Pentingnya Asuransi Kesehatan Menurut Yusuf Sutarko


Musibah, seperti kecelakaan atau penyakit merupakan sesuatu yang datang begitu saja tanpa dapat diprediksi. Musibah dapat menimpa siapa saja tanpa peduli ia masih muda atau sudah tua. Seseorang yang memiliki harta kekayaan sekalipun dapat mendadak jatuh miskin ketika menderita penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke dan lain sebagainya apabila ia tidak pernah menyiapkan anggaran untuk pengobatan ini sebelumnya.

Biaya pengobatan dan rumah sakit yang tinggi sudah bukan rahasia lagi. Sehingga sering muncul ungkapan jika kamu miskin sebaiknya jangan pernah sakit. Nampaknya, ungkapan itu tidak dapat disanggah lagi. Siapa yang mau dengan suka rela membayar biaya yang sangat besar tersebut? Tentu saja dirimu sendiri. Pemerintah tidak akan sanggup jika harus dibebani dengan biaya yang begitu besar dari rakyatnya yang berjumlah sangat banyak. Oleh karena itu, kita butuh sebuah asuransi kesehatan untuk melindungi kita dari risiko finansial akibat gangguan kesehatan tersebut. Kali ini, klikasuransiku berdiskusi dengan Yusuf Sutarko selaku Chief Digital Transformation PT Asuransi Simas Jiwa. Dimana hasil diskusinya kami rangkum seperti di bawah ini.

Pengertian asuransi kesehatan


Pengertian asuransi kesehatan


Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis produk asuransi yang secara khusus melindungi dan menjamin berbagai biaya kebutuhan perawatan kesehatan dan rumah sakit para pemegang kartu asuransi apabila mereka mengalami musibah gangguan kesehatan atau kecelakaan. Demikian pula menurut Yusuf bahwa asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko finansial apabila terjadi gangguan kesehatan terhadap nasabah tersebut. Namun, menurut beliau bukan berarti dengan adanya jaminan asuransi hidup kita menjadi sehat. Tetapi, paling tidak ketika kita memiliki suatu gangguan kesehatan maka risiko finansial kita sudah tercover oleh asuransi tersebut.

Pentingnya asuransi kesehatan


Pentingnya asuransi kesehatan


Kondisi kesehatan yang berubah-ubah dan tidak dapat diperkirakan membuat kita mau tidak mau harus memiliki kartu jaminan kesehatan atau yang disebut asuransi kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus memiliki asuransi kesehatan.

1. Biaya kesehatan mahal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa biaya penanganan kesehatan apalagi jenis penyakit berbahaya dan kronis sangat tinggi dimana saja, baik di dalam maupun di luar negeri. Biaya tersebut meliputi biaya kamar dan makanan, biaya obat-obatan, biaya diagnosis dan pembedahan, biaya konsultasi dan kunjungan dokter selama dan sesudah perawatan di rumah sakit. Kita bisa membayangkan betapa besarnya jumlah biaya tersebut. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita bisa meminimalkan risiko kerugian finansial karena gangguan kesehatan tersebut karena pihak asuransi akan menanggung sebagian atau seluruh dari biaya perawatan rumah sakit yang kita butuhkan.

2. Meringankan beban saat sakit

Saat sakit, seseorang akan diminta untuk fokus pada pemulihannya. Tidak memikirkan hal-hal lain yang dapat menghambat proses penyembuhan. Dengan adanya asuransi kesehatan, maka beban pikiran dapat berkurang karena kita tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan

3. Memberikan perlindungan diri dan keluarga

Dengan adanya asuransi kesehatan maka secara tidak langsung kita telah memberikan perlindungan pada diri dan keluarga. Kita tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan pengobatan dan perawatan ketika jatuh sakit, karena asuransi telah menanggung semuanya.

4. Investasi

Memiliki asuransi sama saja memiliki dana cadangan untuk keadaan yang tidak terduga di masa depan. Berarti kita telah menyisihkan sebagian dari keuangan kita untuk investasi di bidang kesehatan.

Meskipun kita telah memiliki asuransi kesehatan, bukan berarti kita bisa hidup seenaknya saja kita harus tetap menjaga kesehatan dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan. Sebagaimana yang dilakukan oleh Yusuf. Menurut beliau olahraga itu adalah sesuatu yang fun atau menyenangkan. "Ada satu titik saya senangnya bermain voli dan main futsal. Ada di satu titik lagi ketika usia saya semakin bertambah, saya sukanya main badminton. Kemudian bertambah usia lagi sedikit, sekarang saya lebih suka bermain sepeda" Cerita Yusuf tentang kehidupan olahraganya. "Tapi saya selalu berusaha untuk ada kegiatan setiap hari" Tambahnya lagi.

