EMPAT CARA MENJAGA DIRI DARI BAHAYA NARKOBA

image

Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional. Peringatan ini bertujuan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global untuk melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal. Tidak dapat dimungkiri, penyalahgunaan dan peredaran gelap obat-obatan terlarang semakin marak di tengah masyarakat. Bahkan dalam lima tahun terakhir, konsumsi narkoba sintetis kian marak dan semakin banyak dipasarkan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pernah menyampaikan data bahwa kurang lebih ada 50 orang di Indonesia yang meninggal dunia setiap hari karena penyalahgunaan narkoba. Artinya, ada sekitar 18.000 jiwa meninggal dunia setiap tahunnya karena penggunaan narkoba. Angka itu belum termasuk 4,2 juta pengguna narkoba yang direhabilitasi dan 1,2 juta pengguna yang tidak dapat direhabilitasi. Berbagai program-program pencegahan dan pemberantasan narkoba telah dilakukan oleh pemerintah. Keluarga dan orang-orang terkasih tetap menjadi benteng pertama untuk menekan angka prevalensi penyalahgunaan narkotika, khususnya pada kelompok generasi muda. Berikut empat tips untuk melindungi diri dari paparan obat-obatan terlarang.

  1. Menggali informasi sebanyak-banyaknya
    Langkah awal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggali beragam informasi terkait jenis-jenis narkoba dan efek samping dari penyalahgunaannya. Ketidaktahuan seringkali menjadi alasan awal dari pecandu narkoba untuk mencoba-coba.

  2. Mengikuti beragam aktivitas yang positif
    Jika aktif bergabung dengan komunitas hobi atau mengikuti aktivitas yang positif, maka akan mengurangi terpapar oleh perilaku negatif. Bangun pula kebiasaan berdiskusi dengan anggota keluarga atau orang-orang terkasih tentang hal-hal yang harus dihindari dalam berteman, bagaimana cara mengambil keputusan yang bertanggung jawab, dan cara mengenali lingkungan pergaulan yang baik.

  3. Membangun keterikatan emosional
    Apapun yang terjadi dan menimpa, keluarga akan selalu menjadi sebaik-baiknya tempat berlindung. Oleh karena itu, perlu untuk membangun keterikatan emosional dengan anggta keluarga agar tercipta situasi yang harmonis dan kondusif.

  4. Menjaga diri
    Jika menemukan kenyataan bahwa ada anggota keluarga, kerabat, teman, atau bahkan pasangan yang menjadi pecandu narkoba, maka jagalah diri sebaik-baiknya. Jangan jauhi orangnya, namun jauhi barang terlarang tersebut. Dengan memiliki perlindungan diri yang kuat dan berpendirian mantap, maka akan dengan mudah untuk menolak narkoba.


Share :





Artikel Lain


Tren Keuangan di 2019

Selengkapnya

Hal-Hal Simpel yang Perlu Diperhatikan Sebelum Nonton Konser

Selengkapnya

Kriteria Ayah Modern Untuk Menjadi Panutan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018