Apa Saja Fungsi Asuransi? Intip Penjelasannya Di Sini!


Masyarakat tanah air masih sedikit yang mau membeli asuransi. Minat pada sebuah program asuransi masih sangat rendah di sini. Asuransi tidak dianggap menarik karena masyarakat kurang memahami fungsi asuransi itu sendiri. Padahal program asuransi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Maka dari itu perlu diberikan penjelasan lagi secara lebih singkat dan jelas tentang asuransi. Dimulai dari pengertian sampai fungsi program asuransi. Ini adalah salah satu hal penting yang baik untuk menata masa depan, masyarakat perlu mengetahui hal ini dan mulai mempertimbangkan program tersebut.

Program asuransi sangat penting terutama untuk pendidikan anak. Setiap orang dari semua kalangan bisa merasakan keunggulan dari asuransi. Agar lebih jelas, berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi asuransi lebih mendalam.

Fungsi Asuransi Secara Umum


Fungsi Asuransi Secara Umum

Program asuransi diadakan untuk membantu orang mempersiapkan masa depan lebih terencana dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini merupakan poin-poin penting dari fungsi asuransi jika dilihat secara general:

1. Bisa memberikan ketenangan

Kejadian di masa depan tidak bisa diprediksi siapa saja. Bahkan apa yang akan terjadi besok pun tidak bisa ditebak akan seperti apa. Hal ini membuat setiap orang harus siap untuk kemungkinan pengeluaran tidak terduga.  Setiap orang tentu berbeda-beda cara berpikirnya, ada yang sudah mempersiapkan segala kemungkinan sehingga bisa meminimalisir pengeluaran tak terduga. Ada juga yang tidak mempersiapkan apa-apa dan di sinilah fungsi asuransi.

Asuransi ada untuk meringankan beban saat ada kejadian tidak terduga. Fungsi program asuransi tersebut adalah untuk memberikan layanan yang bisa mengcover sebagian atau bahkan seluruh kewajiban pembayaran atas suatu kejadian.  Dapat dikatakan juga sebagai alternatif pengendalian kerugian. Oleh karena itu dengan memiliki asuransi nasabah akan merasa lebih tenang meski sewaktu-waktu ada kejadian tidak terduga.

2. Bentuk Investasi dan Tabungan

Membeli sebuah asuransi artinya sama saja sedang melakukan investasi dan juga menabung. Jika sudah terdaftar menjadi nasabah pemegang polis, nanti dalam kontrak ada jaminan pengembalian investasi sesuai dengan pilihan waktu yang sudah disepakati di awal. Tiga pilihan waktu masa pertanggungan bagi semua nasabah yaitu 5 tahun, 7 tahun, atau 10 tahun. Premi yang dibayar secara rutin pun sangat terjangkau serta bebas biaya administrasi.

3. Meminimalisir Kerugian

Fungsi asuransi yang lain adalah untuk meminimalisir kerugian. Pemegang polis akan dibantu pihak penyedia asuransi untuk meminimalkan kerugian saat terjadi kejadian tidak terduga. Kejadian yang dimaksud bisa kebakaran, kecelakaan, hingga biaya rumah sakit. Tak hanya jiwa yang diproteksi namun property juga mendapatkan proteksi dengan adanya program asuransi.

4. Untuk Mengatur Keuangan

Nasabah pemilik sebuah polis wajib membayar premi secara rutin dengan jumlah yang sudah ditentukan. Hal ini tentu tanpa disadari merupakan cara menyediakan  atau menyisihkan dana untuk dijadikan dana darurat. Agar pengeluaran tidak terduga tidak semakin membengkak maka pihak asuransi yang bertugas untuk membantu meminimalisirkan pengeluaran tak terduga itu. Biasanya jika memiliki asuransi pengeluaran tidak terduga tidak perlu dibayar secara penuh karena yang akan menyediakan dana ganti rugi adalah pihak asuransi tersebut.

