Deretan Usaha Sampingan yang baik dengan Modal Kecil


Tersedianya banyak waktu luang membuat banyak orang merasa ingin memiliki usaha sampingan. Jenis kegiatan yang menghasilkan uang tambahan di samping pekerjaan utama ini memang tampak menarik. Selain itu, meski hanya sebagai sampingan namun keuntungan yang dihasilkan juga tidak kalah menggiurkan. Nah, kali ini Klikasuransiku akan memberikan daftar usaha sampingan yang bisa kamu jalankan dengan modal yang minim. Yuk, simak!

Menambah Penghasilan Melalui Usaha Sampingan Modal Minim

Jika sekadar mengisi waktu saja, kamu bisa melakukan hobi yang menyenangkan. Namun, agar waktu lebih bermanfaat, tentu lebih baik jika menggunakan waktu luang dengan merintis bisnis sampingan. Masih bingung akan memilih jenis usahanya? Mari simak beberapa ide menarik yang terbukti menghasilkan uang, di bawah ini:

1. Bisnis Foto


Bisnis Foto


Pertama, coba kamu mengenali diri sendiri, untuk mengetahui passion dan bakatmu. Hal ini karena, banyak yang telah membuktikan bahwa bisnis sukses bisa berasal dari bakat atau bahkan hobi. Contohnya, hobi fotografi. Kamu tidak harus menggunakan kamera canggih untuk menghasilkan foto bagus, karena sekarang banyak smartphone berbekal kamera yang mumpuni.

Selain itu, tersedia juga banyak aplikasi editing foto yang bisa membantumu mengolah hasil foto menjadi menakjubkan. Lalu, bagaimana cara berbisnis foto? Kamu bisa bergabung dengan platform penyedia stok foto. Contohnya Shutterstock, iStockphoto, Bigstock photo dan lainnya.

Setelah bergabung, kamu bisa memajang fotomu dan mendapatkan uang dari pengguna yang mengunduhnya. Pangsa pasar bisnis foto ini sangat luas. Contohnya, pemilik blog yang ingin memperkaya kontennya dengan foto. Satu hal yang pasti, bisnis sampingan ini minim modal, karena hanya berbekal skill sambil menjalankan hobi yang membuat fresh dan bersemangat.

2. Bisnis Dessert Box

Ide bisnis sampingan yang selanjutnya berkaitan dengan dunia masak-memasak. Menjadi trend beberapa waktu belakangan, bisnis dessert box juga bisa kamu coba. Mulailah dengan resep yang sederhana terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa mengembangkan dengan menambah varian baru.

Jangan lupa, perhatikan pesaingmu. Jika memungkinkan, amati kelebihannya dan tirulah dengan memodifikasinya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa memiliki produk yang unggul di pasaran. Akan lebih baik jika kamu menyediakan kemasan unik yang berbeda dengan produk sejenis.

3. Membuat Kerajinan Tangan


Membuat Kerajinan Tangan


Berikutnya, inilah ide bisnis sampingan bagi kamu yang memiliki tangan terampil. Usaha kerajinan tangan juga tergolong minim modal, menyenangkan, dan tentu menghasilkan. Bahkan, bisa jadi hanya berbekal selembar kain, jarum, dan gunting, kamu bisa menghasilkan produk yang cantik dan memiliki banyak pelanggan.

Beberapa ide kerajinan tangan yang sedang trend adalah snack buket, scrapbook, atau bingkai foto kenangan. Apabila memilih merintis bisnis ini, satu tips yang membuat usahamu unggul adalah layanan personalisasi. Artinya, berilah kesempatan pelanggan untuk memesan dengan desain customized.

4. Bisnis Tulisan

Terdengar asing? Sebenarnya, bisnis tulisan bukanlah hal yang baru. Banyak orang yang memiliki keahlian menulis, berhasil meraih penghasilan yang menggiurkan. Modalnya sangat minim, yaitu hanya dengan menggunakan laptop dan koneksi internet. Jenis layanan yang bisa kamu tawarkan pun beragam.

