Panduan Cara Mengatur Anggaran Rumah Tangga Gaji 5 Juta


Kali ini Klikasuransiku akan membahas tentang bagaimana agar anggaran rumah tangga bisa diatur dengan baik. Memang tidaklah mudah untuk mengatur anggaran rumah tangga gaji 5 juta. Pasti akan selalu ada kesalahan perhitungan sehingga kamu tidak bisa menabung secara rutin. Apalagi kebutuhan rumah tangga sangat banyak sehingga anggaran yang dikeluarkan lebih besar.

Untuk kamu yang sudah berumah tangga, lebih baik membahas hal ini bersama pasangan. Tentukan terlebih dahulu jumlah anggaran yang kira-kira dikeluarkan setiap bulannya. Dengan hal tersebut maka akan lebih mempermudah kamu dalam mengaturnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan panduan lainnya tentang mengatur anggaran rumah tangga gaji 5 juta dengan lengkap pada artikel ini. Apa saja panduan tersebut? Selengkapnya disajikan pada poin berikut.

Cara Mengatur Anggaran Rumah Tangga Gaji 5 Juta

1. Membuat Anggaran Bulanan


Membuat Anggaran Bulanan


Pertama-tama yang wajib dilakukan adalah memastikan bahwa pengeluaran terjaga baik melalui pembuatan anggaran bulanan. Sifat anggaran tersebut informatif yang berisikan semua jenis pengeluaran baik primer maupun kebutuhan sekunder.

Kebutuhan primer ini seperti makan dan minum, pakaian, tempat tinggal, dan keperluan komunikasi seperti pulsa. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder seperti motor, mobil, olahraga, dan juga pembelian berbagai perabotan baru.

2. Gunakan Aplikasi Keuangan

Mencatat semua kebutuhan finansial memang sangat penting, ini berfungsi agar keuangan lebih teratur. Namun, dengan adanya aplikasi keuangan, tentunya akan lebih mempermudah kamu dalam pengelolan keuangan. Aplikasi ini juga bisa diakses oleh semua pengguna HP baik android maupun IOS.

Aplikasi tersebut akan menyediakan fitur yang bisa membuat keuangan kamu lebih tertata dengan baik. Fitur tambahan juga banyak disediakan, salah satunya laporan keuangan akhir bulan. kamu bisa melihat apa saja pengeluaran selama bulan tersebut. Jadi aplikasi keuangan apa saja yang pernah kamu gunakan?

3. Membuat Skala Prioritas


Membuat Skala Prioritas untuk Mengatur Anggaran Rumah Tangga


Jika kamu telah membuat perencanaan untuk pengeluaran anggaran bulanan, maka langkah selanjutnya adalah tetapkan skala prioritas. Salah satu kuncinya dengan mengenali detail keperluan rumah tangga tersebut. Dengan itu, akan bisa mendorong diri kamu untuk tetap konsisten dengan pengeluaran. Selain itu tidak membeli hal lain di luar anggaran yang ditetapkan kecuali kebutuhan mendesak.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Jika gaji kamu hanya 5 juta, sebaiknya jangan pernah putuskan untuk beralih ke kartu kredit. Karena gaji 5 juta masih termasuk minimalis dan hanya berkisar di antara angka dropship.  Kartu kredit memang diakui memberikan kemudahan untuk setiap penggunanya.

Namun, di akhir bulan aka nada tunggakan yang harus kamu lunasi dan kadang tidak sadar akan pengeluaran tersebut. Meskipun kartu kredit sering digunakan untuk mengejar promo, sebaiknya gunakan saja e-wallet yang ada. Karena kamu juga bisa mendapatkan banyak promo disana, tidak hanya pada kartu kredit saja.

5. Membangun Bisnis Rumah


Membangun Bisnis Rumah


Jika kamu tertarik dan punya bakat di bidang bisnis, ini bisa menjadi salah satu rekomendasi dalam mengatur keuangan kamu. Mengatur keuangan ini tidak hanya sebatas menghemat pengeluaran saja. Akan tetapi juga memikirkan cara mendatangkan uang selain dengan gaji bulanan.

Apabila kamu memiliki modal yang cukup sebaiknya pilihlah pekerjaan sebagai reseller. Tapi jangan khawatir kamu masih bisa berjualan tanpa modal dengan menggunakan sistem dropship. Apakah kamu tertarik untuk mencoba pekerjaan tersebut?

Panduan cara mengatur anggaran rumah tangga gaji 5 juta di atas bisa diterapkan oleh siapa saja, tidak hanya terfokus pada orang yang sudah berumah tangga. Karena pengelolaan finansial seharusnya sudah dipelajari sejak dini. Semoga bermanfaat ya!


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022