Fungsi Asuransi Dilihat dari Jenisnya

Fungsi secara umum dari sebuah program asuransi sudah cukup dijelaskan di atas. Namun masih ada lagi fungsi asuransi yang perlu dipahami dengan betul yaitu fungsi yang dilihat dari jenis asuransi itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

1. Asuransi Kesehatan


Asuransi Kesehatan

Fungsi asuransi yang akan dibahas pertama yakni pada asuransi kesehatan. Ini adalah program asuransi yang berfungsi untuk memberikan jaminan biaya kesehatan atau perawatan saat ada kecelakaan atau ada yang sakit dari pihak yang tertanggung.  Asuransi kesehatan ini yang nanti akan menyiapkan dana yang dibutuhkan dalam biaya kebutuhan kesehatan pihak tertanggung.

Sakit atau kecelakaan adalah kejadian yang tidak terduga, tidak bisa diprediksi dan tidak bisa digambarkan nanti dampaknya seperti apa. Hal-hal itulah yang diperhatikan oleh pihak asuransi, memberikan jaminan kesehatan seperti mengcover biaya rawat inap dan biaya operasi untuk bisa mengurangi pengeluaran tidak terduga.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini fungsinya adalah menanggung segala bentuk kerugian finansial yang ada karena kejadian tidak terduga yakni kematian. Pemegang polis asuransi jenis ini akan mendapatkan dana untuk mengganti Jaminan Pengaman Sosial dari pemerintah.

3. Asurasnsi Jaminan Hari Tua

Fungsi asuransi yang satu ini adalah untuk memberikan kepastian pendapatan pada pihak tertanggung saat sudah menjalani masa pensiun. Keluarga dari pihak tertanggung juga dijamin pihak asuransi ketika pemilik polis meninggal dunia. Dapat dikatakan fungsi program asuransi jenis ini adalah mewujudkan cita-cita hari tua sebab dananya bisa dipakai untuk beragam keperluan di masa depan.

4. Asuransi Pendidikan


Asuransi Pendidikan

Selanjutnya ada program asuransi pendidikan dimana fungsi program ini menjadi alternative tabungan pendidikan bagi anak yang sudah direncanakan orang tua, anak akan menjalani masa sekolah tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Program asuransi ini sendiri ada jenis proteksi dan ada yang jenisnya investasi.

5. Asuransi Properti

Meski kurang populer dan dikenal di masyarakat namun program asuransi ini memiliki fungsi yang cukup baik bagi pemegang polis. Fungsinya yaitu memberikan jaminan pada pemegang polis untuk menjaminkan rumah maupun bisnisnya sebagai sub jenis asuransi property. Jika sudah mendaftarkan aset penting seperti rumah artinya ada jaminan dari pihak asuransi pada property yang terdaftar ketika ada kejadian atau musibah menjadi penyebab kerusakan aset berharga tadi. Ganti rugi ditanggung oleh pihak asuransi.

6. Asuransi Perjalanan

Untuk fungsi dari asuransi jenis ini adalah memberikan jaminan perlindungan pada pemilik polis saat sedang ditengah perjalanan. Jaminan yang diberikan adalah biaya medis, ganti rugi kehilangan barang di bagasi, hingga kehilangan dokumen pun juga ditanggung pihak asuransi.

7. Asuransi Kendaraan Bermotor

Fungsi dari jenis asuransi ini adalah memberikan jaminan perlindungan atas kerusakan dari kendaraan bermotor. Kerusakan dan kerugian yang ditanggung pihak asuransi biasanya kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas seperti tabrakan, terperosok, atau terjadi benturan. Kerusakan karena perbuatan jahat orang lain, seperti pencurian atau kebakaran juga ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi merupakan salah satu bentuk investasi dan menabung yang bagus untuk menata masa depan. Tak heran jika asuransi ini adalah salah satu hal yang penting bagi masa depan seseorang terutama untuk pendidikan anak dan kesehatan. Pilih asuransi apa yang paling dibutuhkan dan jadilah pemegang polis sekarang.

Itu dia beberapa fungsi penting dari sebuah program asuransi. Semua orang bisa merasakan fungsi asuransi tersebut dengan mendaftarkan diri menjadi nasabah pemegang polis. Caranya cukup mudah dan tidak ribet. Semua kalangan bisa menjadi nasabah pemegang polis, sebab premi yang dibayarkan secara rutin relatif terjangkau. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022