Beragam Manfaat Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Baik


Menabung adalah salah satu cara untuk menata masa depan seseorang. Siapa saja tentu membutuhkan tabungan dan sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Selain untuk masa depan biasanya, manfaat menabung adalah sebagai alat untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu diluar dugaan terjadi.

Bisa dikatakan menabung adalah salah satu budaya yang ada tengah masyarakat dan sudah diterapkan sejak lama. Seiring berjalannya waktu pun kegiatan menabung ini terus berkembang dan tetap menjadi salah satu cara atau solusi bagi para masyarakat dalam mengatasi urusan finansial.

Pengertian Menabung


Pengertian Menabung

Sebelum mencari tahu lebih rinci tentang manfaat dari menabung, Ada baiknya mengawalinya dengan memahami pengertian dari menabung itu sendiri. Secara singkat dan sederhana, menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan. Ini merupakan salah satu cara dalam melakukan pengelolaan uang agar keinginan bisa dicapai.

Menabung ini adalah salah satu bentuk dari prinsip hidup hemat. Siapa saja sangat disarankan untuk menabung bahkan sejak masih anak-anak. Ini adalah kebiasaan baik yang perlu diterapkan dan dilestarikan di tengah masyarakat. Sebab, manfaat menabung adalah menjaga masa depan bisa tertata dan bahkan bisa lebih baik masa sekarang dan masa lalu.

Macam-Macam Jenis Tabungan


Macam-Macam Jenis Tabungan

Cara untuk menabung sendiri ada beragam tentu saja semuanya bisa dilakukan oleh siapa saja asal ada kemauan. Berikut ini adalah beberapa macam cara menabung yang bisa dicoba sendiri.

1. Menabung di Rumah

Cara menabung yang pertama adalah dengan menabung sendiri di rumah. Manfaat menabung adalah untuk menyimpan uang sehingga bisa digunakan di saat genting atau mendesak. Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Menabung dengan cara yang pertama ini sangat perlu kesabaran dan niat yang besar. Perlu motivasi yang kuat supaya bisa mendapatkan jumlah tabungan yang banyak.

Menabung di rumah bisa dengan cara membeli sebuah celengan atau tempat menyimpan uang yang tidak mudah dibuka. Bisa juga dengan menitipkan uang tabungan pada orang tua. Tentu ini butuh usaha yang keras dan kesabaran yang tinggi sehingga tabungan bisa terkumpul. Membedakan keinginan dan kebutuhan sangat penting dilakukan dalam hal ini.

2. Menabung di Sekolah

Selanjutnya adalah menabung di sekolah, ini merupakan cara kedua untuk menabung.  Biasanya pihak sekolah melatih murid-muridnya untuk berhemat dengan adanya sistem menabung di sekolah. Uang tabungan biasanya dititipkan pada wali kelas dan setiap siswa memiliki catatan atau buku tabungan.

Ini mungkin lebih mudah dilakukan karena uang tabungan dipegang oleh wali kelas dan membuat sedikit enggan untuk sering mengambil uang tabungan untuk keperluan yang tergolong sepele.

3. Menabung di Bank

Cara ini terbilang yang paling aman. Bank sendiri ada yang swasta ada yang milik pemerintah. Setiap bank tentu memiliki aturan. Pemilik tabungan bisa dengan mudah menyetor atau menabung maupun melakukan penarikan uang tabungan hanya dengan buku tabungan atau kartu atm. Dikatakan aman karena menabung di bank meski dalam jumlah yang sangat besar tetap aman karena memang sudah ada jaminan dari pihak bank uang tabungan aman dan terlindungi.

4. Melakukan Investasi

Manfaat menabung adalah menata masa depan, selain dengan menyisihkan atau menyimpan uang di beberapa pilihan tempat, bisa juga melakukan investasi. Jadi uang disimpan dalam bentuk lain seperti aset berharga sampai asuransi. Investasi ini bisa berupa rumah, tanah, obligasi, reksadana, dan juga asuransi. Tentu saja semua bentuk investasi tersebut memiliki keunggulan sendiri-sendiri dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Investasi ini juga baik dalam menata masa depan agar tidak ada masalah finansial. Rencana di masa depan jadi bisa diwujudkan dengan adanya investasi ini. Berinvestasi adalah salah satu cara menabung namun bukan dalam bentuk uang.

