HARAPAN TERHADAP ANGKUTAN UMUM DI INDONESIA


Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa setiap 24 April diperingati sebagai Hari Angkutan Nasional. Ketidaktahuan tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya informasi terkait latar belakang dan sejarah angkutan nasional.

Meskipun tidak banyak yang tahu tentang peringatan Hari Angkutan Nasional, tak ada yang memungkiri bahwa transportasi umum punya peranan penting dalam mobilitas masyarakat. Hampir semua orang mengandalkan angkutan umum untuk melakukan berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sejak masa kolonial, masyarakat Indonesia sudah mengenal berbagai jenis alat transportasi umum. Mulai dari delman yang mengandalkan tenaga kuda sebagai penggeraknya, kemudian trem ? sejenis kereta listrik yang jalurnya melintas di jalan umum, lalu becak, bemo, bajaj, oplet, hingga mikrolet.

Modernisasi, tingkat mobilitas yang terus meningkat, dan tuntutan kenyamanan dari pengguna, membuat jenis angkutan umum kian beragam, seperti hadirnya taksi dengan argometer, ojek dan taksi online, hingga Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit; MRT) yang baru-baru ini diresmikan.

Meskipun demikian, riset dari Departemen Perhubungan mengungkapkan fakta bahwa di Jakarta Raya, angka perjalanan mencapai 47,5 juta perjalanan/hari di tahun 2015, namun hanya 2% yang menggunakan jasa transportasi umum. Persentase penumpang transportasi umum juga rendah, sekitar 19,8% di Jakarta dan 20% di pinggiran kota.

Dari hasil riset tersebut, tidaklah mengherankan jika perilaku tersebut mengakibatkan kemacetan parah di ibukota. Solusi pemerintah untuk mengatasi masalah kemacetan dengan membangun MRT tampaknya masih belum cukup untuk mengatasi kemacetan Jakarta.

Di Hari Angkutan Nasional ini, beberapa harapan masyarakat terkait transportasi umum di Indonesia dikumpulkan dari beberapa sumber.

  1. "Transportasi umum harus tepat waktu!"
    Ketepatan waktu masih menjadi alasan klasik angkutan umum di Indonesia. Dapat ditemui setiap harinya sejumlah angkutan yang tidak datang tepat waktu sehingga selalu menjadi keluhan. Masalah ketidaktepatan waktu ini terjadi karena ketidakpekaan pengemudi angkutan terhadap waktu, jalur khusus angkutan yang tidak steril, hingga buruknya perawatan kendaraan sehingga angkutan menjadi sering mogok di tengah perjalanan.

  2. "Kenyamanan angkutan umum harus diutamakan!"
    Ingin merasakan kenyamanan psikologis saat menaiki angkutan umum adalah impian setiap orang. Namun, jika angkutan umum sering tidak berfungsi dengan baik, terlebih tidak disertai dengan kedisiplinan pengendara dan penggunanya, maka makin jauh juga tercapainya kenyamanan psikologis

  3. "Sediakan fasilitas yang memadai!"
    Jika fasilitas di dalam angkutan umum disediakan secara memadai, maka masyarakat tidak akan sungkan menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Sebut saja fasilitas kursi, pendingin ruangan (AC), dan kamera pengawas (CCTV) agar bisa memantau berbagai kejadian sehingga bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  4. "Integrasikan semua moda transportasi umum!"
    Salah satu masalah transportasi umum adalah integrasi. Jika semua jaringan transportasi umum dapat terintegrasi dengan baik, maka akan tercipta pemanfaatan ruang yang lebih terpadu. Sebuah studi menunjukkan bahwa di kota padat seperti Madrid, Spanyol, emisi gas rumah kaca justru rendah. Penyebabnya adalah karena volume penggunaan angkutan umum yang tinggi.

Agar lebih nyaman saat menggunakan moda transportasi umum, bekali diri dengan memiliki asuransi jiwa. Kini pembelian asuransi jiwa bisa dilakukan secara online, sehingga lebih cepat dan lebih mudah. Cukup kunjungi laman klikasuransiku.com, pilih jenis asuransi yang diinginkan, mengisi data diri, kemudian menentukan besaran premi perbulan. Kurang dari 15 menit, asuransi jiwa sudah berhasil dimiliki.


Share :





Artikel Lain


Tren Keuangan di 2019

Selengkapnya

Hal-Hal Simpel yang Perlu Diperhatikan Sebelum Nonton Konser

Selengkapnya

Kriteria Ayah Modern Untuk Menjadi Panutan Keluarga

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
klikasuransiku.com - 2018