TIPS TETAP BUGAR SAAT BERPUASA


Bulan suci Ramadan telah tiba. Artinya, umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tidak dapat dimungkiri bahwa ketika berpuasa, tubuh akan terasa lebih lemas karena tidak mendapat asupan selama kurang lebih 14 jam. Sedangkan, aktivitas sehari-hari tidak bisa ditinggalkan. Karena itu kondisi tubuh yang bugar saat menjalani ibadah puasa menjadi harapan setiap Muslim. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa?

  1. Mengurangi Tidur di Siang Hari
    Berpuasa tidak menjadi halangan untuk berhenti beraktivitas. Tetap aktif mengerjakan sesuatu di bulan puasa justru sangat penting untuk menyeimbangkan kondisi tubuh. Banyak orang berpendapat bahwa agar tubuh tidak cepat lelah adalah dengan tidur. Padahal, tidur menjadi aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi lemas. Alasannya, saat seseorang sedang tidur, tubuh membutuhkan cairan. Karena saat berpuasa tubuh kekurangan cairan, ketika ia bangun dari tidur, maka tubuhnya akan terasa lebih lemas daripada sebelumnya.

  2. Mengatur Nutrisi dan Asupan
    Penting untuk memiliki manajemen nutrisi dan waktu makan, utamanya saat berbuka puasa dan sahur. Saat berbuka puasa, mulailah dengan minum air putih untuk merehidrasi tubuh. Setelah itu, pulihkan energi dengan mengkonsumsi kurma karena buah ini kaya serat dan memiliki kandungan gula alami. Semaksimal mungkin hindari minuman bersoda dan berkadar gula tinggi karena bisa cepat menaikkan kadar gula sehingga menyebabkan rasa kantuk. Sedangkan pada saat sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi merah atau roti gandum. Karena berserat tinggi, makanan tersebut akan dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga bisa menahan lapar lebih lama. Yang terpenting, penuhi asupan air putih minimal dua liter atau delapan gelas per hari. Pengaturannya adalah dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas saat sahur.

  3. Lakukan Olahraga Ringan
    Melakukan kegiatan olahraga ketika berpuasa akan menjaga tubuh tetap bugar. Contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, bersepeda, atau gerakan yoga ringan. Durasinya tidak perlu terlalu lama. Cukup 20-30 menit menjelang berbuka puasa.

  4. Berkonsultasi ke Dokter
    Sebelum berpuasa, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya adalah untuk menghindari keluhan-keluhan mengenai kesehatan yang berdampak buruk pada tubuh. Selain itu, bekali diri sendiri dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan agar jika terjadi keluhan seputar kesehatan saat berpuasa dapat ditanggung biaya pengobatannya oleh asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan kini dapat dilakukan secara online agar bisa leluasa memilih produk yang manfaatnya sesuai kebutuhan. Kunjungi laman www.klikasuransiku.com mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dari Simas Jiwa.


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022