Pahami Cara Cek Rekening Penipu Terbaru dengan Mudah


Kini penipuan daring banyak sekali membuat masyarakat menjadi resah serta enggan berbelanja online. Namun sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi sebab ada acara untuk cek rekening penipu tersebut. Sehingga kamu pun tidak akan merasa dirugikan lagi. Inilah cara untuk cek rekening milik penipu yang bisa Klikasuransiku bagikan untuk kamu.

Cara Cek Rekening Penipu


orang mencurigakan melakukan scam online


Saat ini kita memang sudah memasuki zaman serba digital sehingga segala sesuatu pun bisa dicek secara online. Tidak hanya berbelanja saja, ada juga modus penipuan dengan meminta orban untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening. Kasus seperti ini sebenarnya sudah lama sekali terjadi. Namun, hingga saat ini masih tetap ada korban. Bahkan para penipu tersebut juga bisa membobol uang kamu lewat transaksi palsu dan sebagainya.

Oleh karena itulah agar kamu tetap waspada. Maka perlu diketahui cara cek rekening penipu tersebut. Sehingga jika kamu masih baru melakukan transaksi dengan orang tersebut bisa dicek keasliannya. Inilah cara untuk cek rekening milik penipu:

1. Cekrekening.id

Melalui situs cekrekening kamu dapat memastikan apakah nomor rekening yang akan ditransferkan uang merupakan rekening penipu atau tidak. Situs ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk memudahkan kamu saat ingin transaksi online.

Cekrekening.id sendiri juga sengaja dibuat ditujukan memberikan perlindungan sekaligus sebagai wadah masyarakat dalam melaporkan berbagai kasus penipuan rekening online. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa mengeceknya.

Sebab situs ini disediakan secara gratis untuk masyarakat. Bahkan kamu pun bebas mengaksesnya lewat PC, laptop, maupun smartphone. Layanan ini tentunya sangat membantu sekali dalam melacak nomor rekening apakah sudah pernah ada pelaporan sebelumnya atau tidak.

Tidak hanya membantu dalam pelacakan nomor rekening saja, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi terkait rekening pelaku seperti nama pemiliknya, nama bank, hingga seluruh rekaman transaksi yang pernah dilakukannya

Namun layanan ini masih terdapat beberapa kekurangan. Sebab pelacakan nomor rekeningnya hanya bergantung pada data laporan yang sudah ada sebelumnya. Sehingga jika memang belum pernah sama sekali dilaporkan, kemungkinan besar nomor rekening tidak akan masuk ke dalam databasenya.

2. Kredibel.co.id


screenshot website Kredible


Adapun situs lain yang bisa kamu akses yaitu kredibel.co.id. Situs ini mempunyai tujuan yang hampir sama dengan situs sebelumnya. Melainkan untuk menampilkan semua rekam jejak dari nomor rekening yang akan kamu transferkan uang.

Apabila nomor sudah pernah dilaporkan dari jaringan penipuan online, maka ia akan muncul di situs beserta jenis pelaporan yang telah dilakukannya. Tidak hanya nomor rekening saja, situs ini tentunya bisa melakukan pengecekan kredibilitas dari nomor telepon yang sebelumnya sering digunakan untuk penipuan daring.

Kamu cukup masuk ke dalam situsnya. Setelah itu masukkanlah nomor rekening atau bisa juga dengan menginput nomor telepon pada kolom pencarian yang telah disediakan. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul informasi tentang nomor tersebut.

3. Lapor.go.id

Situs ketiga adalah Lapor.go.id yang disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Fungsinya kurang lebih sama yaitu untuk melaporkan semua kasus kriminal terkait penipuan daring dan juga kasus kriminal yang lainnya.

Adapun cara untuk pengecekan serta pelaporan dari tindakan penipuan pada situs lapor.go.id sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu membuka situs resminya lalu pilih pengaduan jika kamu mengalami penipuan. Sedangkan untuk pelacakan nomor rekening pilih permintaan informasi.

4. Instagram @indonesiablacklist


screenshot akun Instagram indonesiablacklist


Jika kamu malas untuk mengeceknya lewat situs, maka media sosial seperti Instagram juga bisa membantu kamu dalam menangani masalah ini. akun ini sudah menyusun semua kasus penipuan daring yang kerap terjadi pada media Instagram.

Tentunya tidak hanya bisa melihat nomor rekening saja, media ini juga telah mengklaim bahwa bisa membantu kamu agar bisa mendapatkan uang kembali lewat jasa mediasi. Pada umumnya setiap kasus yang memiliki masalah akan diunggah oleh akun tersebut ke dalam media sosial Instagram hingga uang bisa kembali ke tangan kamu.

Apabila kamu bingung cara cek rekening penipu melalui akun ini, maka bisa ikuti langkah berikut ini. Pertama, bukalah akun Instagram @@indonesiablacklist. Lalu cek akun yang pernah mengontak kamu pada daftar yang telah ditulis oleh akun tersebut. Terakhir, apabila kamu tidak menemukan akun, artinya akun tersebut bukan penipu.

Namun hal ini juga bisa terjadi sebaliknya. Sebab bisa saja akun tersebut masih belum pernah dilaporkan oleh orang lain. lalu bisa juga karena korban tidak tahu cara melakukan pelaporan kasus penipuan tersebut. Untuk melaporkannya, kamu hanya perlu kontak akun lewat direct message ke adminnya ataupun kontak yang sudah tertera di whatsapp. Ceritakanlah semua alur penipuan yang dilakukan serta informasi lainnya.

Itulah cara cek rekening penipu melalui berbagai situs dan juga akun media sosial. Beritahu juga informasi kepada orang terdekat kamu. Sehingga semakin besar kemungkinan untuk meminimalisir penipuan yang terjadi.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022