7 Hobi Seru! Yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

image

Mendapatkan penghasilan dari hobi merupakan harapan dan dambaan dari semua orang. Melakukan pekerjaan yang disenangi tanpa merasa dibebani adalah pertanda kita mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan minat yang kita inginkan.

Saat ini industri pekerjaan semakin berkembang, dimana perkembangan industri pekerjaan ini membuka banyak kesempatan mengubah hobi menjadi penghasilan tambahan. Bagaimana sebuah kegiatan yang kita lakukan di waktu luang bisa memiliki potensi menghasilkan uang. 

Berikut Hobi - hobi yang bisa menghasilkan uang:


1. Menulis


Saat ini industri pekerjaan sedang mengalami digitalisasi, dimana perubahan digitalisasi ini membuka kesempatan bagi siapapun yang memiliki hobi menulis untuk menyalurkan hobi tersebut ke dunia kerja. Saat ini siapapun bisa mendapatkan bayaran atas tulisan yang dibuatnya secara online, dimana sistem pembayarannya bisa dilakukan per tulisan atau per bulan.


Jenis pekerjaan penulis online inipun cukup beragam dari penulis blog, artikel, resume, freelance writer, ghostwriter, dll.


2. Menjadi Content Creator


Bagi seseorang yang memiliki hobi melakukan posting di sosial media, hobi ini menjadi perhatian industri digital. Bagaimana cara membuat konten yang bersifat interaktif dan membangun komunitas melalui kegiatan content creator.


Hobi ini juga bisa mendapatkan penghasilan di luar pekerjaan kantoran dengan cara membangun komunitas dan menjadi seorang influencer di sosial media, membangun komunitas yang kemudian mendapatkan penghasilan dari kerja sama dengan perusahaan dalam melakukan promosi menggunakan akun tersebut.


3. Live Streaming


Live streaming adalah kegitan penyampaian konten secara langsung tanpa melalui proses perekaman dan editing dikarenakan konten dilihat secara langsung oleh audiens pada saat itu juga. Kegiatan live streaming dapat disamakan dengan siaran langsung pada televisi, hanya saja live stream biasanya dilakukan melalui sosial media online.


Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan talenta atau tenaga yang bisa melakukan dikarenakan kegiatan live streaming dinilai memiliki tingkat interaksi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan online video.


4. Memasak


Bagi yang memiliki hobi memasak kemungkian besar sudah muncul pemikiran menjual hasil dari masakan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan, akan tetapi kendala proses penjualan, pemasaran dan pengantaran makanan menjadi isu yang paling berat untuk mengubah hobi memasak menjadi penghasilan tambahan.


Saat ini dengan adanya perusahaan seperti Go-Food, Grab Food, ShopeeFood, dll. Akan mengurus dari sisi penjualan, pemasaran dan pengantaran makanan sehingga anda bisa berfokus kepada kegiatan memasak anda dan merchant seperti Go-Food, Grab Food, ShopeeFood, dll akan mempermudah proses penjualan masakan anda.


5. Fotografi


Menjadi seorang fotografi memang sudah dikenal sebagai profesi profesional yang banyak dibutuhkan semua jenis industri. Pada saat ini dengan semakin banyaknya UMKM yang bermunculan makan semakin banyak dibutuhkannya tenaga fotografi di berbagai level kemampuan.


Bagaimana jenis kemampuan fotografi yang saat ini banyak dicari seperti Foodtography, Product Photography, Fashion Photography dll.


6. Menggambar


Hobi menggambar selalu dikaitkan dengan industri kreatif seperti pelukis profesional, akan tetapi saat ini kemampuan menggambar dan nilai artistik sangat dibutuhkan di era digital. Jenis kemampuan menggambar yang dibutuhkan seperti membuat logo, membuat konten untuk sosial media, membuat konten digital seperti digital banner, desain website, dll.


Kemampuan menggambar sangat dibutuhkan oleh semua jenis industri dan bagi anda yang memiliki hobi menggambar makan anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai jenis industri tersebut.


7. Memelihara Binatang dan Tanaman


Kegiatan memelihara binanag atau tanaman mungkin terlihat sebagai hobi untuk memenuhi kesenangan diri saja, akan tetapi berdasarkan trend di Indonesia yang menujukan adanya potensi menghasilkan uang dari hobi tersebut.


Berdasarkan trend kebelakang seperti hobi memelihara ikan cupang yang bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah dari hasil budidaya cupang tersebut. Atau pembudidayaan tanaman Monstera deliciosa variegate yang dijual bisa mencapai 8 Juta Rupiah per pohonnya.




Itu dia hobi ? hobi yang saat ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang mungkin anda bisa ikuti. Perkembangan zaman menuju era digitalisasi menghasilkan berbagai jenis keperluan tenaga yang semakin unik dan khusus. Kemungkinan besar apa yang saat ini kita lakukan sebagai hobi ternyata bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang banyak dicari oleh orang ? orang atau bahkan perusahaan.



Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022