EMPAT MANFAAT BEROLAHRAGA BAGI KESEHATAN OTAK

image

Setiap 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Peringatan ini menjadi pengingat bahwa olahraga adalah aktivitas penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun, olahraga juga memiliki manfaat bagi otak. Apa saja?


1. Menjaga Volume Sel Otak

Tanpa kita sadari, seiring bertambahnya usia, maka pertumbuhan sel otak akan melambat dan jaringan di otak akan menyusut. Namun, aktivitas olahraga justru akan membantu otak terhindar dari kondisi tersebut.


2. Mengurangi Stres

Saat seseorang mengalami stres, otak akan memproduksi kadar hormon kortisol. Meskipun normal dan membantu menghadapi stres, jika berlebihan maka hormon kortisol dapat berbahaya bagi kesehatan karena kehadirannya menekan fungsi beberapa sistem tubuh seperti pencernaan. Oleh karena itu, ketika stres melanda, maka berolahragalah untuk menurunkan kadar hormon kortisol.


3. Melawan Depresi

Di Indonesia terdapat sekitar 15,6 juta penduduk yang mengalami depresi. Depresi berakibat pada melambatnya kemampuan otak dalam memproses informasi. Aktivitas olahraga dapat membantu melawan depresi dengan meningkatkan produksi serotonin dan sopamin - dua zat yang berperan membuat diri merasa bahagia.


4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Olahraga akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif dari otak. Kemampuan tersebut membuat seseorang mampu tetap fokus pada tugas-tugas kompleks, mengatur berbagai hal, berpikir secara abstrak, hingga menjaga kinerja memori.

Empat hal tersebut menjadi alasan utama agar kita semua mulai sadar akan pentingnya berolahraga, tidak peduli seberapa padat aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Lengkapi kebiasaan olahraga dan gaya hidup sehat dengan memiliki asuransi kesehatan. Saat ini, berbagai produk asuransi sudah sangat mudah untuk dimiliki karena tersedia secara online. Selain segala prosesnya menjadi lebih cepat dan lebih mudah, seluruh syarat dan ketentuan telah dipaparkan secara jelas. Hal terpenting, nilai premi yang akan dibayarkan bisa disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan finansial keluarga. Asuransi Simas Jiwa merupakan salah satu penyedia layanan pembelian asuransi kesehatan secara online. Cukup masuk ke laman www.klikasuransiku.com, kurang dari 15 menit, asuransi kesehatan sudah berhasil dimiliki.



Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022