Pengertian Trader, Jenis, Keuntungan dan Kekurangannya


Saat ini semakin banyak orang yang tertarik dengan profesi trader. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya aplikasi trading yang dapat diakses melalui smartphone. Sehingga membuat transaksi trading semakin mudah dilakukan. Apalagi saat ini jaringan internet lebih mudah diakses semua kalangan.

Hal ini juga yang membuat aktivitas trading dapat dilakukan kapan saja tidak terbatas waktu dan juga tempat. Bagi kamu yang masih awam dengan kegiatan ini, Klikasuransiku akan memberikan informasi seputar trader dengan lengkap untuk kamu. Yuk, simak sampai habis!

Pengertian Trader


Pengertian Trader

Istilah trader sebenarnya merupakan sebuah profesi kekinian yang semakin banyak diminati. Pengertiannya adalah sebuah profesi bagi seseorang dengan aktivitas jual beli yang dilakukan di  pasar finansial yang lebih populer disebut dengan trading.

Untuk menekuni profesi ini seseorang harus mempelajari lebih mendalam tentang bagaimana seluk beluk dunia trading. Bukan hanya itu saja profesi ini juga harus memiliki beberapa kriteria diantaranya yaitu siap dengan segala resiko, tidak rakus dan tamak, ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat, berani memotong kerugian, serta ulet dan tidak mudah menyerah.

Bila tidak memiliki kriteria diatas sebaiknya mencari profesi lain yang lebih sesuai dengan minat dan juga kepribadian masing masing. Agar lebih fokus menjalani aktivitas yang sesuai dengan pilihan.

Jenis-jenis Trader


Jenis-jenis Trader

Secara umum jenis profesi sebagai pelaku jual beli di pasar finansial ini dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan perilaku pada saat trading dan juga berdasarkan frekuensi aktivitas trading yang dilakukan.

1. Jenis Trader Berdasarkan Perilaku Trading

Profesi sebagai seorang pelaku trading yang dibedakan berdasarkan perilaku pada saat trading dibedakan menjadi 4 jenis yaitu  fundamental, teknikal, sentimen dan juga spekulan.

2. Jenis Trader Berdasarkan Frekuensi Aktivitas Trading Yang Dilakukan

Sedangkan pelaku trading berdasarkan frekuensi aktivitas trading yang dilakukan dibedakan menjadi 3 yaitu scalper, Day trader dan juga Swinger.

Keuntungan dan Kekurangan Melakukan Trading


Keuntungan dan Kekurangan Melakukan Trading

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan yang wajib diketahui sebelum seseorang memutuskan untuk melakukan trading. Apa saja keuntungan dan kerugiannya, berikut ulasannya.

1. Keuntungan Melakukan Trading

Terdapat beberapa keuntungan yang sebaiknya perlu diketahui sebagai motivasi. Kenapa seseorang harus melakukan trading. Berikut ini beberapa keuntungan dalam bertrading.

a. Hanya Perlu Gadget dan Akses Jaringan Internet

Untuk melakukan trading bisa dilakukan kapan saja tidak memiliki batasan waktu dan juga tempat hanya memerlukan gadget dan akses jaringan internet. Dengan demikian trading tetap dapat dilakukan meskipun sambil melakukan aktivitas lain.

b. Sebagai Pengusaha Yang Tidak Perlu Membayar Gaji

Trading sebenarnya merupakan salah satu jenis usaha sehingga seseorang yang melakukan trading adalah pengusaha tanpa karyawan. Sehingga tidak perlu membayar gaji karyawan.

c. Dapat Mencari Keuntungan Kapan Saja

Dengan melakukan trading seseorang dapat menghasilkan uang kapan saja tidak terbatas waktu dan tempat. Tidak juga terikat dengan peraturan maupun jam kerja. Sehingga lebih fleksibel bagi dirinya sendiri.

2. Kekurangan Dalam Melakukan Trading

Selain memiliki beberapa keuntungan, melakukan trading juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut ini ada beberapa kekurangan yang wajib diketahui sebelum terjun untuk melakukan jual beli ke pasar finansial.

a. Tidak Dapat Menghindari Resiko

Kekurangan trading yang pertama adalah tidak dapat menghindari terjadinya resiko. Hal ini biasanya terjadi karena resiko yang terjadi diluar batas kemampuan sehingga sulit untuk dihindari.

b. Lebih Susah Mengelola Modal

Kekurangan trading selanjutnya sulit untuk melakukan pengelolaan modal. Sehingga kemungkinan mengalami kerugian cukup besar karena dipengaruhi tun naiknya instrumen yang tinggi.

c. Harus Selalu Memantau Pasar

Kekurangan trading lainnya ketika melakukan trading seseorang harus selalu memantau keadaan pasar. Hal ini karena adanya sentimen pasar yang baik maupun yang buruk dapat mempengaruhi harga.

Demikian informasi mengenai trader dengan berbagai keuntungan dan juga kekurangannya yang bisa Klikasuransiku sampaikan. Menjadi seorang trader saat ini merupakan sebuah profesi yang banyak diminati karena memiliki banyak keuntungan meskipun ada juga kekurangannya. Jika kamu tertarik menjadi seorang trader, pastikan sudah memahami betul tentang seluk beluk trader agar kegiatan yang kamu lakukan bisa berjalan lancar dan tidak mengalami kerugian ya! 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022