Yusuf menyadari bahwa kesadarannya akan pentingnya menjaga kesehatan sedikit terlambat. Ketika ia masih duduk di bangku kuliah atau saat belum bekerja ia tidak terlalu memikirkan tentang makan, jajan atau olahraga. Namun saat itu, ia masih tertolong karena hobinya berolahraga seperti basket, futsal, dan voli. Namun menurut Yusuf, idealnya kita peduli terhadap kesehatan ini sejak kecil, karena sejak tingkat sekolah TK saja kita sudah diajarkan tentang bagaimana menyikat gigi berarti kita telah diajarkan bagaimana menjaga kesehatan.

Ia baru mulai menyadari tentang hal ini ketika terdapat anggota keluarganya yang menderita sakit kanker akibat merokok. Menurut Yusuf hal ini tidak boleh menjadi contoh bagi siapa saja. " Tindakan seperti ini tidak patut untuk ditiru, karena seharusnya kita harus tetap peduli dengan kesehatan sejak kecil, bukan menunggu melihat adanya anggota keluarga atau diri sendiri terkena penyakit akibat kelalaian menjaga kesehatan" Pesan Yusuf kepada para pendengar dan pembaca.

Manfaat asuransi kesehatan


Manfaat asuransi kesehatan


Menurut Yusuf asuransi kesehatan sama seperti manfaat asuransi pada umumnya, yaitu sedia payung sebelum hujan. Kenapa kita harus menaruh payung di mobil, sementara  musim hujan akan datang tiga bulan lagi? Karena kita tidak pernah tahu kapan sebenarnya hujan akan datang, walaupun musimnya masih jauh. Begitu juga ketika kita berbicara soal kesehatan, apalagi penyakit kritis atau penyakit-penyakit yang berbahaya lainnya. Ketika kita tiba-tiba menderita penyakit tersebut, maka biaya yang harus kita gelontorkan untuk rumah sakit nilainya sangat gila-gilaan, bisa berjumlah milyaran. Apalagi jika tidak memiliki dana asuransi, misalnya seperti BPJS.  "Saya rasa ini akan menjadi masalah besar" Tambah Yusuf

Meskipun kita dituntut untuk membayarkan premi asuransi secara berkala, namun kita bisa memperoleh manfaat yang begitu besar dari asuransi kesehatan tersebut. Beberapa manfaat dari asuransi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meminimalkan risiko finansial akibat biaya medical yang mahal

Dengan adanya asuransi, maka kita dapat meminimalkan semua risiko yang mungkin terjadi karena kita jatuh sakit, terutama kerugian finansial. Biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit merupakan biaya yang sangat tinggi untuk ditanggung oleh pribadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, produk asuransi kesehatan diperlukan.

Besarnya biaya pengobatan dan perawatan juga menjadi salah satu alasan orang melakukan gaya hidup yang sehat. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Yusuf bahwa ia tahu betapa mahalnya biaya pengobatan itu. Ia pernah mengantar anggota keluarganya yang menderita penyakit kritis untuk berobat, dan itu sangat luar biasa biayanya. Ketika seseorang terkena penyakit kritis, sekali saja, hidup seseorang bisa terbalik begitu saja dalam hal finansial jika ia tidak memiliki asuransi kesehatan.

2. Mempermudah proses pelayanan kesehatan

Salah satu keunggulan dari memiliki asuransi kesehatan adalah mendapatkan efisiensi waktu dari segi penanganan kesehatan, sehingga dapat mencegah kemungkinan terburuk yaitu hanya dengan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi. Dengan sistem cashless yang dimiliki oleh fitur asuransi, membuat pembayaran biaya pengobatan dan perawatan menjadi efektif dan efisien.

3. Double claim

Saat ini orang merasa jika sudah memiliki BPJS maka tidak lagi memerlukan asuransi kesehatan yang lain. Menurut Yusuf itu adalah hal sah dan diperbolehkan, karena pemerintah telah memberikan program BPJS ini dengan sangat baik dan pertanggungan yang sangat baik juga. Akan tetapi, terkadang kita mesti melihat kebutuhan kita apa saja. Misalnya, BPJS hanya mengcover biaya pengobatan dan kamar hingga level tertentu saja, padahal harapan atau ekspektasinya kita bisa mendapatkan kamar dengan level atau kelas yang lebih tinggi. Contoh lain, misalnya kita menginginkan pelayanan kesehatan diluar yang dicover oleh BPJS, misalnya pelayanan kesehatan di luar Indonesia.Ini menjadi salah satu contoh manfaat yang tidak bisa kita peroleh hanya dari BPJS saja. "Saat itulah kita membutuhkan jenis asuransi kesehatan yang lainnya" Terang Yusuf.

