Cara Melakukan Self Reward yang Baik dan Benar untuk Diterapkan


Pernahkah Klik People memberikan “hadiah” kepada diri sendiri ketika berhasil mencapai suatu prestasi tertentu? Penghargaan atau “hadiah” yang diberikan untuk diri kita sendiri itu disebut dengan self reward. Secara etimologis, jelas asal katanya adalah self yang artinya diri sendiri dan reward atau hadiah atau penghargaan. Self reward biasanya dilakukan ketika kita berhasil mencapai sesuatu yang diinginkan.

Namun meskipun demikian Klik People tetap harus memperhatikan penghargaan apa yang tepat untuk diberikan kepada diri sendiri tersebut. Sebaiknya jangan melakukannya secara berlebihan, apalagi kalau sampai menguras tabungan. Lakukan self reward secara bijaksana supaya tidak malah mendatangkan kerugian pada diri sendiri maupun orang lain. Lalu, bagaimana cara yang benar? Inilah informasi lengkapnya yang bisa Klikasuransiku berikan.

Pentingnya Memberikan Penghargaan pada Diri Sendiri

Belakangan ini topik mengenai self reward sedang banyak dibicarakan melalui media sosial. Memberikan penghargaan kepada diri sendiri merupakan bentuk mencintai dan bagian dari aktualisasi diri. Yang perlu diketahui bahwa penghargaan tersebut tidak selalu harus berupa barang-barang atau materi, namun bisa juga berwujud sesuatu yang tidak material.

Mengapa memberikan apresiasi, hadiah ataupun penghargaan pada diri sendiri menjadi sesuatu yang penting? Inilah alasan-alasannya:

1. Bentuk Apresiasi pada Diri Sendiri


Bentuk Apresiasi pada Diri Sendiri


Jangan hanya berfokus bagaimana caranya agar orang lain memberikan apresiasi pada diri kita saja. Begitu juga sebaliknya jangan hanya bisa memberikan apresiasi pada orang lain namun melupakan diri sendiri. Terlalu fokus dan mengharapkan apresiasi dari orang lain hanya akan menimbulkan perasaan kecewa saja kalau tidak terpenuhi.

Sudah waktunya untuk hal-hal tertentu yang telah Klik People lakukan diberikan penghargaan oleh diri sendiri. Apresiasikan penghargaan tersebut dengan memberikan “hadiah” untuk diri sendiri melalui hal-hal yang disenangi. Tidak ada salahnya nonton ke bioskop, beli baju, makan di restoran ataupun pergi liburan agar diri merasa senang.

2. Bentuk Cinta pada Diri Sendiri

Siapa lagi yang akan mencintai kita kalau bukan diri sendiri? Cintai diri sendiri agar aura kebahagiaan bisa terpancar sehingga akan membuat orang lain mencintai kita. Apa saja bentuk mencintai diri sendiri itu? Cara yang mudah adalah dengan melakukan hal-hal yang kita senangi dan membuat bahagia.

3. Menjadi Motivasi Agar Lebih Baik


Menjadi Motivasi Agar Lebih Baik


Sebenarnya self rewtidak harus diberikan ketika kita berhasil mencapai sesuatu atau menyelesaikan tugas yang berat saja. Justru ketika sedang merasakan kegagalan lebih penting untuk memberikan selfreward tersebut supaya Klik People menjadi lebih bersemangat.

Hari ini kita boleh saja gagal mendapatkan apa yang diinginkan tetapi hari esok masih banyak kesempatan kita untuk berhasil. Berikan penghargaan pada diri sendiri saat menghadapi kegagalan agar semangat datang lagi dengan tetap fokus pada tujuan atau goal utama.

4. Menghilangkan Rasa Jenuh dan Stres

Klik People pastinya pernah merasa lelah, jenuh dan capek dengan semua pekerjaan, tugas maupun kondisi yang terjadi. Tidak apa-apa karena itu adalah hal yang wajar. Hanya saja sebaiknya segera lakukan sesuatu untuk menghilangkan kejenuhan tersebut agar tidak berujung pada stres.

Bagaimana caranya? Berhenti sejenak dari rutinitas yang menjenuhkan tersebut untuk melakukan apa saja kesenangan Klik People. Dengan begitu, kamu dapat merasa senang dan bahagia kembali sehingga terhindar dari stres.

5. Memberikan Hak pada Diri Sendiri

Tanpa disadari kita lebih sering mengabaikan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain. Dalam porsi yang wajar memang hal tersebut tidak salah. Namun perhatikan juga diri sendiri dengan cinta dan kebahagiaan. Memberikan penghargaan dan apresiasi pada pencapaian kita adalah salah satu hak yang harus diberikan pada diri sendiri. Tujuannya adalah agar Klik People tetap dapat merasakan energi positif pada diri sendiri dan menjaga rasa bahagia.

Cara Memberikan Self Reward yang Baik


Cara Memberikan Self Reward yang Baik


Mudahnya dapat dikatakan bahwa self reward adalah bentuk imbalan untuk diri sendiri atas apa yang telah dilakukan entah itu berhasil maupun masih gagal. Yang perlu ditekankan disini, bahwa menurut seorang psikolog bidang klinis bernama Inez Kristianti, Mpsi pemberian self reward tidak selalu harus berbentuk material.

Menurut Inez bahkan kita bisa mendapatkan self reward hanya melalui kata-kata motivasi terutama dari orang-orang terdekat seperti pasangan, orang tua dan keluarga lainnya. Nah, bagaimanakah supaya kita bisa memberikan self reward yang tepat dan tidak terjerumus pada hal-hal yang berlebihan dan merugikan?

Langkah pertama, buatlah daftar apa saja hal-hal yang ingin diraih, urutkan dari yang paling penting. Kemudian tentukan sejak awal apa self reward yang akan diberikan nanti apakah jalan-jalan, makan di resto favorit, membeli baju dan sebagainya. Berikan jarak yang cukup untuk satu self reward dengan self reward selanjutnya usahakan jangan terlalu sering supaya kesenangannya tidak berkurang.

Usahakan untuk tidak menggunakan budgetyang terlalu tinggi untuk satu jenis sselfsssssaja. Klik People juga harus memberikan peringatan kepada diri sendiri kapan harus berhenti supaya tidak menjadi egois dan berlebih-lebihan.


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022