Apa Saja Manfaat Buah Alpukat? Intip Penjelasannya Di Sini!


Tidak hanya terkenal karena kelezatannya, manfaat buah alpukat ternyata juga tidak bisa dipandang sebelah mata lho! Ya, buah yang satu ini memang enak dikonsumsi secara langsung maupun dengan diolah. Beberapa olahan buah alpukat ini adalah jus, campuran kue, atau hanya dicampur gula di dalamnya. Di dalam alpukat sendiri terkandung banyak sekali kandungan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Nah, supaya kamu lebih memahaminya, simak rincian manfaat buah alpukat yang akan Klikasuransiku sajikan di bawah ini, ya!

Manfaat Buah Alpukat Sangat Beragam! Berikut Penjelasannya!

Berikut ini beberapa manfaat dari buah alpukat yang bisa kamu dapatkan dari kandungan gizinya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Buah Alpukat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah alpukat yang pertama ini didapat dari kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dalam buah alpukat. Lemak tak jenuh terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol darah pada tubuh sehingga menghindarkan seseorang dari risiko penyakit jantung.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan alpukat berupa serat dan nutrisi penting lainnya terbukti mampu mengoptimalkan sistem pencernaan. Hal itu diperkuat oleh hasil penelitian di John Hopkins Medicine mengenai hal serua. Jika sistem pencernaan baik, kamu akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan lain-lain. Selain itu, kadar fruktosa di dalam alpukat termasuk rendah sehingga aman untuk lambung karena risiko penumpukan gas rendah.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari buah alpukat adalah dapat menjaga kesehatan kulit kamu. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi pada alpukat. Kedua vitamin tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara otomatis kulit kamu terjaga dari kerusakan akibat sinar matahari.

4. Menjaga Kesehatan Mata


Buah Alpukat Menjaga Kesehatan Mata

Jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science memaparkan hasil penelitian bahwa alpukat memiliki dua senyawa yang mampu menjaga kesehatan mata, terutama mencegah dari risiko mengalami degenerasi makula dan katara. Kedua senyawa tersebut adalah lutein dan zeaxanthin.

5. Meminimalisir Risiko Sindrom Metabolik

Tahukah kamu apa itu sindrom metabolik? Yup! Sindrom tersebut merupakan berbagai macam kondisi yang dapat meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan serius seperti diabetes, stroke, penyakit arteri, dan lain-lain.

Kamu bisa meminimalisir risiko sindrom metabolik dengan mengonsumsi buah alpukat. Pasalnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya mampu mencegah resistensi insulin dan mengontrol gula darah dalam tubuh.

6. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker Dan Membantu Pengobatannya

Kandungan fitokimia di dalam buah alpukat diduga mampu meminimalisir risiko penyakit kanker karena mampu mencegah pertumbuhan sel prakanker sekaligus sel kanker dalam tubuh. Jika seseorang telah mengidap kanker, kandungan ini berfungsi untuk membantu proses penghancuran sel kanker lebih cepat.

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

Kandungan alpukat yang kaya akan nutrisi baik sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa alpukat mengandung serat yang jika ibu hamil mengkonsumsinya dapat mencegah dari gejala sembelit dan wasir yang kerap dirasakannya. Selain itu, mengonsumsi alpukat dengan kadar yang cukup dipercaya mampu meminimalisir risiko bayi lahir cacat.

8. Mencegah Osteoporosis


Buah Alpukat Mencegah Osteoporosis

Kamu dapat merasakan manfaat dari buah alpukat satu ini karena kandungannya yang berupa kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang cukup tinggi. Ketiga kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang tubuh sehingga terhindar dari resiko osteoporosis.

9. Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama

Efek kenyang lebih lama sangat membantu bagi kamu yang ingin melakukan diet sehat. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, namun makan dengan porsi yang lebih sedikit. Nah, bagaimana bisa kenyang dengan makan dalam porsi lebih sedikit?

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak sehat yang cukup tinggi. Sebab, lemak sehat yang cukup tinggi akan memberikan banyak asupan kalori yang membuat kamu kenyang lebih lama. Sehingga meski makan sedikit, kamu sudah merasa kenyang. Jika tujuanmu adalah diet, imbangilah dengan berolahraga secara rutin dan alpukat bisa menjadi pendamping diet yang baik.

10. Menurunkan Risiko Depresi

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, alpukat dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit mental seperti depresi. Hal itu diperoleh dari kandungan folat dalam alpukat yang dapat mencegah hormon homosistein. Hormon tersebutlah yang dapat mengganggu proses transportasi nutrisi ke otak sehingga seseorang bisa depresi jika kadarnya berlebihan karena dapat mengganggu proses produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Perlu diketahui bahwa ketiga hal tersebut turut andil dalam mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

Itulah berbagai manfaat buah alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya lezat, buah ini ternyata memang menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan ya. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi alpukat! 


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022