5 PERAYAAN NATAL UNIK DARI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

image

Tanggal 25 Desember diperingati sebagai hari natal oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Pada tanggal tersebut identik dirayakan dengan suasana yang penuh suka cita. Namun tahukah kamu ternyata di berbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi natal yang unik yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Berikut 5 tradisi unik yang dirangkum oleh klikasuransiku.com :


1. Penjor - Bali

Penjor merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Kristiani Bali ketika menyambut hari natal. Gereja akan dihiasi oleh bambu dan janur, dan juga jemaat yang yang merayakannya akan mengenakan baju daerah ketika melakukan ibadah. Hal ini menjadikan Penjor sebagai sebuah tradisi peringatan natal yang sarat dengan kearifan lokal.


2. Barapen - Papua

Memasak daging babi pada tumpukan batu yang dibakar dan dijadikan sebagai jamuan makan bersama merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat papua dan disebut dengan Barapen. Pada saat hari natal tradisi ini juga sering kali dilakukan untuk menyambut lahirnya Kristus.


3. Lonceng dan Sirine - Ambon

Jangan kaget kalau kamu datang di kota Ambon pada saat perayaan natal dan mendengar suara nyaring dari lonceng dan sirine yang menggaung di penjuru kota. Tradisi ini berlangsung pada saat malam natal. Selain itu kamu juga akan banyak melihat kembang api yang dinyalakan oleh masyarakat lokal.


4. Wayang Kulit - Yogyakarta

Wayang kulit merupakan tradisi yang berasal dari tanah jawa. Salah satu daerah yang masih kental tradisi tersebut adalah Yogyakarta. Pada saat perayaan natal pertunjukan wayang kulit juga kerap kali diadakan, namun dengan tema "Kelahiran Kristus". Pastor maupun pendeta yang memimpin ibadah juga mengenakan pakaian tradisional seperti beskap dan blangkon.


5. Marbinda - Sumatra Utara

Tradisi marbinda di Sumatra Utara mirip dengan perayaan idul adha bagi umal muslim, yaitu dengan memotong hewan kurban. Mayarakat akan berpatungan untuk membeli hewan kurban biasanya kerbau atau babi tergantung dari jumlah uang yang terkumpul.

Tradisi-tradisi perayaan natal dari berbagai daerah menjadi kekayaan tersendiri bagi kita sebagai rakyat Indonesia. Buat kamu yang tengah mempersiapkan perayaan natal tetap jaga kesehatan ya.



Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022