Pengertian Cost Push Inflation dan Contoh Simulasinya


Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana barang-barang dan juga kebutuhan sehari-hari dipasaran naik dengan cepatnya? Hal itu tentu saja terdapat penyebabnya. Selain kelangkaan barang hal itu juga dapat disebabkan oleh kondisi yang dinamakan dengan istilah inflasi. Cost push inflation adalah salah satu jenis dari inflasi. Kali ini Klikasuransiku akan membahas tentang jenis inflasi ini sekaligus simulasinya.

Pengertian Inflasi dan Cost Push Inflation


Pengertian Inflasi dan Cost Push Inflation


Sebelum masuk pada penjelasan mengenai cost push inflation kamu perlu terlebih dahulu untuk mengetahui mengenai inflasi karena keduanya berkaitan, dan cost push inflation merupakan bagian dari inflasi. Pada dasarnya inflasi merupakan suatu kondisi dimana nilai mata uang (kertas) suatu negara mengalami penurunan.

Penyebab penurunan nilai mata uang ini dikarenakan uang kertas yang beredar di masyarakat beredar dengan sangat banyak dan cepat. Hal ini juga menyebabkan harga barang-barang yang ada di pasar baik itu kebutuhan pokok dan lainnya naik dengan cepat. Dalam hal ini inflasi dibedakan menjadi dua macam, inflasi cost push inflation dan juga inflasi demand pull inflation.

Cost push inflation adalah bagian dari inflasi. Pengertian dari cost push inflation sendiri merupakan inflasi yang terjadi karena adanya dorongan biaya atau juga dapat disebut dengan kenaikan biaya produksi. Dalam hal ini pengendalian inflasi karena dorongan biaya dapat dikendalikan dengan menambah tingkat pertumbuhan ekonomi daripada harus melalui kebijakan moneter.

Beberapa Hal yang Memicu Terjadinya Cost Push Inflation


Beberapa Hal yang Memicu Terjadinya Cost Push Inflation


Kenaikan biaya dapat menyebabkan inflasi. Sebagai tindak lanjut dari kenaikan biaya yang ada tentu saja perusahaan akan menaikkan harga jual dengan tujuan untuk tetap mendapat keuntungan. Berikut ini faktor yang menyebabkan dorongan biaya:

1. Upah

Dalam hal ini mencakup biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja atau sumber daya manusia yang digunakan. Meningkatnya biaya yang dikeluarkan untuk karyawan daripada produktivitas tentu saja dapat menyebabkan laba yang dapat lebih kecil

2. Harga Bahan Baku dan Energi

Dalam hal ini kenaikan harga bahan baku atau yang menjadi energi utama proses produksi, naiknya harga minyak dapat menjadi contohnya. Selain itu karena tidak adanya pasokan bahan baku karena bencana alam  juga dapat menjadi contoh.

3. Pajak

Biaya pajak yang naik tentu saja juga dapat menyebabkan cost push inflation. Naiknya pajak bea masuk seperti rokok akan menyebabkan pembebanan pajak kepada konsumen dengan kenaikan harga produk

4. Devaluasi

Dalam hal ini terdapat campur tangan pemerintah dimana nilai mata uang domestik turun dibanding dengan mata uang asing. Menyebabkan naiknya harga barang impor yang menjadi bahan baku produksi.

Simulasi Solusi Cost Push Inflation


Simulasi Solusi Cost Push Inflation


Untuk mengatasi permasalah cost push inflation tentu saja pemerintah harus membuat kebijakan yang lebih longgar untuk merangsang permintaan agregat agar tingkat harga dapat meningkat lagi. Hal ini tentunya akan memiliki akhir yang berbeda jika pemerintah memilih untuk melakukan kebijakan yang langsung ketat. Mungkin inflasi akan turun namun kebijakan ini akan memiliki dampak buruk terhadap pengangguran karena terjadinya resesi.

Selain itu perusahaan juga dapat mengurangi biaya produksi untuk membantu mengatasi cost push inflation. Selain itu pemerintah juga dapat memberikan bantuan berupa subsidi upah untuk karyawan agar biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahan menjadi lebih rendah. Produktivitas ekonomi juga dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia

Nah itulah pengertian dan juga contoh dari cost push inflation serta solusi yang bisa diambil untuk mengatasi jenis inflasi ini. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu terkait jenis inflasi yang satu ini. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022