10 Jenis Investasi yang Ideal Sebagai Penghasilan Tambahan

image

Pada saat ini Indonesia mengalami pergerakan tren yang sangat menarik, tren ini adalah tren investasi. Saat ini perkembangan tren sangat signifikan.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bahwa pada Bulan Maret 2021, Investor saham ritel mencapai 2,17 juta investor. Berdasarkan catatan kontan di akhir 2020 menunjukkan terdapat 1,69 juta akun single investor identification (SID).

Data mengenai meningkatnya investor saham tersebut menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia sedang mencari alternatif sumber penghasilan tambahan.

Saat ini juga terjadi peningkatan di berbagai jenis investasi yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Berikut Jenis - Jenis Investasi yang Populer di Indonesia.


1. Saham.


Data berdasarkan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa 3 bulan pertama semenjak akhir tahun 2020 terjadi peningkatan jumlah investor sebesar 27%.

BEI menunjukkan bahwa 75% dari total investor domestik berada di golongan usia muda di bawah 40 tahun.

Disarankan sebelum memulai investasi saham untuk mempelajari analisa teknikal dan fundamental, Bagaimana dengan mempelajari hal tersebut diharapkan untuk mengurangi angka risiko dan meningkatkan potensi keuntungan.


2. Deposito.

Deposito adalah investasi dimana dengan melakukan penyediaan modal yang kemudian modal tersebut disimpan kepada bank dalam durasi yang ditentukan. Persentase uang yang dihasilkan biasanya senilai 5 - 5,5% per bulan. Setelah sampai pada akhir waktu yang disepakati maka pemberi modal dapat melakukan deposito lagi, menarik bunga, atau menarik semua uang tersebut.


3. Reksa Dana.

Apa yang dimaksud dengan reksadana? Reksadana salah satu bentuk investasi dimana dana dan proses investasi diberikan kepada manajer investasi, kemudian pihak manajer investasi akan mendistribusikan dana tersebut.

Reksadana memiliki beberapa jenis seperti:

  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksa dana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Dana Terproteksi
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Indeks
  • Reksadana Saham


4. Obligasi.

Obligasi merupakan salah satu bentuk investasi berupa surat - surat berharga pihak yang membutuhkan dana baik pihak swasta maupun pemerintah. kemudian pihak tersebut akan memberikan bunga dalam persentase yang ditentukan.


5. Emas.

Emas adalah salah satu jenis investasi yang selalu populer dari masa ke masa. harga emas yang relatif stabil menjadi salah satu bentuk investasi yang disarankan.

Di saat era digital ini investasi emas tidak hanya dalam bentuk fisik, saat ini investasi emas dapat dilakukan melalui program menabung emas di beberapa e-commerce indonesia.


6. Asuransi.


Investasi terhadap diri merupakan salah satu bentuk dari investasi yang sering terlupakan. Melakukan investasi diri dengan tujuan mitigasi risiko merupakan hal yang paling baik untuk menjaga diri dan keluarga dari risiko yang tidak diinginkan.


7. Cryptocurrency.


Cryptocurrency atau disebut sebagai mata uang kripto kini ramai menjadi perbincangan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Cryptocurrency adalah suatu aset digital yang digunakan sebagai media pertukaran dengan kriptografi yang kuat berfungsi sebagai keamanan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan tambahan unit, dan verifikasi transfer aset.

Saat ini terdapat berbagai jenis mata uang kripto seperti Peercoin, Namecoin, DogeCoin, dll. Akan tetapi jeni mata uang kripto yang paling ramai dibicarakan adalah Bitcoin yang mewakili sekitar 68% total nilai.

Jenis investasi menggunakan Cryptocurrency dinilai sebagai high risk high reward sehingga sangat disarankan bagi yang ingin memulai investasi menggunakan instrumen investasi Cryptocurrency untuk mempelajari secara detail mengenai Cryptocurrency.


8. Tanah dan Properti.


Tanah dan Properti memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Investasi tanah dan property biasanya dilakukan untuk investasi jangka Panjang, dimana harga aset tanah dan properti yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Investasi ini memerlukan dana yang sangat besar. Biaya investasi berkisar dari ratusan hingga milyaran rupiah.


9. Menjalankan Bisnis / Usaha

Jenis Investasi ini memerlukan perhatian lebih mengenai keseluruhan proses dari bisnis atau usaha yang dijalankan. Jenis Investasi ini biasanya dilakukan sebagai investasi jangka Panjang.

Investasi ini memerlukan kemampuan berbisnis dan juga disiplin. Profit yang dapat didapatkan akan bergantung kepada banyak hal seperti marketing, harga, tempat dll. Akan tetapi kemampuan untuk menjadi atasan diri sendiri memberikan daya Tarik yang banyak orang inginkan.


10. Franchise


Bagi yang merasa tidak begitu handal untuk membuat bisnis atau jenis usaha sendiri, jenis investasi franchise mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana sistem pengelolaan dikerjakan oleh karyawan, beserta bahan - bahan yang digunakan berdasarkan SOP secara bisnis. Jenis investasi ini memiliki range harga yang sangat beragam berdasarkan merek dan jenis usaha franchise tersebut, Sehingga terdapat variative yang dapat menyesuaikan kemampuan finansial investasi masing ? masing.


Tidak ada aturan waktu yang menentukan kapan untuk melakukan Investasi. Tetapi data menunjukkan semakin cepat anda melakukan investasi maka akan semakin baik juga dana investasi tersebut berkembang. Ingat! Sebelum memilih jenis investasi yang diinginkan harus adanya pembelajaran secara mendalam mengenai instrumen asuransi yang ingin dipilih agar sesuai dengan kemampuan dan tujuan investasi.



Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022