Simak Rincian Biaya USG di Bidan Terbaru dan Jenis Layanannya


Hamil merupakan momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan suami istri. Dimana momen ini adalah momen yang sangat membahagiakan. Namun, saat dinyatakan positif hamil sebaiknya harus segera memeriksakannya di dokter kandungan ataupun bidan. Hal ini dilakukan supaya kamu mendapatkan pemeriksaan yang tepat. Untuk itu, Klik People sebaiknya mengetahui berapa estimasi biaya USG di bidan.

Meski usia kandungan masih dalam trimester pertama tetapi sudah bisa dilakukan pemeriksaan USG. Jika dahulu pemeriksaan USG hanya bisa dilakukan di dokter kandungan, saat ini USG juga bisa dilakukan di bidan. Tentu ini sangat membantu karena biayanya jauh lebih terjangkau dibandingkan USG di rumah sakit ataupun klinik.

Lalu, berapa biaya USG di bidan terbaru dan apa saja jenis layanannya? Inilah informasi yang bisa Klikasuransiku berikan. Yuk, simak!

Simak Rincian Biaya USG di Bidan Terbaru dan Jenis Layanannya

USG merupakan metode pemeriksaan untuk melihat kondisi janin dalam kandungan. Metode pemeriksaan ini menggunakan teknologi gelombang suara ultrasonik sehingga sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Dengan melakukan USG di awal kehamilan, jika ada masalah pada janin bisa diketahui sejak dini.

Dalam setiap kehamilan disarankan untuk melakukan USG sebanyak 3 kali. Artinya dalam satu trimester bisa melakukan USG satu kali. Meski USG itu aman untuk ibu dan janin tetapi masih banyak yang tidak melakukannya saat masa kehamilan. Alasannya karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit sehingga bagi kelas menengah ke bawah itu sangat memberatkan. Padahal saat ini USG bisa dilakukan di bidang dengan harga yang lebih terjangkau.

Inilah beberapa layanan dan biayanya:

1. Layanan USG 2D


Penjelasan dan biaya Layanan USG 2D


Jenis layanan USG 2D menjadi layanan yang paling banyak diberikan oleh bidan-bidang di Indonesia. USG 2D itu sendiri merupakan jenis pemeriksaan kehamilan yang menggunakan teknologi 2 dimensi. USG 2D menjadi pemeriksaan kehamilan pertama yang ada di dunia medis. Hasil pencitraan dari USG 2D berupa gambar datar dan bisa menampilkan gambar organ bayi dalam kandungan.

Jenis layanan USG ini biasanya digunakan saat pemeriksaan kehamilan di trimester pertama. Jika janin dalam kandungan dalam keadaan yang sehat tetap bisa menggunakan layanan USG ini. Akan tetapi, jika ditemukan kelainan pada janin biasanya akan disarankan untuk menggunakan jenis layanan USG dengan teknologi yang lebih canggih lagi, misalnya USG 3D atau 4D.

Jenis layanan USG 2D menjadi yang paling banyak dipilih oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan USG ini bisa dilakukan di bidan. Selain itu, perihal biaya yang dikeluarkan juga sangat terjangkau. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk USG di bidang yang praktik di klinik yaitu berkisar Rp 40.000-Rp 300.000.

Namun, secara umum USG 2D di bidan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000.  Dengan harga sebesar itu kamu sudah bisa melakukan USG 2D dan mendapatkan hasil cetakannya.

2. Layanan USG 3D dan 4D


Wanita Belanja Mengerti Keinginan


Jenis layanan USG di bidang selanjutnya adalah layanan USG 3D dan 4D. Untuk jenis layanan ini masih jarang dibuka oleh bidan. Namun, di kota-kota besar ternyata ada juga bidan yang membuka layanan USG 3D atau 4D.

Layanan USG 3D adalah pemeriksaan kandungan yang menggunakan teknologi lebih canggih dibandingkan USG 2D. Hasil dari USG 3D jauh lebih nyata dan detail dimana wajah bayi beserta organ-organnya terlihat lebih jelas. Apabila ditemukan kelainan pada janin maka bisa dideteksi dengan baik.

Meski hasil USG 3D sudah cukup bagus ternyata masih ada layanan USG yang lebih canggih lagi yaitu USG 4D. Apabila kamu sedang hamil dan melakukan USG 4D maka akan melihat gerak janin dalam kandungan secara real time. Untuk layanan USG 4D masih sangat sulit ditemukan di praktik bidan. Ini dikarenakan biaya USG 4D sangat mahal.

Untuk biaya USG di bidan dengan jenis layanan USG 3D juga sangat terjangkau. Dimana kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 saja. Jika harga tersebut masih dianggap mahal, USG ditanggung oleh BPJS Kesehatan sehingga harus dimanfaatkan. Untuk bisa menggunakan BPJS Kesehatan diharuskan untuk mendapatkan surat rujukan dari Faskes I.

Manfaat USG Saat Kehamilan


penjelasan Manfaat USG Saat Kehamilan


Setelah mengetahui rincian biaya USG di bidan dan jenis layanannya, kamu perlu mengetahui tentang manfaat USG saat masa kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan:

1. Manfaat USG di Trimester Pertama Kehamilan (Kurang dari 12 Minggu)

Ada banyak manfaat melakukan USG di trimester pertama, seperti untuk mengonfirmasi kehamilan, untuk menentukan usia kehamilan dan estimasi waktu lahir bayi, dan untuk memeriksa detak jantung janin dalam kandungan. USG juga sangat bermanfaat untuk melihat apakah janin yang Klik People kandung, merupakan anak kembar atau bukan.

Dengan USG, kamu juga bisa memeriksa kondisi plasenta, ovarium, serviks dan juga uterus, mengidentifikasi kelainan pada janin, serta untuk mendiagnosis risiko kehamilan ektopik. Sangat besar bukan manfaat USG pada trimester pertama?

2.  Manfaat USG di Trimester Kedua dan Ketiga  (12-40 Minggu)

Pada trimester kedua dan ketiga, USG juga sangat bermanfaat untuk kandungan. Manfaat pertama adalah untuk mengetahui jenis kelamin janin. Kedua, untuk mengukur fundus uteri dan Untuk mengukur kadar cairan ketuban dan memastikan janin mendapatkan oksigen dengan cukup untuk tumbuh kembangnya.

USG juga bermanfaat untuk memantau posisi dan perkembangan janin, mengkonfirmasi kehamilan kembar, serta untuk mengkonfirmasi kematian intrauterus. Dokter juga akan memeriksa risiko cacat lahir, kelainan struktural dan masalah pada janin melalui USG pada trimester ini.

Itulah informasi lengkap mengenai rincian biaya USG di bidan terbaru dan jenis layanannya. Dari ulasan diatas diketahui bahwasanya biaya USG yang dilakukan di bidan memang jauh lebih murah dibandingkan USG di dokter kandungan. Dengan biaya yang lebih murah, namun manfaatnya yang besar, maka jangan sampai melewatkan USG selama kehamilan ya Klik People! 


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022