Punya Hutang? Begini Cara Melunasi Hutang dengan Cepat


Memiliki hutang tentu adalah salah satu beban tersendiri bagi setiap orang. Sebisa mungkin pasti mencari cara melunasi hutang dengan cepat agar tidak terlalu lama ada tanggungan kepada orang lain. Bisa terbebas dari hutang adalah hal yang sangat melegakan. Hutang sendiri merupakan tanda kalau kondisi finansial sedang tidak baik. Lalu, bagaimana cara supaya hutang bisa lunas dengan cepat?

Inilah Cara Melunasi Hutang yang Bisa Kamu Praktekkan

Cara melunasi hutang dengan cepat ada sendiri triknya. Ini tentu membutuhkan niat dan kemauan yang sangat kuat sejak awal. Sebab tanpa kemauan yang kuat tentu hal ini akan susah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa cepat terbebas dari hutang.

1. Susun Daftar Hutang


Susun Daftar Hutang

Setelah menata niat untuk segera melunasi hutang-hutang yang ada, langkah selanjutnya adalah dengan membuat daftar hutang. Daftar ini nantinya akan sangat berguna sekali dalam mengurutkan mana hutang yang harus didahulukan dan mana yang masih bisa ditunda.

Sebab, saat berhutang tentu ada jatuh temponya masing-masing, tergantung kesepakatan pihak yang memberi hutang dan yang berhutang. Nah, itu semua perlu dicatat sejak mengambil hutang pada orang lain, supaya saat pelunasan bisa tahu mana yang harus dilunasi terlebih dahulu.

2. Berhemat

Cara lainnya adalah dengan berhemat. Hidup hemat bisa menyelamatkan kondisi finansial yang sedang buruk. Agar bisa berhemat, saat belanja kebutuhan sehari-hari misalnya belanja bulanan, pastikan untuk mencatat apa saja yang hendak dibeli. Jika ada catatan belanja nanti akan tahu kebutuhan yang paling mendesak dan memang harus dibeli saat itu apa saja. Untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak bisa dibeli jika ada dana tambahan.

3. Sisihkan Penghasilan


Sisihkan Penghasilan

Jika sudah berhemat sedemikian rupa, tentu uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari akan memiliki sisa meski sedikit. Kumpulkan sisa uang belanja bulanan atau sejak awal sisihkan sedikit uang untuk dijadikan dana melunasi hutang. Simpan di tempat yang terpisah agar tidak sampai terpakai secara sengaja maupun tidak.

4. Mencicil

Cara melunasi hutang selanjutnya adalah dengan mencicilnya. Saat berhutang dan kebetulan jumlahnya cukup banyak, segera saat ada pemasukan sisihkan uang lalu cicil hutang tersebut. Tanpa menunggu uang terkumpul dan langsung mencicilnya setiap ada pemasukan bisa membantu hutang cepat terbayar dan lunas. Ini tentu akan lebih ringan rasanya saat dilakukan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan


Mencari Penghasilan Tambahan

Jika memang hutang menumpuk dan belum ada yang sempat dilunasi bahkan dicicil artinya kondisi dompet membutuhkan dana tambahan. Carilah penghasilan tambahan baik itu dari kerja di rumah maupun mencari pekerjaan paruh waktu di luar pekerjaan tetap. Sebisa mungkin hasilkan uang diluar penghasilan tetap setiap bulan. Ini akan sangat membantu dalam melunasi hutang yang menumpuk.

Sekarang ini untuk mencari penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan terbilang mudah karena kecanggihan teknologi. Misalnya saja ada sepeda motor di rumah, itu bisa dimanfaatkan menjadi sarana ojek online. Pekerjaannya tidak terikat dan bisa dilakukan saat waktu senggang, penghasilannya pun lumayan.

6. Stop Berhutang

Cara melunasi hutang dengan cepat yang juga harus dilakukan adalah berhenti membuat utang baru. Jangan sampai dengan alasan ingin melunasi hutang yang menumpuk akhirnya berhutang lagi agar bisa melunasi tanggungan yang lama. Hal tersebut tidak membantu dan akan menyulitkan di masa mendatang.

Pastikan untuk berhenti membuat hutang baru agar semua tanggungan bisa segera lunas dan terbebas dari hutang itu sendiri. Jika terus membuat hutang, sekuat apapun usahanya dalam mencari uang tambahan untuk melunasi hutang-hutang yang lama tetap akan memberatkan dan memperburuk kondisi finansial.

Itulah 6 cara melunasi hutang yang bisa kamu praktekkan. Yang terpenting adalah kemauan dan kerja keras supaya hutang bisa segera lunas dan tidak menjadi beban bagi finansialmu. Jangan lupa juga untuk mengelola keuangan dengan baik sehingga tidak sampai melakukan hutang. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022