Ingin Menjadi Software Engineer? Berikut Tips karir di bidang IT Menurut Bapak Bertho Iwasurya


Perkembangan teknologi yang sangat pesat diikuti dengan meningkatnya kebutuhan perusahaan akan tenaga ahli di bidang teknologi membuat profesi IT semakin diminati.

Berdasarkan sebuah survey, dua pekerjaan di bidang IT yang paling banyak dicari oleh berbagai perusahaan adalah software engineer dan developers.

Hanya saja, jumlah permintaan ini berbanding terbalik dengan jumlah tenaga kerja yang tersedia.

World Bank memproyeksikan bahwa dunia akan kekurangan 9 juta pekerja IT pada tahun 2030.

Hal ini menunjukkan kalau kesempatan kerja di bidang IT terbuka lebar buat Kamu. Sayang bukan, jika peluang ini dilewatkan?

KlikAsuransiku berkesempatan untuk ngobrol dengan salah seorang profesional di dunia IT yaitu Bapak Bertho Iwasurya selaku Head of the Department Web and Mobile Application di PT Asuransi Simas Jiwa yang telah berkecimpung di dunia ini hampir 14 tahun lamanya.

Mudah-mudahan Kamu bisa mendapatkan gambaran lebih jelas tentang pekerjaan di bidang IT, terutama jika Kamu ingin menjadi seorang software engineer. Berikut tipsnya!

Apa saja peluang karir yang bisa di coba di bidang IT?

Banyak sekali pilihan karier di bidang IT yang bisa Kamu geluti, beberapa di antaranya adalah:

1. Developer/Programmer. 

Bertanggung jawab melakukan riset, mendesain, menerapkan, hingga menguji coba perangkat lunak dan sistem.

2. System/Business Analyst. 

Berperan sebagai penengah antara tim IT dan bisnis klien dengan menerjemahkan kebutuhan pengguna melalui model bisnis yang ada.

3. IT Support.

 Bekerja sesuai kebutuhan perusahaan dalam mengatasi permasalahan teknis.

4. IT Helpdesk. 

Berkewajiban menjawab berbagai pertanyaan seputar teknis.

5. IT Security. 

Memastikan keamanan jaringan dan sistem perusahaan.

6. IT Administrator. 

Memastikan bahwa struktur IT internal perusahaan tetap mutakhir.

7. Network Engineer. 

Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara jaringan komputer dalam suatu organisasi atau antar organisasi.

8. Database Administrator. 

Bertanggung jawab untuk mengarahkan atau melakukan semua aktivitas yang terkait dengan pemeliharaan lingkungan database.

"Sekarang yang lagi ngehits ada Data Analyst dan Data Scientist.", ungkap Pak Bertho Iwasurya.

Hal ini karena dunia semakin bergantung pada data, baik dalam aspek bisnis, penelitian, perekonomian sehingga semakin tinggi juga permintaan terhadap profesional yang memiliki skill-skill khusus yang berhubungan dengan analytics, machine learning, dan juga artificial intelligence (AI).

Selain itu masih banyak lagi lapangan pekerjaan di bidang IT termasuk turunan job title-nya.

Jenjang karir IT Profesional secara umum dapat dilihat dari lama dan pengalamannya, mulai dari Fresh Graduate, Junior, Senior, Manager hingga CIO / CTO.

Sedangkan untuk masuk level tertentu, sertifikasi profesional akan dibutuhkan untuk mendukung jenjang karir tersebut.

Adakah tips yang perlu diketahui dalam mempelajari sistem IT?

 

Tips yang perlu diketahui dalam mempelajari sistem IT

 

"Yang pertama untuk belajar system adalah niat. Karena untuk belajar sistem pasti tidak terhindar dari kesalahan dan kesulitan sehingga kita harus mencari cara untuk mengatasinya. Terkadang, programmer pemula gampang menyerah, untuk itu dibutuhkan tekad yang kuat agar tidak menyerah.", jelas Pak Bertho Iwasurya.

Ia juga menekankan tentang pentingnya mempelajari fundamental programming. Tujuannya agar bisa menerjemahkan apa yang kita pikirkan ke dalam coding, misalnya teknik seperti looping, conditional, dan teknik dasar lainnya jika ingin mendalami profesi IT.

Tips selanjutnya adalah learning by doing. "Jangan cuma baca saja tapi praktekan langsung. Kalau bisa bikin program sederhana, misalnya bikin menu create, read, update, delete.", tambah Pak Bertho Iwasurya.

Di era saat ini yang serba online, tentu saja Kamu bisa mempelajari bidang ini secara otodidak. Semuanya tersedia di internet, dari yang gratis hingga berbayar.

