Lakukan Teknik Pernafasan Ini Untuk Menjaga Kesehatan


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting mahal sekali harganya. Oleh karena itu seseorang harusnya menjaga kesehatan dengan makanan yang bergizi, olahraga dan tidak kalah penting juga ialah latihan teknik pernafasan. Pasalnya, teknik yang benar bisa membantu kualitas paru-paru manusia. Kali ini Klikasuransiku akan mengajak kamu untuk mempelajari teknik latihan pernafasan.

5 Teknik Latihan Pernafasan Untuk Kesehatan

Mengingat tubuh sangat bergantung pada udara, latihan pernafasan dimaksudkan untuk paru-paru yang sehat dan mampu memiliki daya simpan udara dengan kapasitas yang besar untuk kesehatan tubuh. Tentunya hal ini tidak akan membuat seseorang mudah lelah, dan juga ngos-ngosan.

Semakin bertambahnya usia seseorang, kapasitas paru-paru yang dimiliki juga akan menurun. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan penurunan fungsi paru-paru adalah merokok, emfisema, kanker paru, dan asma. Oleh karenanya perlu melakukan latihan teknik pernafasan menjaga agar kualitas paru-paru tetap terjaga. Berikut teknik latihan pernafasan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan:

1. Teknik Pernafasan Diafragma


Teknik Pernafasan Diafragma


Teknik ini dilakukan dengan teknik pada diafragma dan bagian perut untuk memudahkan usaha saat menarik nafas. Kamu dapat melakukan teknik ini minimal 5 menit sehari. Untuk langkah pertama, silahkan duduk dengan rileks dan nyaman. Setelah itu, letakkan tangan kananmu pada bagian dada dan satu tangan lainnya pada bagian perut.

Tarik nafas dengan hidup dalam 2 detik, sampai udara mengisi bagian perut, dan biarkan perut membesar. Kemudian hembuskan dalam 2 detik melalui bibir. Ulangi hingga beberapa kali dengan langkah-langkah yang sama.

2. Teknik Pernafasan Pursed-lips Breathing

Teknik pernafasan yang satu ini sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Tujuan teknik ini adalah untuk mengurangi jumlah nafas yang diambil  agar saluran pernafasan terbuka lebih lama. Untuk melakukan teknik ini, awali dengan menarik nafas panjang melalui hidung dengan kondisi bibir tertutup.

Setelah itu, hembuskan nafas melalui bibir dengan posisi mengerucut secara perlahan-lahan dengan durasi yang lebih lambat dibandingkan dengan ketika kamu menarik nafas. Terakhir, ulangi beberapa kali dapat dengan posisi duduk ataupun berdiri.

3. Teknik Pernafasan Rib Stretch


Teknik Pernafasan Rib Stretch


Pada teknik pernafasan ini merupakan teknik yang paling mudah. Kamu hanya perlu menahan nafas dengan sebanyak-banyaknya udara pada paru-paru dalam kurun waktu antara 10 hingga 25 detik. Tujuan dilakukannya teknik latihan pernafasan rib stretch adalah untuk meningkatkan kapasitas udara pada paru-paru.

Kamu dapat berlatih teknik pernafasan ini minimal satu kali dalam sehari dengan waktu antara 2 sampai 5 menit tiap sesi. Langkah untuk melakukan rib stretch diawali dengan berdiri dengan posisi tegak dan badan yang lurus. Kemudian keluarkan semua oksigen yang ada pada paru-paru.

Setelahnya ambil nafas, dan isi udara pada paru-paru sebanyak-banyaknya dan tahan 10-15 detik. Jika belum mampu dalam kurun waktu tersebut kamu dapat menguranginya dan lakukan di 6 atau 7 detik. Kemudian hembuskan dan ulangi lagi dengan cara yang sama.

4. Teknik Pernafasan Numbered Breathing

Teknik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas paru-paru kamu untuk kualitas kesehatan yang lebih baik. Biasanya teknik ini dilakukan dengan hitungan sampai 8 kali tanpa jeda. Cara melakukan teknik pernafasan numbered breathing bisa kamu awali dengan berdiri tegak dan mata yang tertutup

Kemudian lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam. Ketika menarik nafas, pikirkan angka 1. Tahan selama beberapa detik lalu hembuskan. Lakukan lagi dan ketika menarik nafas berikutnya bayangkan angka 2, lalu hembuskan. Kembali lakukan lagi dan ketika menarik nafas berikutnya bayangkan angka 3, lalu hembuskan. Ulangi lagi dengan jeda yang sama seterusnya hingga sampai pada angka 8

5. Teknik Pernafasan Kekuatan Paru Pranayama


Teknik Pernafasan Kekuatan Paru Pranayama


Teknik ini dilakukan dengan bergantian menggunakan lubang hidung kanan dan kiri.  Untuk melakukan teknik ini, awali dengan duduk bersila lalu pastikan punggung dalam posisi tegak. Sebelumnya tutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari tangan, lalu ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan dari lubang hidung bagian kiri. Lakukan cara yang sama juga untuk lubang hidung bagian kanan. Ulangi gerakan ini secara teratur hingga 10 kali.

Nah itulah tadi 5 teknik pernafasan yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan beserta langkah-langkahnya. Silahkan praktekkan sendiri dirumah untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik.


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022