Apa Itu Wiraswasta? Ini Contoh dan Bedanya dengan Wirausaha


Sudahkah kamu memahami dengan baik apa itu wiraswasta? Kata ini mungkin sering mendengarkannya. Baik dari orang-orang sekitar atau informasi lain. Namun, apakah sudah benar pemahaman tersebut? Sebab, sebagian dari orang-orang menganggap bahwa wiraswasta dan wirausaha adalah hal yang sama. Padahal keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Silakan membaca artikel dari Klikasuransiku ini sampai selesai untuk mengetahui informasi lengkap tentang wiraswasta ya!

Pengertian Wiraswasta


Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta bukanlah sebuah hal yang mengarah pada profesi seseorang. Melainkan sebuah karakter yang seseorang miliki dalam mencari peluang usaha. Cara mendapatkan peluang tersebut bisa dari kejadian atau area tertentu.

Jadi, seseorang akan disebut sebagai wiraswastawan unggul, jika bisa memanfaatkan keadaan. Mulai dari sumber daya atau informasi yang dimiliki untuk membangun jaringan. Selain itu, juga mampu menghasilkan keuntungan secara finansial dalam jangka waktu lama. Namun beberapa ahli memberikan pengertian yang berbeda tentang wiraswasta.

Menurut Sumahamijaya, wiraswasta adalah seseorang yang memiliki sifat berani, teladan, keutamaan, dan semangat. Sedangkan Suhadi berpendapat bahwa wiraswasta merupakan orang yang mempunyai pandangan luas. Selain itu, juga percaya diri, ulet dalam hal mental, dan lincah.

Beda halnya dengan Djatmiko yang mengatakan bahwa wiraswasta merupakan tindakan atau kemampuan seseorang. Yakni kemampuan dalam mengkoordinasi sumber daya alam, energi, dan manusia. Tujuannya untuk menghasilkan jasa dan produk yang bernilai ekonomi.

Pada intinya, yang dimaksud wiraswasta adalah seseorang yang mampu berinovasi dan berani menanggung risiko. Selain itu, juga dapat mengelola usahanya untuk mencapai keuntungan.

Contoh Usaha Wiraswasta


Contoh Usaha Wiraswasta


Usaha wiraswasta terbagi menjadi dua. Pada setiap bagiannya memiliki cabang sangat banyak yang bisa dicoba. Berikut ini contoh dari usaha wiraswasta beserta pengelompokannya.

1. Menjual Barang

Seorang wiraswasta pada umumnya menyalurkan inovasi dan idenya untuk berniaga. Hal itu karena memiliki peluang cukup besar dan pengerjaannya cukup mudah. Berikut contoh dari salah satu usaha wiraswasta.

a. Menjual Makanan

Makanan ini banyak ragamnya, mulai dari jajanan ringan, kue, atau makanan berat. Seorang wiraswasta tentu bukan hanya sekedar menjual saja, tetapi menambahnya dengan inovasi terbaru.

Jika hanya sekedar menjual makanan dan memiliki jenis barang asal-asalan, maka usaha tidak menjamin bertahan lama. Beda halnya jika menampilkan sesuatu yang unik pada makanan tersebut. Bisa dipastikan banyak orang tertarik dan akan memperoleh keuntungan besar.

b. Menjual Produk Mebel

Karya hasil meubel tidak akan ada habisnya, selama ide-ide terbaru dihadirkan. Lihat saja berapa banyak desain dari setiap jenis. Hal itu menunjukkan kreativitas dan inovasi dari pelaku wiraswasta.

2. Jasa

Jenis yang kedua ialah mencari peluang usaha dari keahlian yang dimiliki. Apalagi jasa-jasa tertentu banyak konsumen cari saat ini. Contohnya seperti pada jasa berikut.

a. Jasa Edit Gambar dan Video

Usaha ini bisa mengaksesnya melalui online atau offline. Keahlian mengedit bisa membawa keuntungan besar. Apalagi jika mampu menguasai berbagai macam pengeditan, seperti banner, poster, video, dan lainnya.

Desain-desain terbaru dan bagus bisa selalu wiraswastawan hadirkan. Tentunya akan selalu mencari inovasi terbaru untuk selalu membuat pelanggan tertarik. Dengan begitu, bisa menghasilkan uang dengan cara yang menyenangkan.

b. Jasa Menulis

Peluang jasa ini cukup besar, mengingat di dunia internet berbagai tulisan saling bersaing. Bahkan, salah satu teknik berjualan ialah kata-kata yang memikat. Jasa penulis ini bisa dalam kategori menulis artikel, copywriter, dan lainnya.

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha


Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Seringkali orang berpikir bahwa wiraswasta dan wirausaha memiliki pengertian yang sama. Padahal terdapat perbedaan yang signifikan, meskipun keduanya hampir sama. Berikut perbedaan beserta penjelasannya.

1. Kepemilikan Aset

Aset ini adalah modal dana dan perannya dalam pengambilan keputusan. Seorang wirausaha akan terlibat secara relatif hanya pada kegiatan operasional. Sedangkan, wiraswasta memiliki aset sendiri.

2. Fokus Usaha

Seorang wirausaha memiliki fokus usaha mencakup keseluruhan waktu di hidupnya. Dalam artian, tidak terikat oleh pihak lain dan seluruh waktunya untuk usahanya. Sedangkan, wiraswasta hanya pada sebagian waktu.

3. Rencana Pengembangan Usaha

Wirausaha biasanya sudah memiliki pemahaman yang kuat untuk berinovasi dan memperbaharui usaha dengan teknologi. Sedangkan, wiraswasta cenderung menggunakan alat-alat tradisional.

4. Lingkup Bisnis

Seorang wirausaha memiliki cakupan ruang lingkup yang lebih luas. Misalnya, membuka jasa foto sekaligus mengeditnya. Jadi, selalu mencari peluang untuk memperoleh keuntungan besar. Sedangkan, wiraswasta hanya berfokus pada satu ruang lingkup. Jika berada di jasa pengeditan, maka hanya itu saja yang ditekuni. Tidak memiliki keinginan untuk mencari peluang lain.

5. Pola Pikir

Pada pola pikir seorang wirausaha dan wiraswasta pun berbeda. Wirausaha lebih berani membuka usaha baru dan mandiri. Orang tersebut selalu melihat peluang untuk memperoleh profit tinggi. Sedangkan, seorang wiraswasta akan merasa bahwa konsep yang telah ada sudah cukup. Selain itu, hasil profit dari usaha tersebut sudah menganggapnya jumlah yang besar.

Demikianlah, penjelasan tentang apa itu wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausaha. Setelah mengetahui perbedaannya, tentu sudah memiliki pandangan antara keduanya. Jadi, jangan sampai salah lagi saat mengartikan wiraswasta dan wirausaha ya! 


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022