Mengenal Apa Itu Manajemen, Fungsi dan Unsur-Unsurnya


Kamu pasti sudah sangat sering menjumpai istilah manajemen. Manajemen adalah hal penting yang perlu dipahami dengan baik untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Memahami apa itu arti manajemen, unsurnya apa saja, dan fungsinya akan menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat nantinya. Pada kesempatan ini, Klikasuransiku akan membahas seputar manajemen selengkapnya.

Pengertian Manajemen dari Para Ahli


Pengertian Manajemen dari Para Ahli

Pengertian manajemen tidak bisa diartikan secara asal-asalan. Perlu pendapat dari para ahli untuk bisa memberikan pengertian manajemen yang sesuai. Ada beberapa para ahli yang memberikan pengertian tentang manajemen yang cukup sederhana dan mudah untuk dipahami siapa saja. Pertama ada pengertian manajemen menurut Henry Fayol yang menyatakan kalau manajemen adalah salah satu proses perencanaan hingga pengawasan pada sumber daya untuk mencapai tujuan yang efektif dan juga efisien.

Sementara menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah ilmu dan juga bentuk seni yang digunakan untuk menyusun rencana, mengkoordinir, juga mengawasi kegiatan masyarakat dengan bantuan sebuah alat untuk mencapai sebuah tujuan. Ada juga pendapat dari Koontz dan Weihrich yang isinya menyatakan manajemen adalah rancangan dan pemeliharaan lingkungan yang membuat kerja individu maupun kelompok bisa efisien dan bisa mencapai tujuannya.

Fungsi Manejemen


Fungsi Manejemen

Untuk fungsi dari manajemen terbagi menjadi beberapa poin penting. Penjelasan dibagi menjadi beberapa poin karena untuk memudahkan pemahaman dari fungsi manajemen itu sendiri untuk individu maupun kelompok. Inilah berbagai fungsi tersebut:

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi yang pertama adalah fungsi perencanaan atau biasa disebut dengan planning. Maksud dari fungsi yang pertama ini adalah rangkaian proses pemilihan atau proses dalam menentukan tujuan suatu organisasi. Fungsi planning ini juga bisa untuk menentukan strategi yang akan berguna dalam mencapai suatu tujuan.

2. Organizing (Mengembangkan Organisasi)

Pengorganisasian ini merupakan fungsi kedua dari manajemen. Organizing ini merupakan serangkaian kegiatan yang nantinya ada proses mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Jadi dengan adanya manajemen maka harus ada pengaturan sumber daya terutama SDM yang baik. Sumber daya di dalam sebuah perusahaan akan bisa berjalan dengan maksimal.

3. Fungsi Penempatan

Pemimpin memiliki wewenang dan kewajiban untuk menentukan tempat sumber daya yang ada sesuai dengan kebutuhan. Manajemen inilah yang membantu penempatan sumber daya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

4. Directing (Mengarahkan)

Manajemen juga memiliki fungsi untuk mengarahkan dimana perusahaan bisa mengupayakan semua anggotanya untuk bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan pihak perusahaan. Fungsi keempat ini membantu perusahaan mengendalikan dan mengarahkan pekerjaan jadi lebih efektif juga efisien.

5. Controlling (Mengontrol atau Mengawasi)

Pengawasan dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perusahaan. Dalam manajemen ada fungsi pengawasan yang sangat membantu sekali untuk memberikan penilaian pada SDM. Kualitas layanan serta produk jadi bisa lebih terkontrol dan bisa diupayakan agar jadi lebih maksimal lagi. Tentunya fungsi ini yang membuat perusahaan bisa terus berjalan sesuai rencana dan bisa menjaga kualitas sumber daya yang sudah dimiliki.

Unsur-unsur dari Manajemen


Unsur-unsur dari Manajemen

Selain mengetahui fungsi apa saja yang ada pada manajemen, unsur dalam manajemen juga perlu dipahami dengan baik. Di sini dijelaskan secara jelas dan singkat unsur-unsur pada manajemen yang perlu kamu ketahui:

1. Manusia

Unsur pertama yang paling penting dalam manajemen adalah manusia. Pembuat tujuan dan pelaksana dari manajemen tentunya adalah manusia. Proses kerja tidak bisa dilakukan tanpa adanya manusia atau SDM.

2. Uang

Kedua ada uang, ini juga merupakan salah satu unsur penting yang harus ada dalam manajemen. Uang ini nantinya menjadi salah satu alat untuk bisa menjalankan proses kegiatan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Uang juga yang nantinya dijadikan sebagai perhitungan secara rasional dalam sebuah manajemen.

3. Bahan

Materials atau bahan baku pun harus ada karena ini nanti yang akan diolah dalam proses produksi. Tak ada bahan baku tentu tak ada yang bisa dihasilkan. Oleh karena itu bahan baku juga harus ada dalam manajemen dan ini nantinya yang mengolah adalah unsur pertama yaitu manusia yang ahli di bidangnya.

4. Mesin

Unsur keempat manajemen adalah mesin yang merupakan alat bantu manusia untuk memudahkan pekerjaan dan mempercepat prosesnya. Hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan proses jadi lebih efektif dan juga lebih efisien.

5. Metode

Keempat unsur di atas tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya metode yang tepat. Metode ini perlu dibuat, dirancang, dan dipertimbangkan berdasarkan beberapa aspek penting. Pembuat metode ini baiknya orang yang memang sudah ahli dan paham betul tentang metode-metode yang ada.

6. Pasar

Terakhir ada pasar yang menjadi unsur penutup. Jika tak ada pasar maka kelima unsur di atas akan berjalan sia-sia. Pasar ini merupakan wadah bagi barang atau produk yang dihasilkan. Hal ini sangat penting karena jika tidak ada pasar maka tidak ada permintaan artinya produksi harus berhenti.

Itulah pengertian, fungsi, dan unsur-unsur dari manajemen. Pada dasarnya, manajemen adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatur kehidupan menjadi lebih baik. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022