5 HAL YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MEROKOK

image

Tanggal 31 Mei lalu ramai diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day. Gerakan ini diperingati di seluruh dunia setiap tahunnya untuk menyerukan kepada para perokok agar "berpuasa" tidak merokok selama 24 jam.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok adalah salah satu komoditas yang paling berbahaya untuk kesehatan. Aktivitas merokok telah terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, dan lain-lain. Meskipun demikian, tetap saja rokok masih dijual bebas dan bisa didapatkan dengan mudah.

Menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), 51,1% masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Ini adalah angka tertinggi di Asia Tenggara.

Sebagian masyarakat yang ingin berhenti merokok, mungkin terkendala mencari cara berhenti merokok yang efektif. Bagaimana tidak, jika sudah bertahun-tahun ?berkecimpung? dalam kebiasaan merokok, maka pastinya akan kesulitan menghentikannya.

Jika ingin berhenti merokok, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Menggunakan produk pengganti nikotin
    Seorang perokok aktif biasanya akan merasa frustrasi ketika asupan nikotin terhenti. Hal ini yang sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Karena itu, jika ingin berhenti merokok, disarankan untuk datang ke sesi terapi di psikiater untuk mendapatkan Nicotine-Replacement Therapy (NRT). Terapi pengganti nikotin ini dapat membantu meringankan rasa frustrasi tersebut.

    Beragam produk media NRT akan ditawarkan sebagai salah alternatif pengganti rokok. Contohnya adalah permen karet nikotin, tablet isap, transdermal atau 'koyo' nikotin, hingga obat semprot hidung atau mulut.

    Produk NRT bekerja dengan cara melepaskan nikotin dalam kadar rendah ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin.

  2. Mengikuti konseling atau terapi
    Salah satu cara berhenti merokok adalah dengan mengikuti konseling atau terapi perilaku. Kebiasaan merokok dapat dikategorikan sebagai kecanduan psikologis. Sehingga terapi perilaku dapat membantu untuk fokus pada niat dan usaha untuk berhenti merokok. Biasanya terapi ini dilakukan dengan berbicara pada konselor dalam sesi psikoterapi, atau dilakukan dalam sesi per kelompok.

  3. Menghindari faktor utama
    Jika ingin berhenti merokok, semaksimal mungkin hindarilah faktor utama penyebab kebiasaan merokok. Contohnya: mengurangi konsumsi minuman berkafein, berkumpul dengan sesama perokok, atau mengunyah permen karet setelah makan agar tidak tergoda untuk merokok.

  4. Mengurangi secara bertahap
    Niat untuk berhenti merokok harus disertai dengan komitmen untuk mengurangi konsumsi rokok secara bertahap. Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang akan dikurangi setiap harinya. Misalnya, hanya satu batang rokok dalam dua hari, atau tiga batang untuk satu minggu. Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu hingga benar-benar berhenti total.

  5. Menerapkan pola makan sehat
    Pola makan sehat bukan hanya untuk efektif untuk menjaga kondisi tubuh, tapi juga untuk penting untuk mengurangi kebiasaan merokok. Jika terbiasa merokok, beberapa orang merasa kurang berselera makan karena efek nikotin terhadap indera perasa. Menjalani pola makan sehat bisa menjadi langkah mengurangi konsumsi rokok sekaligus menutrisi tubuh.
Berhenti merokok berarti memberikan diri kesempatan untuk hidup lebih baik, lebih sehat, dan lebih lama. Selamat mencoba!


Share :





Artikel Lain


Tren Keuangan di 2019

Selengkapnya

Hal-Hal Simpel yang Perlu Diperhatikan Sebelum Nonton Konser

Selengkapnya

Kriteria Ayah Modern Untuk Menjadi Panutan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018