Kebutuhan atau Keinginan? Kenali Perbedaannya Berikut Ini


Di dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali tidak dapat membedakan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga kadang mendorong sifat boros muncul. Perbedaan kebutuhan dan keinginan memang kadang tidak mudah untuk dimengerti bahkan oleh diri kita sendiri. Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa kebutuhan dan keinginan itu tidak ada perbedaannya.

Mengapa Klik People sebaiknya memahami apa saja yang membedakan kebutuhan dan keinginan? Salah satu tujuannya agar dapat mengatur dan mempergunakan keuangan sebaik mungkin. Utamakan kebutuhan dulu, baru jika ada kelebihan bisa dipakai untuk memenuhi keinginan.

Jangan sampai terbalik karena bisa membuat uang Klik People habis sia-sia. Nah, supaya bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, berikut perbedaan mendasar dari keduanya yang bisa Klikasuransiku berikan.

Mengenali Pengertian Kebutuhan


Mengenali Pengertian Kebutuhan dari gaya hidup dan belanja


Pertama-tama pahami dulu apa yang dimaksud dengan kebutuhan, supaya Klik People dapat membedakannya dengan keinginan. KBBI mengartikan kebutuhan sebagai sesuatu ataupun hal yang dibutuhkan oleh seseorang dan harus dipenuhi supaya dapat mencapai kepuasan secara jasmani maupun rohani. Tujuannya agar mempertahankan keberlangsungan hidup manusia. Kebutuhan itu sendiri secara umum dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu :

1. Kebutuhan Menurut Intensitasnya

Kebutuhan manusia menurut intensitasnya dibagi menjadi empat yaitu kebutuhan mutlak, kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dari keempatnya kebutuhan mutlak lah yang harus dipenuhi pertama kali karena kalau tidak manusia tidak dapat bertahan dalam kehidupan. Contohnya seperti kebutuhan akan makanan dan minuman.

2. Kebutuhan Menurut Waktunya

Jenis yang kedua yaitu kebutuhan menurut waktu pemenuhannya apakah harus segera atau masih bisa ditunda. Kebutuhan menurut waktu ini terdiri dari kebutuhan mendesak, kebutuhan sekarang dan kebutuhan di masa yang akan datang.

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya

Masih ada lagi kebutuhan menurut sifatnya yang dibedakan lagi menjadi dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Makan, minum dan olahraga adalah contoh kebutuhan untuk jasmani sedangkan liburan adalah kebutuhan rohani manusia.

4. Kebutuhan Menurut Subjeknya

Sementara itu kebutuhan menurut subjeknya terdiri dari kebutuhan individu atau perorangan dan kebutuhan kelompok misalnya kebutuhan masyarakat di suatu kampung untuk memperbaiki jalan.

5. Kebutuhan Menurut Sosial Budaya

Terakhir adalah kelompok kebutuhan menurut sosial budaya yang terdiri dari kebutuhan sosial dan kebutuhan psikologis.

Pengertian Keinginan


Wanita Belanja Mengerti Keinginan


Lalu apa yang dimaksud dengan keinginan itu? Keinginan atau wants merupakan perasaan atau harapan untuk dapat memiliki dan memenuhi sesuatu. Contohnya kalau Klik People menginginkan liburan ke Korea artinya, sedang memiliki harapan untuk pergi ke sana dan berusaha untuk memenuhinya dengan berbagai cara.

Akibatnya orang yang tidak pandai mengendalikan harapan atas sesuatu tersebut, bisa menyebabkan pada buruknya pengelolaan keuangan bahkan tidak jarang menyebabkan utang. Keinginan manusia dapat muncul karena pengaruh kepribadian, budaya, pergaulan, pengetahuan dan juga preferensi atau pilihan kita.

Jika kebutuhan harus dipenuhi supaya manusia dapat bertahan hidup namun keinginan tidaklah seperti itu. Keinginan bukanlah sesuatu yang esensial atau sangat penting dalam kehidupan kita.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan


Mebeli barang - barang di perbelanjaan


Supaya bisa mengenali apakah sesuatu tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan maka Klik People harus mengetahui perbedaan diantara keduanya. Inilah cara mudah untuk mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan tersebut.

1. Menurut Sifatnya

Kebutuhan dan keinginan dapat dibedakan dengan melihat sifatnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang sifatnya objektif yaitu pada dasarnya setiap manusia akan mempunyai kebutuhan yang sama seperti makan, minum, sandang, papan dan lainnya untuk dapat mempertahankan hidupnya.

Sedangkan sifat dari keinginan adalah hal-hal yang subjektif, sehingga antara satu orang dengan lainnya pastilah akan berbeda. Keinginan erat hubungannya dengan pilihan hidup seseorang yang sangat dipengaruhi oleh sosial budaya.

2. Menurut Fungsinya

Kebutuhan memiliki fungsi dan manfaat dalam keberlangsungan hidup manusia, sehingga jika tidak dipenuhi bisa mendatangkan masalah seperti terganggunya kesehatan. Sedangkan jika keinginan tidak dapat dicapai maka sebenarnya tidak akan ada hal-hal yang terjadi pada diri kita kecuali perasaan kecewa saja.

3. Menurut Motivasinya

Jika sesuatu hal tersebut harus dipenuhi untuk mencapai kepuasan jasmani dan rohani serta bertahan hidup maka disebut sebagai kebutuhan. Sedangkan jika sesuatu tersebut hanyalah sekedar harapan agar dapat dimiliki atau dipenuhi maka menjadi keinginan saja.

4. Menurut Perubahannya

Perbedaan lainnya yaitu kebutuhan sifatnya konstan atau menetap dari waktu ke waktu sementara jika sekedar keinginan bisa saja berubah dari hari ke hari.

5. Menurut Pengaruhnya pada Diri

Kebutuhan harus dipenuhi agar fungsi dan manfaatnya dalam kehidupan dapat dirasakan oleh manusia. Misalnya kebutuhan makan harus dipenuhi supaya tidak sakit dan aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan normal.

Sedangkan keinginan lebih menekankan kepada kepuasaan diri saja tanpa adanya manfaat yang penting. Contohnya ingin pergi liburan kalau terpenuhi maka diri merasa puas namun jika tidak dipenuhi juga tidak akan berpengaruh pada kehidupan.

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Dalam kehidupan ini penting sekali mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan supaya kita bisa mendahulukan hal-hal pokok terlebih dahulu. Kita tidak mungkin menunda untuk membeli makanan dan minuman hanya untuk memenuhi keinginan membeli baju baru misalnya. Kalau kita tidak membeli makanan dan minuman, maka ada akibat yang bisa saja terjadi dan mengganggu kehidupan seperti jatuh sakit misalnya.

Artinya, kebutuhan seringkali memang tidak dapat ditunda pemenuhannya agar kita dapat menjaga keberlangsungan hidup. Sementara keinginan masih bisa ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan karena tidak ada pengaruhnya pada kehidupan.

Mengetahui mana yang menjadi kebutuhan dan apa saja yang sekedar keinginan sangat berpengaruh dalam pengelolaan keuangan. Kebutuhan dan keinginan sama-sama membutuhkan uang dalam pemenuhannya.

Kebutuhan adalah sesuatu yang seringkali memang harus dipenuhi saat ini juga sehingga harus didahulukan. Mendahulukan kebutuhan ikut membantu Klik People mengelola keuangan dengan baik sehingga kondisi ekonomi dapat terjaga. Sementara keinginan dapat ditunda pemenuhannya sampai ada dana yang tersisa dan tidak digunakan. 


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022