Ketahui Jenis-Jenis Asuransi Beserta Manfaat dan Benefit


Sobat Klikasuransiku, tahukah kamu apa saja jenis-jenis asuransi? Asuransi adalah salah satu bentuk perjanjian antara dua pihak. Pihak yang dimaksud adalah pihak penanggung dan tertanggung. Disini pihak tertanggung harus membayar iuran atau biasa disebut premi asuransi secara rutin.

Untuk pihak penanggung bertugas untuk membayarkan dana dari premi rutin ketika ada resiko yang ditanggung terjadi sewaktu-waktu. Di sini ada banyak manfaat asuransi yang perlu diketahui, sebab masih saja ada orang yang beranggapan kalau asuransi adalah sesuatu yang merugikan.

Manfaat dan Benefit Asuransi secara umum


Manfaat dan Benefit Asuransi secara umum


Asuransi memberikan manfaat yang cukup baik untuk kehidupan masyarakat yang menggunakannya. Berikut ini manfaat Asuransi jika dilihat secara umum atau general.

1. Alat Pengalihan Risiko

Manfaat pertama adalah untuk pengalihan resiko finansial. Asuransi mampu mengalihkan beban resiko finansial yang dimiliki penggunanya. Misalnya ada pemilik polis asuransi kesehatan, manfaat yang didapatkan adalah pengguna asuransi tersebut tidak perlu melakukan pembayaran secara penuh bila menjalani perawatan di rumah sakit.  Pengguna bisa terbebas dari biaya perawatan selama di rumah sakit atau membayar hanya sebagian saja. Sebab yang menanggung biaya perawatan adalah perusahaan asuransi.

2. Meminimalisir Kerugian

Manfaat selanjutnya adalah pengurangan kerugian secara finansial. Misalnya saja, nasabah atau pengguna polis ada kondisi dimana perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk menutupi risiko finansial. Hal tersebut tidak perlu dilakukan karena perusahaan asuransi yang akan menanggung semua biaya kerugian dari kondisi yang tiba-tiba terjadi.

Dana yang tadinya akan dibayarkan untuk menutupi risiko finansial bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna seperti menabung atau berinvestasi. Karena sebagian atau keseluruhan risiko sudah tertanggung oleh asuransi.

3. Memberi Keamanan untuk Masa Depan

Asuransi juga bermanfaat untuk mengamankan masa depan. Keuangan yang kondisinya tidak bisa diprediksi bisa lebih stabil di masa depan. Ini akan membuat kondisi finansial pengguna lebih jelas arahnya.

Asuransi secara umum memang dibuat untuk membantu para nasabah menekan biaya kerugian yang tak terduga. Selain itu bagi orang yang kesulitan untuk menabung jangka panjang, misalnya untuk uang pensiun atau dana pendidikan anak, bisa memanfaatkan asuransi ini.

Jenis-jenis Asuransi yang Harus Dipahami

Selain memiliki manfaat secara umum dan general, jenis-jenis asuransi juga memiliki manfaatnya masing-masing. Setiap jenis memiliki manfaat yang berguna bagi nasabah. Jenis-jenis asuransi cukup beragam, bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Di sini akan dijelaskan manfaat dari tiap jenis asuransi yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia:

1. Asuransi Jiwa

Jenis-jenis asuransi sendiri ada banyak. Salah satunya adalah asuransi jiwa. Ini merupakan asuransi paling dasar. Manfaat dari asuransi jiwa adalah memberikan proteksi atau perlindungan nasabah dari resiko kematian. Bisa dikatakan, asuransi jiwa ini merupakan warisan untuk anggota keluarga yang ditinggalkan misalnya anak atau istri.

Asuransi jiwa ini cukup penting karena menjadi salah satu solusi bagi tulang punggung keluarga, jika sewaktu-waktu tutup usia. Keluarga yang ditinggalkan tidak akan merasa kebingungan mengenai nafkah saat tiba-tiba ditinggal pencari nafkah di rumah.

2. Asuransi Kesehatan


Asuransi Kesehatan


Jenis-jenis asuransi yang cukup penting lainnya adalah asuransi kesehatan. Ini merupakan asuransi yang bisa membantu nasabahnya dalam membayar tagihan perawatan di rumah sakit. Saat nasabah sakit mendadak dan harus dirawat di rumah sakit, maka pihak asuransi yang akan mengcover sebagian atau seluruh biaya perawatan selama di rumah sakit.

