5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Usia Muda dengan Modal Kecil


Cara menjadi pengusaha sukses merupakan impian bagi banyak orang, terutama anak millennial. Mencapai impian tersebut bukanlah hal yang mustahil. Namun, tidak jarang orang yang mengeluhkan modal pertama. Banyak yang berpikiran bahwa untuk sukses di usia muda membutuhkan modal yang besar agar bisnis cepat berkembang. Padahal hal utama adalah berani memulai, usaha yang keras, serta konsistensi, meskipun modal pertamanya sangat minim. Lalu, bagaimana cara mewujudkan hal itu? Disini, Klikasuransiku akan membahasnya secara lengkap.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses Usia Muda dengan Modal Kecil

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses di usia muda, meski dengan modal yang kecil:

1. Pilih Jenis Usaha yang Kamu Minati


Pilih Jenis Usaha yang Kamu Minati

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah niat adalah menentukan jenis usaha. Pemilihan jenis usaha yang tepat akan membuat kamu bertahan lama meski banyak kompetitor. Pilihlah jenis usaha yang kamu minati. Bukan sekadar ikut-ikutan trend, sebab jika kamu kurang menguasai suatu jenis usaha, bisa jadi malah membuat kurang percaya diri atas kemampuan yang kamu miliki.

Sebagai contoh, trend jualan baju thrift sekarang ini. Jika kamu tidak terlalu menyukai fesyen, maka kamu akan kewalahan menjalankan usaha tersebut. Sebaliknya, jika kamu menyukai fesyen kemudian kamu mengikuti trend jualan baju thrift, kamu cenderung lebih mudah menjalankannya meski modal kecil dengan menjadi reseller. Bahkan tanpa modal dengan menjadi dropshipper.

Contoh lagi, kamu memiliki bakat menulis artikel SEO dan desain. Maka, itu bisa jadi peluang yang sangat bagus untuk membuka usaha secara pribadi. Pasalnya, pada era industri 4.0 ini kebutuhan akan jasa penulisan artikel SEO dan desain grafis semakin meningkat.

2. Riset Usaha yang Serupa dengan Minat Kamu

Langkah selanjutnya setelah kamu menentukan jenis usaha yang kamu minati, kamu harus meriset dan mencari usaha yang serupa. Riset yang dimaksud meliputi target pasar potensial, kompetitor, serta risiko yang mungkin terjadi saat menjalankan usaha. Tidak kalah penting juga adalah riset segala yang kamu butuhkan mulai dari merintis hingga saat bisnis sedang berjalan sehingga dapat meminimalisir pengeluaran.

3. Perkuat Niat Usaha dengan Visi dan Misi


Perkuat Niat Usaha dengan Visi dan Misi

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi pengusaha sukses usia muda dengan modal kecil adalah perkuat usahamu dengan visi dan misi yang jelas. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah goyah jika suatu saat di tengah perjalanan usahamu memiliki kendala. Jika perlu, catat visi dan misi usaha kamu di tempat yang mudah kamu lihat, misalnya di dinding kamar.

Jika sebuah usaha tidak memiliki visi dan misi yang jelas itu sama halnya kamu belum menentukan tujuan kamu mendirikan usaha. Jadi, tidak hanya perusahaan besar yang harus mempunyai visi dan misi. Justru usaha kecil yang dimulai dengan modal kecil lah yang lebih wajib memilikinya sebagai pengingat supaya selalu semangat menjalankan dan mengembangkan usaha.

4. Ciptakan Brand Dari Usaha Kamu

Kendati usaha yang kamu mulai masih kecil, kamu harus membuat brand sendiri. Ketika kamu memiliki brand, orang akan mengenali usahamu bergerak di bidang apa. Melalui brand yang kamu ciptakan bisa jadi untuk meningkatkan personal branding kamu juga, lho!

Percayalah, jika branding yang kuat mampu meningkatkan engagement antara konsumen dan/atau calon konsumen dengan usaha yang kamu miliki. Terlebih jika personal branding kamu juga kuat. Orang akan mengenali kamu dan usahamu menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan begitu, usahamu semakin dikenal dan berkembang.

5. Konsisten dan Tidak Mudah Menyerah


Konsisten dan Tidak Mudah Menyerah

Tidak mudah menyerah dan konsisten adalah sifat yang harus ditumbuhkan dalam diri pengusaha. Hal ini ditunjukkan oleh seberapa konsisten kamu menjalankan usaha. Setiap usaha pasti memiliki risiko dan tantangannya sendiri. Maka dari itu, tetaplah berjuang meski di tahap awal kamu harus bekerja ekstra keras.

Banyak dari orang yang baru memulai usaha sudah pesimis terlebih dahulu sebab takut bersaing. Padahal seharusnya persoalan tersebut sudah selesai dan memang merupakan risiko dalam dunia bisnis.

Nah, itulah beberapa cara menjadi pengusaha sukses di usia muda meski dengan modal yang kecil. Banyak contoh pengusaha yang memulai usahanya dari 0 yang artinya memakai modal kecil. Kunci dari keberhasilan mereka salah satunya tentu adalah kerja keras, konsistensi, dan tidak mudah menyerah. Jadi, untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda, beranilah melangkah dan tetap semangat ya!


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022