Apa yang dimaksud dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)


Masa Pensiun merupakan kondisi yang pasti dihadapi oleh orang yang bekerja. Melewati masa pensiun yang sejahtera dengan keamanan finansial merupakan harapan semua orang. Salah satu langkah terbaik untuk mempersiapkan hal tersebut adalah dengan menggunakan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DLPK menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun Pemberi Kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Manfaat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)


1. Terdapat Jaminan Pendanaan di Masa Pensiun.
2. Terdapat Dana Pasti di Masa Pensiun.
3. Iuran menjadi pengurang pajak penghasilan (PPh 21).


Setelah mengetahui apa saja manfaat dari DPLK dan bagaimana program DPLK memiliki benefit yang sesuai dengan rencana keuangan, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah apa saja yang perlu diketahui saat memilih Dana Pensiun Lembaga keuangan (DPLK)


Hal yang Perlu di Perhatikan Dalam Memilih Dana Pensiun Lembaga keuangan (DPLK)


1.  Kemampuan Finansial

Pastikan program DPLK yang dipilih tidak mengganggu kesehatan finansial.


2. Waktu

Semakin cepat program DPLK diikuti maka akan semakin besar juga benefit yang didapatkan oleh peserta DPLK tersebut berdasarkan akumulasi waktu.


3. Benefit Program DPLK

Informasi mengenai benefit DPLK yang dipilih sudah jelas diketahui dan dipahami.


4. Tujuan Program DPLK

Benefit dari DPLK sudah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan peserta mengikuti program DPLK.


Rencana keuangan memerlukan disiplin dan langkah yang tepat, untuk mengetahu Langkah-langkah tersebut terdapat pada artikel ini

7 Langkah Finansial Planning untuk Keamanan dan Kenyamanan Keluarga.

Untuk mendapatkan informasi secara jelas, pastikan untuk menghubungi pihak penyelenggara DPLK yang dipilih. Pastikan untuk memahami manfaat dan kewajiban dari program DPLK yang dipilih. Untuk menikmati masa pensiun secara sejahtera diperlukan rencana keuangan yang matang, baik itu membuka usaha, investasi ataupun menikmati masa pensiun secara tenang di rumah.

Semua rencana tersebut akan memerlukan dana tertentu dan salah satu cara menjalankan rencana tersebut adalah dengan menggunakan Dana Pensiun Lembaga keuangan (DPLK).


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022