5 CARA MUDAH MERAIH KEMERDEKAAN FINANSIAL

image

Di tahun 2019 ini, Indonesia telah 74 tahun merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa lain. Dengan semangat kemerdekaan, seharusnya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Indonesia untuk ikut memerdekakan dirinya secara finansial.

Banyak orang berbeda-beda memaknai kemerdekaan finansial. Sebagian mengganggap kemerdekaan finansial adalah menjalankan hidup tanpa terbebani utang. Namun, ada pula yang memandang kemerdekaan finansial artinya memiliki aset atau harta yang melimpah.

Sebenarnya, menurut para perencana keuangan, merdeka secara finansial artinya adalah seseorang yang berhasil mencapai tiga tujuan keuangan, antara lain dana pendidikan anak, dana proteksi jiwa dan kesehatan, dan dana pensiun. Untuk bisa meraih tiga hal tersebut, tentunya butuh strategi dan perencanaan yang matang. Lalu, bagaimana caranya?


1. Membuat Rencana Anggaran Bulanan

Sering lupa ke mana saja membelanjakan penghasilan bulanan? Karena itu, mulai membiasakan diri untuk membuat rencana anggaran rutin akan sangat membantu dalam mengetahui pemasukan dan pengeluaran, sehingga lebih memahami kondisi keuangan pribadi. Hasilnya, seseorang akan lebih disiplin dalam memaksimalkan pendapatannya.


2. Mengurangi Utang Konsumtif

Berbagai jenis pinjaman yang digunakan untuk kegiatan konsumsi dan tidak memiliki nilai tambah adalah utang konsumtif. Contohnya seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit kepemilikan gadget, dan sejenisnya. Kemerdekaan finansial dapat dicapai salah satunya dengan mengurangi utang konsumtif sehingga kondisi keuangan tidak terbebani terlalu lama.


3. Mengganggarkan Dana Darurat

Sesuai namanya, dana darurat dibutuhkan untuk membiayai hal-hal yang bersifat mendesak, seperti biaya pengobatan, biaya tidak terduga, dan lain-lain. Cara mudah mengganggarkan dana darurat adalah dengan menyisihkan minimal 10% dari penghasilan. Kumpulkan hingga jumlahnya mencapai tiga sampai enam kali besar pengeluaran rutin.


4. Berinvestasi Sejak Dini

Ingin merdeka secara finansial tapi belum mulai berinvestasi? Pastinya akan sulit tercapai. Investasi akan mendukung pencapaian tujuan keuangan. Misalnya, seseorang ingin memenuhi kebutuhan dana sekolah anak hingga tingkat pendidikan tinggi. Maka, yang harus dilakukan adalah menghitung berapa besarnya dana yang dibutuhkan, berapa sisa waktu yang dimiliki untuk mewujudkannya, dan pilihan instrumen keuangan atau produk investasi yang tepat. Berbagai jenis produk investasi bisa menjadi pilihan, tergantung dari target waktu penggunaan dana dan profil risiko seseorang. Beberapa contohnya adalah reksa dana, saham, emas, atau properti.


5. Memiliki Produk Proteksi

Setiap orang pasti memiliki risiko yang bisa mengacaukan kondisi finansial. Contohnya, jatuh sakit atau meninggal dunia. Dua kondisi tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, memiliki produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah cara mudah untuk mengelola risiko tersebut. Terlebih asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saat ini sudah semakin mudah untuk dimiliki karena sistem online. Cukup masuk ke laman www.klikasuransiku.com, kurang dari 15 menit, produk asuransi sudah berhasil dimiliki.



Share :





Artikel Lain


Empat Rekomendasi Buku Investasi

Selengkapnya

Mudah Belajar Menabung Dengan Metode Ini

Selengkapnya

Investasi Sebagai Bagian Perencanaan Keuangan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018