TREN KEUANGAN DI 2019

image

Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.
Apa saja tren keuangan 2019 yang akan muncul dan semakin populer? Simak daftarnya berikut ini:


1. Pinjam Uang Berbasis Teknologi

Di tahun 2019, bisnis pinjam-meminjam uang berbasis teknologi akan semakin marak. Pada 8 Januari lalu, total ada 88 perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jumlah tersebut meningkat dari 78 perusahaan yang dirilis oleh OJK pada akhir 2018. Dikutip dari tirto.id, pada Oktober 2018 saja OJK mencatat bahwa masyarakat sudah meminjam uang sebesar Rp16 triliun dari berbagai fintech tersebut. Jika tertarik untuk meminjam uang, lakukan riset lebih dulu tentang risiko dan reputasi perusahaannya. Tujuannya tentu saja agar kehidupan pribadi tidak menjadi terganggu karena pola peminjaman dan penagihan uang.


2. Tabungan Digital

Sejak tahun lalu, beberapa institusi bank berlomba-lomba mengeluarkan produk tabungan digital. Dengan berbekal aplikasi yang terinstal di ponsel, nasabah tak perlu lagi repot-repot memiliki buku tabungan. Semua transaksi bisa dilakukan di aplikasi tersebut, termasuk untuk mengatur keuangan. Di tahun ini, diyakini akan muncul berbagai jenis tabungan digital baru yang tentunya akan memberikan penawaran yang semakin menarik. Tren ini bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan agar lebih hemat dan disiplin dalam menabung.


3. Milenial Mulai Meminati Investasi

Sejak 2015 pemerintah sudah gencar menyerukan kepada generasi milenial ajakan untuk berinvestasi, terutama investasi saham. Dengan semakin beragamnya instrumen investasi, di tahun ini akan ada peningkatan aktivitas investasi dari generasi milenial. Mereka yang selama ini cenderung menghabiskan uang daripada menyimpan akan mulai sadar tentang pentingnya investasi. Terlebih dengan perkembangan teknologi, aktivitas investasi bisa lebih mudah dilakukan melalui ponsel.

Tren keuangan 2019 di atas dapat menjadi panduan dalam menentukan tujuan keuangan. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan manfaatkan untuk kepentingan masa depan.



Share :





Artikel Lain


Tren Keuangan di 2019

Selengkapnya

Hal-Hal Simpel yang Perlu Diperhatikan Sebelum Nonton Konser

Selengkapnya

Kriteria Ayah Modern Untuk Menjadi Panutan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018