Manfaat asuransi ini sangat besar mengingat biaya kesehatan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pastikan saat memilih asuransi kesehatan memahami betul isi polisnya. Setiap produk asuransi kesehatan memiliki polis yang berbeda. Ada yang menanggung sebagian biaya perawatan dan pengobatan selama di ICU saja. Ada juga yang mengcover seluruh biaya perawatan dan pengobatan selama inap di rumah sakit, dan lain sebagainya.

3. Asuransi Penyakit Kritis

Selanjutnya ada asuransi penyakit kritis. Ini juga masih merupakan salah satu produk asuransi yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Hanya saja asuransi jenis ini memberikan manfaat pada nasabah yaitu biaya pengobatan. Biaya tersebut bisa diberikan secara langsung saat nasabah mendapat diagnosa penyakit atau saat melakukan perawatan di rumah sakit.

Jadi, nasabah akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan polis saat terdiagnosa memiliki penyakit kritis. Bisa juga baru merasakan manfaat asuransi ketika nasabah menjalani pengobatan dan perawatan.

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi berikutnya ada asuransi kecelakaan diri. Ini adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan pada nasabah dari resiko kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan saat berkendara atau saat di jalan raya, asuransi ini dapat digunakan.

Manfaat yang bisa didapatkan bisa dalam bentuk pengcoveran biaya medis seperti operasi, bisa juga dalam bentuk uang pertanggungan jika terjadi resiko cacat total hingga meninggal yang disebabkan kecelakaan.

5. Asuransi Kendaraan


Asuransi Kendaraan


Jenis asuransi ini bermanfaat untuk pengguna yang mengalami kerusakan kendaraannya atah terjadi resiko lain seperti kecelakaan, pembobolan, hingga kehilangan. Biasanya asuransi kendaraan bisa dibeli secara terpisah atau ada juga yang menyediakannya satu paket dengan kendaraan yang dimiliki nasabah.

Manfaat asuransi kendaraan ini tidak sama dengan asuransi kecelakaan bermotor. Pada asuransi kendaraan yang mendapatkan proteksi dari pihak asuransi adalah barangnya atau kendaraan bermotornya. Sedangkan pada asuransi kecelakaan bermotor yang mendapat perlindungan adalah orang yang mengendarai kendaraan atau yang duduk sebagai penumpang.

6. Asuransi Perjalanan

Jenis-jenis asuransi memang banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, salah satu yang cukup banyak dicari adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini bermanfaat untuk nasabah yang suka melakukan traveling atau ada kecenderungan sering melakukan kegiatan bepergian.

Biasanya manfaat asuransi ini antara lain yang berkaitan dengan delay atau adanya keterlambatan perjalanan, adanya kehilangan atau kerusakan bagasi, hingga resiko kecelakaan dan biaya pengobatan.

Asuransi jenis ini sering dibeli bersamaan dengan tiket pesawat, kapal, atau kereta api. Asuransi perjalanan ini hanya bisa diklaim selama perjalanan saja. Jika resiko terjadi setelah perjalanan maka asuransi tidak berfungsi.

7. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi yang paling banyak dicari adalah asuransi pendidikan. Banyak orang tua yang sadar kalau biaya pendidikan di Indonesia ini setiap tahun mengalami kenaikan. Rencana untuk menyekolahkan anak hingga jenjang paling tinggi akan sedikit sulit jika tidak menggunakan asuransi.

Asuransi pendidikan ini memberikan manfaat dalam bentuk jaminan biaya pendidikan hingga tingkat Sarjana atau kuliah. Asuransi ini juga bermanfaat untuk para orang tua yang menyiapkan dana pendidikan yang setiap tahun terjadi inflasi.

Itu dia jenis-jenis asuransi yang sering dan banyak dicari. Setiap jenisnya memiliki manfaat yang bisa membantu nasabah atau pemilik polis untuk menekan atau meminimalisir kerugian finansial. Asuransi ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang. Jika kesulitan menabung untuk bisa mewujudkan salah satu impian di masa depan, asuransi adalah cara yang paling pas untuk diambil. Pilihlah jenis asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan dalam membayar preminya.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022