"Balik lagi semuanya berawal dari niat nya saja. Saran saya, apabila memang mau masuk secara formal di dunia IT, lebih baik masuk melalui jalur pendidikan formal dengan mengambil jurusan IT terlebih dahulu.", kata Pak Bertho

Bagaimana peluang di dunia IT dalam masa pandemi ini?

 

Peluang di dunia IT dalam masa pandemi ini

Menurut Pak Bertho, peluang karir di dunia IT selama masa pandemi ini tidak jauh berbeda dibandingkan sebelum pandemi.

Namun, Ia mengakui bahwa peluang tersebut semakin diakselerasi lebih cepat. Hal ini karenakan semua perusahaan sedang berlomba untuk otomatisasi dan digitalisasi, serta merubah pola bisnis yang mereka lakukan.

Tidak jarang muncul kekhawatiran dengan persaingan yang cukup ketat, terutama dengan tenaga kerja yang berasal dari luar negeri.

"Secara skill tenaga kerja IT kita tidak kalah dengan expat. Tapi jangan pernah puas dengan skill yang kita punya saat ini. Kita tidak boleh fanatik dengan skill teknologi yang kita punya.", ungkap Pak Bertho.

Oleh karena itu, ada baiknya Kamu mulai scale-up, dalam artian harus update teknologi yang dimiliki dan juga harus bisa scale-out, yaitu mempelajari teknologi yang baru juga.

Bukan hanya skill yang berhubungan dengan IT saja, kemampuan lain seperti komunikasi contohnya fasih berbahasa Inggris juga penting, karena semua materi forum yang dibutuhkan sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

Disamping itu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Kamu akan kolaborasi dengan vendor atau partner yang berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Diluar teknikal skill, soft skill yang dibutuhkan agar bisa terus berkarir dalam dunia IT terutama dalam di ruang lingkup seperti corporate adalah integritas, komitmen, inovatif, dan continuous improvement.

Bagaimana Peran IT di dalam Digital Insurance?


Peran IT di dalam Digital Insurance

Peran IT di dunia digital insurance sangat besar. Seiring dengan berkembangnya pola bisnis ke arah digitalisasi, hal yang berkaitan dengan pengembangan sistem, keamanan, komunikasi dan konektivitas dengan pihak lain membutuhkan IT.

Tidak ada perbedaan besar antara peran IT di industri asuransi dengan industri lain, baik secara struktur, fungsi kerja, dan lainnya.

Di sini peran IT adalah membantu perusahaan dalam mengembangkan sistem dan infrastruktur dari sisi teknologi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan. Jika ada perbedaan pun, mungkin lebih ke rutinitas bisnisnya saja.

Sama halnya dengan kriteria khusus bagi tenaga IT yang berkecimpung dalam industri asuransi. Tidak ada yang membedakan antara keduanya.

"Bila secara hard skill dan soft skill sudah ok, paling untuk business routine-nya saja yang harus dipelajari saat mengerjakan tugas yang diberikan.", ujar pak Bertho.

Bagaimana Peran IT dalam Melindungi Data Nasabah?

 

Peran IT dalam Melindungi Data Nasabah

Peran IT dalam perlindungan data nasabah sangat kritikal. Selain melindungi dari ancaman luar, IT harus siap menghadapi ancaman dari dalam.

Konsep CIA (Confidentiality, Integrity, dan Availability) harus dipahami betul oleh IT. Hal ini harus menjadi standar keseharian di IT, bahkan kalau perlu harus memiliki standar yang diakui secara internasional.

"Selain challenge business as usual kita yang akan terus mengalami otomasi dan efisiensi, kedepannya disrupsi bisnis asuransi pasti akan terjadi, seperti bidang-bidang lain.", ungkap Pak Bertho.

Kemudahan, keterbukaan, dan kecepatan informasi mewajibkan kita untuk terus berinovasi dan terus mengikuti tren yang sudah didepan mata, contohnya: AI, IoT dan blockchain, agar kedepannya tidak tertinggal saat disrupsi tersebut terjadi dalam industri asuransi.


Share :





Artikel Lain


Bagaimana cara menjadi seseorang yang ahli di bidang marketing? Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer yang sukses? Berikut hasil diskusi Klikasuransku dengan Bapak Iteh Simon.

Selengkapnya

Apakah Anda pernah mengikuti pelatihan atau training untuk mengembangkan karir di bidang asuransi? Apakah penting untuk mengambil sertifikasi?

Selengkapnya

Tertarik untuk mendalami profesi sebagai seorang software engineer? Apa saja kriteria dan skill yang dibutuhkan untuk menjalani karir di bidang IT? Simak artikel berikut!

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022