Pahami Karakteristik Wirausaha yang Sukses dan Berhasil


Menjadi seorang wirausaha adalah salah satu hal yang membanggakan. Di sini ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. Bagi sebagian orang menjadi seorang wirausaha cukup sulit namun ada yang merasa kalau itu sulit. Namun bagi sebagian orang justru sebaliknya dimana menjadi wirausaha itu sangat mudah dilakukan dan menyenangkan.

Wirausaha adalah orang yang mencoba untuk membuat usaha atau lapangan kerja sendiri dengan inovasi dan kreativitas pada diri sendiri agar bisa menghasilkan uang. Biasanya seorang wirausaha akan memiliki banyak ide-ide brilian dan unik. Tak hanya itu keberanian dalam menghadapi resiko juga biasanya tinggi namun tetap memiliki potensi untuk membawa usaha jadi sukses.

Agar bisa mengawali menjadi wirausaha yang paling utama adalah memiliki modal untuk bisa membuka usaha sendiri. Modal ini harus dikumpulkan sedini mungkin dengan cara gemar menabung. Baru ditunjang dengan ide-ide yang orisinil yang belum pernah terpikir orang lain. Inilah berbagai karakteristik dari wirausaha yang bisa Klikasuransiku berikan.

Mengenal Arti Wirausaha


Mengenal Arti Wirausaha

Wirausaha adalah istilah yang digunakan kepada orang yang memiliki usaha sendiri. Itu jika diartikan secara sederhana general. Namun ada banyak pendapat para ahli yang memberikan penjelasan lebih jelas tentang arti wirausaha itu sendiri.

Pertama ada Joseph C. Schupeter yang mengartikan wirausaha sebagai orang yang bisa menghancurkan keseimbangan pasar serta memiliki kemampuan untuk membentuk keseimbangan baru agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Sementara itu Reymond W.Y menyebutkan wirausaha adalah orang yang bisa membuat gagasan menjadi realita yang besar dan menguntungkan. Sementara J.B. Say memiliki pendapatnya sendiri yaitu wirausaha adalah orang yang bisa mengelola sumber daya dengan cara yang ekonomis, efektif, dan juga efisien.

Dari ketiga pendapat para ahli wirausaha diatas bisa disimpulkan kalau wirausaha adalah seseorang yang bisa membuat dan menciptakan sebuah gagasan baru lalu mengelola sumber daya dengan cara yang efektif dan efisien sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Karakteristik Wirausaha

Jika sudah memahami arti dari kata atau istilah wirausaha, perlu mengetahui juga karakteristiknya yang baik itu seperti apa. Jika ingin menjadi orang yang sukses dalam mengelola usahanya sendiri maka ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Sebab, tidak bisa menjalankan profesi wirausaha asal-asalan tanpa bekal atau ilmunya.

1. Keberanian yang Tinggi


Keberanian yang Tinggi

Hal pertama yang perlu dimiliki seorang wirausahawan adalah rasa berani yang tinggi. Berani di sini dalam hal mengambil dan menghadapi resiko yang ada. Jika tidak ada rasa keberanian untuk hal tersebut tentu akan sulit untuk menjalankan satu bisnis atau usaha. Sebagai wirausahawan perlu berani menghadapi resiko dan juga mengambil keputusan besar. Keputusan yang sudah ditentukan harus dijalankan agar bisa terus menjalankan dan mengembangkan usaha yang sedang dikelola.

2. Kreativitas yang Tinggi

Wirausahawan perlu memiliki daya kreativitas yang tinggi juga. Ide-ide yang brilian dan orisinil tidak akan bisa muncul jika tingkat kreativitas orang rendah. Untuk itu perlu tingkat kreativitas yang tinggi sebagai wirausahawan. Gunanya untuk menciptakan gagasan dan juga mengambil keputusan yang tepat.

Dengan kreativitas yang tinggi wirausahawan akan lebih mudah membuat inovasi sehingga bisa menjadikan usahanya lain daripada yang lain, menjadikan bisnisnya lebih unik dan mudah diingat konsumen.

3. Memiliki Pemikiran untuk Jangka Panjang


Memiliki Pemikiran untuk Jangka Panjang

Jika pemikiran seseorang terlalu pendek maka dalam mengambil keputusan akan menjadi hal yang berat. Butuh pemikiran secara jangka panjang untuk bisa memperkirakan resiko apa yang akan dihadapi jika mengambil satu keputusan, solusi apa yang tepat untuk menghadapi resiko yang mungkin akan dihadapi, dan sebagainya. Semua itu harus dipikirkan dengan matang dan secara jangka panjang.

4. Semangat yang Tinggi

Dalam menjalankan usaha sendiri tentu tidak mudah dan akan mengalami kegagalan yang tidak hanya satu atau dua kali. Wirausahawan tentu harus kuat mental dan memiliki semangat serta kemauan yang tinggi untuk mencapai sukses. Tidak menyerah saat gagal dan belajar dari pengalaman untuk bisa meraik sukses.

Selain itu rasa semangat yang tinggi ini juga sangat dibutuhkan untuk memotivasi diri dan orang yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan seperti karyawan. Mempertahankan semangat yang tinggi serta terus berpikir positif adalah modal menjadi wirausahawan yang berhasil.

5. Menerapkan Prinsip Hidup yang Hemat

Sebagai seorang wirausahawan tidak baik jika memiliki sifat yang konsumtif. Berhemat adalah prinsip yang harus dipegang teguh dan selalu dipraktekkan setiap saat. Jika tidak keuangan usaha akan terancam kacau dan bisnis yang dijalankan bisa bangkrut.

Nah, itu dia karakteristik seorang wirausaha yang berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Siapa saja bisa menjadi seorang wirausaha asal ada kemauan yang tinggi, mau terus belajar, dan biasa untuk hidup hemat. Jadi, apakah kamu tertarik menjadi seorang wirausahawan juga? 


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022