian yang kamu alami. Jika tidak ada asuransi, bisa saja akan kebingungan untuk memperoleh tanggungan dari mana.

Jenis-Jenis Asuransi


Jenis-Jenis Asuransi


Asuransi terbagi ke dalam berbagai jenis. Jadi, kamu bisa memilih akan bergabung ke asuransi mana sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Asuransi Kesehatan

Jenis ini merupakan asuransi yang menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Misalnya pengobatan, perawatan, biaya operasi, biaya rawat inap, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kamu harus mengetahui secara detail mengenai asuransi ini. Pasalnya, asuransi kesehatan terbagi lagi ke dalam berbagai jenis yang juga berpengaruh terhadap fasilitas yang didapatkan:

a. Rawat Jalan

Jenis asuransi kesehatan ini menangani permasalahan yang berkaitan dengan rawat jalan. Misalnya, cek lab, diagnosis medis, dan lainnya yang tidak mengharuskan untuk menginap.

b. Rawat Inap

Asuransi ini bermanfaat dalam biaya perawatan selama menjalani rawat inap. Dengan ini, kamu akan mendapatkan perawatan maksimal dan pengawasan dari dokter dan tim medis. Selain itu, juga bermanfaat terkait hal yang melibatkan operasi bedah. Pada umumnya, prosesnya akan membutuhkan waktu lama dan tagihannya dijumlahkan dengan rawat inap.

c. Kelompok

Asuransi ini menangani atau memberikan perlindungan secara kelompok. Misalnya, asuransi kesehatan untuk satu keluarga. Jadi, setiap orang dari keluarga tersebut akan mendapatkan fasilitas yang sama.

d. Personal

Jenis ini berbanding terbalik dengan asuransi kelompok. Dalam artian, hanya menangani perorangan atau individu. Jadi, asuransi yang dimiliki tidak bisa memfasilitasi orang lain.

e. Swasta

Biasanya, pengelola asuransi ini adalah badan swasta. Dalam asuransi swasta, kamu harus membayar premi secara penuh. Besarannya pun tergantung dengan layanan yang kamu dapatkan.

f. Pemerintah

Asuransi kesehatan pemerintah ini lebih terkenal dengan sebutan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Asuransi ini dikelola oleh pemerintah dan termasuk asas gotong royong.

Jadi, yang berhak mendapatkannya hanya orang-orang tertentu. Tujuannya untuk membantu masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Fasilitasnya pun memiliki keterbatasan daripada asuransi swasta.

2. Asuransi Jiwa

Yaitu merupakan sebuah asuransi yang menangani risiko kematian. Kamu bisa membeli asuransi ini untuk diri sendiri atau orang lain. Asuransi jiwa juga memiliki beberapa jenis sebagaimana berikut.

a. Term Life Insurance (Asuransi Jiwa Berjangka)

Sesuai namanya, asuransi ini hanya memberikan perlindungan dalam masa tertentu. Biasanya, waktunya berkisar antara 5, 10, hingga 20 tahun dengan premi tetap dan relatif murah. Dengan begitu, asuransi ini cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas.

Manfaat dari jenis ini adalah dapat menentukan sendiri nilai premi yang akan dibayarkan. Selain itu, premi yang sudah kamu bayarkan tidak akan hangus meskipun tidak ada klaim sama sekali. Kemudian, setelah kontrak selesai, uang tersebut akan kembali sepenuhnya.

b. Whole Life Insurance (Asuransi Jiwa Seumur Hidup)

Jenis asuransi ini memberikan proteksi seumur hidup, meski pada umumnya hanya terbatas hingga 100 tahun. Asuransi ini cocok bagi kamu yang tidak memiliki tanggungan. Selain itu, juga ingin memperoleh manfaat lain tidak hanya untuk santunan kematian. Sebab, asuransi ini bisa kamu jadikan tabungan jangka panjang. Sekaligus untuk menunjang kebutuhan darurat, seperti membayar biaya rumah sakit dan lain sebagainya.

c. Endowment Insurance (Asuransi Jiwa Dwiguna)

Asuransi ini memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Jadi, uang kumpulan premi bisa kamu tarik tunai sebelum masa kontrak berakhir.

d. Unit Link

Jenis ini merupakan kombinasi dari manfaat asuransi dan investasi. Terdapat beberapa asuransi tambahan yang ditawarkan, seperti income replacement, kesehatan, dan lainnya.

3. Asuransi Pendidikan

Yaitu sebuah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap biaya pendidikan masa depan anak. Asuransi ini merupakan perpaduan antara investasi dan produk asuransi jiwa berjangka. Jadi, bukan hanya biaya pendidikan anak yang terjamin. Akan tetapi, orang tua pun mendapatkan perlindungan jiwa sebagai pemegang asuransi pendidikan. Kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis dari asuransi ini. Diantaranya adalah:

a. Dwiguna

Manfaat asuransi ini tidak hanya berfokus pada pendidikan anak, melainkan juga untuk tabungan. Maka dari itu, bisa mengambil uang premi yang terkumpul dalam jangka waktu tertentu.

Demikianlah, pembahasan mengenai pengertian asuransi, manfaat, dan jenisnya. Setelah membaca informasi tersebut, diharapkan kamu bisa semakin memahami tentang asuransi dan menyadari betapa pentingnya asuransi untuk kehidupan. Jadi, yuk daftarkan diri kamu ke program asuransi sekarang juga! 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022