Apa Yang Harus Kita Lakukan Kalau Indonesia Resesi?


Di masa pandemi banyak negara yang terancam mengalami resesi. Tapi apa sih sebenarnya resesi itu? Resesi memiliki arti kelesuan atau kemunduran yang berarti adalah sebuah kondisi kemunduran dari aktivitas atau produktivitas ekonomi pada sebuah negara. Indikatornya ada beberapa versi namun menurut National Bureau of Economic Research ada 4 aspek yang mengalami penurunan yaitu Tingkat Pemasukan, Penyerapan Tenaga Kerja, Tingkat Produksi Ekonomi, dan Tingkat Konsumsi Masyarakat.

Secara Umum definisi yang paling populer mengenai resesi adalah pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product) negative selama 2 kuartal berturut-turut. Jadi resesi itu sendiri adalah potret kondisi ekonomi suatu negara di masa sebelumnya, sama seperti ketika kita pada saat sekolah mengambil rapor yang merupakan hasil dari belajar pada semester sebelumnya. Sedangkan di masa depan kondisi ekonomi adalah hal yang belum bisa diprediksi secara pasti apakah akan membaik atau memburuk.
Hal yang harus kita lakukan dalam kondisi ini adalah :

  1. Beradaptasi
    Kita sudah tidak bisa menjalani kehidupan seperti masa-masa sebelumnya di tengah pandemi. Dari cara berkomunikasi, bekerja, liburan harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Dan untuk perusahaan yang melakukan bisinis dengan adanya kerumunan masa juga harus mulai mengubah bisnis modelnya seperti event organizer, pusat perbelanjaan, dan pariwisata.
  2. Literasi Keuangan
    Mulailah memperbaiki pengelolaan keuangan yang baik karena saat ini adalah saat dimana ketidakpastian akan kita hadapi jadi alokasikan pengeluaranmu setepatsasaran mungkin dan lebih cermat dalam pengeloalan uang dalam instrument investasi yang ada.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022