Beberapa contoh bisnis tulisan adalah, jasa penulis lepas, copywriter, penerjemah, pengetikan, dan sebagainya yang berkaitan dengan menulis. Jika tidak ingin terikat, kamu juga bisa menulis artikel ataupun karya fiksi, lalu mengirimkannya kepada media cetak atau online. Apabila memenuhi syarat, karyamu yang di-publish akan mendapat imbalan uang yang lumayan.

5. Berjualan Rice Box

Entah dalam kemasan kotak atau mangkuk kertas, bisnis ini cukup menjanjikan. Umumnya, menu yang ditawarkan dalam satu sajian tidak banyak. Contohnya, rice box chicken teriyaki. Biasanya, produk tersebut hanya berisi nasi, ayam teriyaki, dan lalapan berupa selada dan timun. Jadi, membuatnya memang cukup simpel.

Jika kamu tertarik melakukan bisnis ini, perhatikan kemasan kekinian yang ada di pasaran. Semakin unik dan menarik, tentu akan lebih banyak peminatnya. Tentu saja, menunya pun harus enak. Tidak hanya makanan yang ala luar negeri, kuliner Indonesia pun bisa kamu sajikan dalam bentuk rice box ini.

6. Usaha Dropship


Usaha Dropship


Pada daftar ide bisnis sampingan yang selanjutnya, kamu bisa mencoba usaha dropship. Berbekal kuota dan smartphone, kamu bisa menjual berbagai barang, tanpa harus repot-repot. Konsepnya mirip dengan makelar. Jadi, kamu harus bekerja sama dengan supplier  produk, kemudian menawarkannya melalui media sosial.

Barang yang bisa kamu tawarkan beragam, mulai dari produk fashion, snack kekinian, aksesoris ponsel, dan banyak produk lainnya. Jika melakukan bisnis dropship ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang. Cukup dengan promosi, kemudian ketika ada yang membeli, mintalah pembayaran di muka, kemudian memesankannya pada supplier.

7. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Terdengar sederhana, tetapi bisnis ini cukup menjanjikan, karena pangsa pasarnya luas. Hampir semua orang membutuhkan pulsa dan kuota data. Kamu bisa menghubungi agen pulsa dan top up saldo nya di ponselmu. Saat ini banyak juga agen pulsa yang sekaligus menjual token listrik dan pembayaran PDAM. Kamu bisa merintis bisnis ini bahkan hanya dengan modal Rp 100.000.

Nah, itulah berbagai daftar usaha sampingan dengan modal kecil. Meskipun hanya sekadar sampingan, sebaiknya menekuninya dengan serius. Artinya, ketika tiba waktunya untuk menjalankannya, fokuslah untuk mengembangkan usaha tersebut. Hindari menjalankan secara asal-asalan agar hasilnya optimal dan membuatmu lebih bersemangat.

Jangan lupa mencatat keuangannya dengan baik, agar tahu perkembangan usahamu itu. Jika serius menjalaninya, kamu bisa mendapatkan hasil yang menggiurkan. Namun, sebaiknya jangan langsung menggunakan semua hasil tersebut untuk pengeluaran konsumtif. Pastikan pengelolaan uang berjalan dengan baik agar usaha sampingan yang kamu jalankan bisa memiliki prospek dan usia bisnis yang panjang.

Baca Juga Artikel Lain Yang Menarik Seputar Usaha Sampingan

Sebelum Berbisnis, Kenali Dulu Financial Planning dan Cara Membuatnya

7 Hobi Seru! Yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

10 Jenis Investasi yang Ideal Sebagai Penghasilan Tambahan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Manfaatnya

Pentingnya Asuransi Sebagai Bagian dari Financial Plan Menurut Yusuf Sutarko


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022