5. Memiliki Asuransi

Menabung dengan cara membeli asuransi ini sangat disarankan. Menabung dengan cara membeli asuransi bisa dilakukan dengan lebih disiplin dan juga aman. Selain itu ada uang untuk kondisi mendesak seperti saat ada kecelakaan, kematian, atau cacat akibat kecelakaan jadi ada yang membantu. Kerugian akan diminimalisir bahkan dihilangkan dengan menggunakan asuransi.

Manfaat menabung dengan cara asuransi ini sendiri cukup banyak, antara lain:

      Memberikan rasa aman dan terlindungi

      Menjadikan hidup jadi lebih tenang

      Menekan angka kerugian

      Menata masa depan jadi lebih pasti

      Mendistribusikan biaya secara adil

Manfaat Menabung


Manfaat Menabung

Tentu manfaat menabung adalah memiliki uang simpanan untuk masa depan atau saat-saat tidak terduga. Namun ada juga manfaat menabung yang lain yaitu:

1. Membuat Seseorang Menjadi Lebih Berhemat

Menabung bisa membuat orang jadi lebih hemat dan tidak berlebihan dalam menggunakan uang. Manfaat menabung adalah bisa lebih bijak menentukan mana yang termasuk keinginan dan mana yang kebutuhan. Jadi harus tahu mana yang perlu didahulukan dan mana yang tidak. Ini mungkin sangat remeh namun dampaknya akan sangat besar untuk kehidupan seseorang.

2. Hidup Lebih Sederhana

Kaya bukan berarti hidup harus selalu foya-foya, namun hidup itu harus sederhana meskipun sudah kaya. Meski penghasilan berlimpah, menabung itu tetap perlu dilakukan agar ada uang simpanan untuk saat-saat yang mendesak. Secara otomatis hidup pun jadi sederhana dan tidak akan menerapkan prinsip hedon. Bisa terhindar dari hedonisme adalah hal yang sangat membanggakan mengingat hedonisme ini adalah hal yang merugikan dan tidak bisa dilestarikan.

3. Memiliki Uang Cadangan

Membiasakan diri menabung akan sangat berguna di masa depan. Orang yang suka menabung akan memiliki dana atau uang cadangan yang bisa digunakan saat ada hal mendesak dan juga mendadak.

4. Kebutuhan Terpenuhi

Jika memiliki tabungan kebutuhan utama akan selalu terpenuhi. Menabung adalah hal yang sangat bermanfaat, manfaat menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama yang masuk dalam daftar kebutuhan pokok.

5. Terhindar dari Hutang

Jika memiliki tabungan maka resiko berhutang akan terhindari. Tanpa perlu bingung mencari uang saat ada sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan bisa langsung dibeli jika memiliki tabungan. Tidak perlu sampai berhutang dan merepotkan orang lain, dengan adanya tabungan kebutuhan akan terpenuhi dengan mudah.

Sebelum menabung buatlah janji pada diri sendiri untuk tidak mengambil uang tabungan hanya untuk memenuhi keinginan, selalu ingatkan diri tujuan dari menabung tadi agar bisa segera dicapai dan diwujudkan tujuan tersebut.

Manfaat menabung adalah membuat kondisi finansial jadi lebih baik. Masa depan pun bisa terjaga, serta dengan menabung juga kejadian yang mendesak bisa diantisipasi. Baiknya budayakan menabung secara turun menurun, lestarikan terus kegiatan menabung ini agar tidak ada masalah finansial pada diri sendiri dan orang di sekitar. Pastikan untuk menabung dengan tujuan yang jelas agar bisa menjadi motivasi kuat saat melakukannya.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022