Inilah yang dimaksud dengan manfaat double klaim pada asuransi kesehatan apabila kita memiliki asuransi kesehatan lain, di luar BPJS. Misalnya, kita membayar semua biaya perawatan dan pengobatan sesuai yang ditanggung oleh asuransi pertama, dalam hal ini BPJS. Selanjutnya, kekurangan biaya dan biaya tambahan lain yang tidak ditanggung oleh BPJS dapat di klaim ke perusahaan asuransi kedua dengan catatan sebelum pulang atau keluar dari rumah sakit kita telah meminta rincian pengobatan dan perawatan yang tidak ditanggung oleh BPJS tersebut kepada rumah sakit, untuk kemudian diklaim ke asuransi lain yang kita miliki.

Cara memilih asuransi kesehatan


Cara memilih asuransi kesehatan


Dalam memilih asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan diantara-Nya yaitu:

1. Manfaat asuransi

Sebaiknya dalam memilih asuransi kesehatan kita selalu mempertimbangkan manfaatnya. Apakah manfaat yang kita terima sesuai dengan premi yang kita bayarkan setiap bulannya. Apakah perusahaan asuransi yang kita miliki tersebut memiliki layanan yang memuaskan dan diterima di banyak rumah sakit serta memiliki proses klaim yang mudah

2. Jumlah pertanggungan

Besarnya pertanggungan yang dicover oleh asuransi dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih produk asuransi kesehatan.  Semakin besar jumlah yang di cover dan semakin luas jenis perawatan yang masuk ke dalam tanggungan asuransi, maka semakin baik asuransi tersebut.

Namun, bagi Yusuf yang penting adalah ketika ia, istri dan anak atau keluarganya terkena penyakit dan harus menginap di rumah sakit asuransi kesehatan yang ia miliki mampu mengcover sejumlah uang pertanggungan yang ia butuh kan.

3. Berdasarkan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi kesehatan, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa kebutuhan kita. Pelajari layanan demi layanan yang diberikan oleh produk asuransi yang akan kita pilih untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tergantung pada kepentingan masing-masing. "tergantung sih" Kata Yusuf.

Kapan waktunya memiliki asuransi kesehatan?


Kapan waktunya memiliki asuransi kesehatan


Sama seperti semua jenis asuransi, semakin cepat kita memiliki asuransi kesehatan maka akan semakin baik bagi kita. Karena kita tidak pernah tahu kapan datangnya penyakit, apalagi jenis penyakit-penyakit yang membahayakan. Ada beberapa orang sudah terjangkit penyakit tersebut saat sudah tua, namun ada juga yang terjangkit saat usia muda. Kita tidak akan pernah tahu kapan itu terjadi pada kita. " Lebih cepat lebih baik" Kata Yusuf

Pengaruh jumlah  penghasilan mempengaruhi pemilihan asuransi kesehatan

Pengaruh jumlah  penghasilan mempengaruhi pemilihan asuransi kesehatan


Sebagian masyarakat merasa bahwa asuransi kesehatan akan dibeli apabila sudah memiliki gaji yang tinggi. Akan tetapi menurut Yusuf semua bisa dilakukan dalam kondisi keuangan seperti apa pun, karena semuanya dapat kita rencanakan secara bertahap termasuk asuransi kesehatan ini. Misalnya pendapatan kita berjumlah sekian saat ini, dan kita harus menyisihkan dari uang tersebut sebesar 10% untuk asuransi kesehatan. Kita bisa mencoba memaksimalkan uang tersebut, dengan memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan jumlah pendapatan kita. Mungkin saat ini, level pendapatan kita masih rendah, namun suatu saat nanti kita pasti akan naik level ke pendapatan yang lebih tinggi. Maka, kita bisa merencanakan ulang atau membeli asuransi yang baru yang sesuai dengan pendapatan kita yang baru.

Pesan Yusuf  mengenai kepentingan sebuah asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan ini sangat penting. Sehingga Yusuf menyarankan untuk memilikinya sedini mungkin. Kita akan beruntung jika bekerja pada suatu perusahaan dan perusahaan tersebut telah memberikan asuransi kesehatan kepada kita, misalnya berupa BPJS. Akan tetapi, kita harus tetap melakukan review secara berkala terhadap asuransi yang kita miliki karena di setiap titik siklus hidup kita, dalam perencanaan hidup kita, kita memiliki kebutuhan yang berbeda- beda. Gunakanlah asuransi ini sebagai salah satu tools yang dapat melindungi kita untuk mencapai sesuatu yang kita targetkan.


Share :





Artikel Lain


Bagaimana cara menjadi seseorang yang ahli di bidang marketing? Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer yang sukses? Berikut hasil diskusi Klikasuransku dengan Bapak Iteh Simon.

Selengkapnya

Apakah Anda pernah mengikuti pelatihan atau training untuk mengembangkan karir di bidang asuransi? Apakah penting untuk mengambil sertifikasi?

Selengkapnya

Tertarik untuk mendalami profesi sebagai seorang software engineer? Apa saja kriteria dan skill yang dibutuhkan untuk menjalani karir di bidang IT? Simak artikel berikut!

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022