10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Beserta Kandungannya


Berbicara tentang buah lemon, banyak sekali manfaat yang dapat dituai dari buah satu ini. Manfaat-manfaat tersebut tentu diperoleh dari kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah lemon. Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat lemon untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Namun sebelum itu, simak kandungan-kandungannya terlebih dahulu di bawah ini.

Kandungan Buah Lemon


Kandungan Buah Lemon

Berbagai manfaat dari buah lemon tidak bisa kamu lepaskan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari tiap 100 gram lemon diantaranya adalah air, kalori, karbohidrat, dan protein. Tidak hanya itu, lemon juga mengandung serat, gula, dan juga lemak.

Itulah kandungan dalam buah lemon yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Sementara kandungan utama buah lemon untuk kesehatan ada pada karbohidrat, serat, vitamin C dan nutrisi mikro lain, serta senyawa tumbuhan (meliputi asam sitrat, hesperidin, diosmin, eriocitrin, dan d-limonene).

10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi buah lemon yang bermacam-macam, berikut ini 10 manfaat buah lemon untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat satu ini merupakan manfaat utama buah lemon. Manfaat ini diperoleh dari kandungan utama pada buah lemon, yakni vitamin C dan antioksidan. Daya tahan tubuh yang kuat dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

2. Memelihara Kesehatan Jantung


Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan buah lemon yang berupa antioksidan, serat, dan vitamin terbukti dapat mencegah penyempitan pembuluh darah, menjaga tekanan darah, dan mengatasi kolesterol. Kombinasi manfaat tersebut dapat meminimalisir penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke.

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah lemon selanjutnya adalah menyehatkan saluran pencernaan. Manfaat tersebut didapat dari kandungan pektin yang ada di dalam buah lemon. Pektin merupakan salah satu jenis serat larut yang berkhasiat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi. Selain itu, kandungan serat pada buah lemon juga dapat membuat pencernaan karbohidrat melambat dan mencegah gula darah naik secara drastis.

4. Mencegah Anemia Defisiensi

Salah satu penyakit yang timbul karena kekurangan zat besi adalah anemia defisiensi. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan jumlah sel darah merah berkurang sehingga membuat penderita sering kali merasakan lelah dan lemas sebab asupan oksigen tidak tercukupi. Kamu dapat mencegah penyakit ini dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan penyerapan zat besi.

5. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Kandungan senyawa tumbuhan yang berupa asam sitrat dalam lemon dapat meningkatkan nilai dan volume Ph urine. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari risiko pembentukan batu ginjal. Tidak hanya mencegah, buah lemon dipercaya mampu memecah batu ginjal yang sudah terbentuk sebelumnya menjadi beberapa bagian lebih kecil sehingga mudah dikeluarkan bersama urine. Kendati demikian, manfaat ini perlu diteliti lebih lanjut lagi.

6. Menjaga Berat Badan


Menjaga Berat Badan

Seperti yang telah dikemukakan di atas, buah lemon termasuk salah satu jenis buah-buahan yang rendah lemak dan kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain itu kandungan serat dalam lemon dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga nafsu makan berkurang. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi buah ini, imbangi dengan olahraga rutin sehingga dapat menurunkan berat badan secara maksimal.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah lemon termasuk dalam jajaran buah yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi buah lemon membuat kulit kamu terjaga kelembapannya dan terlihat lebih segar. Bahkan lebih dari itu, buah lemon juga dapat mengusir tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus pada wajah. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah lemon yang membantu dalam peningkatan produksi kolagen dalam tubuh.

8. Mengatasi Masalah Kulit Kepala

Tidak hanya kulit wajah, buah lemon juga dapat mengatasi masalah kulit kepala yang berketombe. Cara untuk melakukan perawatan dengan buah lemon yakni dengan mencampurkan air perasan buah lemon dengan minyak zaitun yang telah dihangatkan dalam satu wadah bersih. Leburkan campuran tersebut di kepala kamu dan pijat dengan perlahan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan tunggu hingga mengering.

9. Membantu Memutihkan Gigi

Kamu dapat memanfaatkan air perasan buah lemon untuk manfaat ini sebab kandungan kalsium di dalamnya. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu campurkan air perasan buah lemon yang telah dicampur dengan baking soda. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke gigi yang telah menguning. Diamkan selama satu menit kemudian bersihkan dengan menyikat gigi. Sebagai himbauan, jangan lakukan terlalu sering karena dapat merusak email gigi.

10. Membantu Menyembuhkan Penyakit Kudis

Air perasan buah lemon sejak dahulu diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit kulit, terutama kudis. Penyakit kulit satu ini sering disebabkan oleh kekurangan kolagen karena pengaruh diet rendah vitamin C. Kekurangan kolagen dapat menyebabkan kerusakan dinding sel sehingga pendarahan dalam tubuh terjadi. Untuk manfaat tersebut, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan terbaik.

Demikianlah 10 manfaat buat lemon untuk kesehatan beserta kandungannya. Untuk pemanfaatan yang optimal, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sehingga kamu tidak salah porsi dan penggunaan untuk kesehatan tubuh kamu.


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.3.5
klikasuransiku.com - 2018