EMPAT REKOMENDASI BUKU INVESTASI

image

Sudah bukan rahasia lagi, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat menyedihkan. Menurut studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, minat baca masyarakat Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara. Peringkat itu di atas Botswana (61) dan di bawah Thailand (59).

Bukan hanya minat baca yang rendah, minat investasi masyarakat Indonesia juga masih rendah. Survei yang dilakukan oleh situs perencana keuangan Finansialku.com menemukan fakta bahwa delapan dari 10 karyawan milenial belum berinvestasi. Padahal, mereka sudah tahu manfaatnya.

Memperingati Hari Buku Nasional pada 17 Mei ini, kami akan merekomendasikan beberapa buku yang layak dibaca untuk membuka wawasan seputar pentingnya investasi. Karena dibandingkan harus trial dan error, membaca buku mengenai investasi menjadi cara belajar yang efektif. Minimal telah memahami secara fundamental.

Berikut beberapa buku investasi terbaik yang dapat memberikan wawasan bisnis dan keuangan bagi investor pemula:


1. Think and Grow Rich (1937) karya Napoleon Hill

Buku yang dinobatkan sebagai Buku Investasi Terlaris Sepanjang Masa ini berisi hasil penelitian Napoleon Hill terhadap berbagai aspek dalam kesuksesan seseorang. Terdapat 13 prinsip penting yang dituliskan Hill dalam buku ini berdasarkan pengalamannya bersosialisasi dan bersinergis dengan orang-orang kaya di lingkungannya. Buku ini memberikan wawasan berharga tentang psikologi kesuksesan.

Meskipun buku ini ditulis 82 tahun yang lalu, hingga saat ini "Think and Grow Rich" masih banyak dicari dan dibaca banyak orang. Sangat wajar jika buku ini telah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.


2. Beating the Street (1994) karya Peter Lynch

Peter Lynch dianggap sebagai "legenda" dalam dunia investasi karena kesuksesannya sebagai investor di pasar saham. Lynch memulai perjalanannya di dunia investasi sebagai karyawan magang di Fidelity Investments pada pertengahan tahun 1960-an.

Buku "Beating the Street" ini berisi pemikiran Lynch tentang pentingnya keberanian dalam memutuskan apakah akan membeli atau menjual saham. Sebab keputusan-keputusan itulah yang akan menjadi kunci penting, apakah sebuah investasi bisa memberikan imbal hasil yang tinggi setiap tahunnya.


3. The Intelligent Investor (1949) karya Benjamin Graham

Buku yang dipuji oleh Warren Buffett sebagai buku investasi terbaik ini ditulis tahun 1949. Benjamin Graham dianggap sebagai "Bapak Investasi yang Bernilai Tinggi".

Dalam buku ini, Graham menggali sejarah pasar saham dan memberikan pemahaman akan pentingnya melakukan analisis fundamental terhadap sebuah saham.


4. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America (1997) karya Warren Buffett

Buku yang ditulis oleh salah satu orang terkaya di dunia ini menjadi salah satu pilihan tepat bagi yang ingin belajar berinvestasi. Dalam buku ini, Buffett mengungkapkan beberapa hal penting dalam menjalankan perusahaan.

Melalui buku kumpulan esay ini, investor muda bisa belajar mengenai manajemen perusahaan, tata kelola keuangan, investasi, merger dan akuisisi, kebijakan akuntansi, hingga masalah pajak.

Sejumlah buku investasi di atas bisa menjadi pilihan karena buku-buku tersebut berisi pengalaman dan berbagai tips terbaik untuk memulai investasi. Semoga setelah membaca buku-buku tersebut, berbagai keputusan investasi yang dilakukan akan tepat sasaran.



Share :





Artikel Lain


Empat Rekomendasi Buku Investasi

Selengkapnya

Mudah Belajar Menabung Dengan Metode Ini

Selengkapnya

Investasi Sebagai Bagian Perencanaan Keuangan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018