Tips Mempersiapkan Dana Pensiun, Mumpung Masih Muda Menurut Rudi Ok


Dana pensiun merupakan salah satu bagian penting dari perencanaan keuangan (financial planning) untuk kebutuhan masa depan Anda.

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menikmati masa-masa di hari tua dengan tenang, tanpa harus memikirkan masalah uang. Di situlah peran dana pensiun dibutuhkan.

Tujuan dari dana pensiun adalah memberikan jaminan finansial ketika Anda tidak lagi dalam usia produktif untuk bekerja.

Walaupun idealnya dana pensiun dipersiapkan di hari tua, kondisi yang tidak menentu seperti pandemi ini membuat banyak orang yang terpaksa harus “pensiun dini”.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini, terutama bagi Anda yang masih dalam usia produktif.

Berapa dana pensiun yang harus Anda persiapkan? Bagaimana cara memilih instrumen yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun?

Selengkapnya akan dijelaskan langsung oleh Bapak Rudi Ok selaku Plt Pemasaran DPLK Simas Jiwa yang telah berkecimpung dalam industri keuangan dan perencanaan dana pensiun lebih kurang 25 tahun lamanya. 

Bapak Rudi Ok memulai karir di bidang dana pensiun dikarenakan beliau merasakan langsung bagaimana sulitnya kondisi yang harus dihadapi ketika perusahaan tempatnya bekerja pailit.

Hal ini mendorong beliau untuk membagikan pentingnya persiapan tabungan pensiun kepada masyarakat lebih luas.

“Boleh kita tua, tapi finansial dan semangat kita selalu muda seperti kita pada saat usia produktif”

Apa itu dana pensiun?


Apa itu dana pensiun

Dana pensiun adalah sejumlah uang yang dimiliki oleh seseorang untuk digunakan sebagai penunjang atau pemenuhan kebutuhan hidup pada saat memasuki usia tua.

Dana pensiun akan mengantisipasi kebutuhan kebutuhan dasar dalam kehidupan, di mana ada tiga kebutuhan yang harus diantisipasi yaitu:

  1. Biaya kebutuhan sehari-hari, yaitu sandang, pangan, dan papan.
  2. Biaya kesehatan, semakin tua usia seseorang, maka akan semakin rentan pula terhadap penyakit.
  3. Biaya rekreasi, usia semakin bertambah namun waktu atau kebebasan yang dimiliki lebih banyak sehingga dapat menikmati dengan rekreasi.

Kapan waktu terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun?


waktu terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah kapan waktu terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun.

Apakah ketika menunggu saat punya banyak uang? Atau tunggu nanti ketika sudah mendekati umur pensiun?

Hal ini sangat menarik karena dana pensiun bisa diibaratkan seperti sebuah investasi.

Semakin lama dana tersebut dikembangkan, maka semakin baik untuk modal pensiun.

Bapak Rudi Ok menyebutkan bahwa waktu paling tepat untuk mempersiapkan dana pensiun adalah di saat Anda berumur di bawah 30 tahun.

Hal ini dikarenakan regulasi Indonesia yang mengatur bahwa masa kerja karyawan sampai diperbolehkan untuk mendapatkan hak atau manfaat pensiun yaitu pada batas usia 55 tahun. 

“Pada saat Anda mulai memiliki tabungan pensiun di usia kurang dari 30 tahun, maka kurang lebih selama 25 tahun tabungan pensiun dapat berkembang dengan cukup baik dan nantinya dapat Anda gunakan untuk menunjang biaya kebutuhan hidup Anda pada saat pensiun.” terang Pak Rudi Ok.

Apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin pensiun muda?


yang perlu dipersiapkan jika ingin pensiun muda

Pada saat Anda berusia muda, tentunya Anda memiliki produktivitas yang tinggi dan kondisi kesehatan yang baik.

Bagi Anda yang berusia 25-30 tahun dan baru mulai berprofesi sebagai karyawan, maka saat ini adalah waktu paling tepat untuk memulai persiapan tabungan pensiun.

Dana pensiun bisa Anda siapkan melalui aset finansial dan juga melalui aset-aset yang lain.

Ada tiga hal yang bisa Anda siapkan untuk dana pensiun yaitu melalui tabungan (uang tunai), aset, dan bisnis.

Dalam hal aset misalnya, Anda bisa menabung dalam bentuk rumah.

Jika nantinya Anda memiliki 7 rumah pada saat pensiun, maka Anda bisa menjual 2 atau 3 rumah untuk dijadikan cash flow atau perputaran uang untuk biaya hidup.

Sedangkan sisa rumah yang Anda miliki dapat digunakan untuk menjaga kesinambungan aset untuk pemenuhan biaya hari tua selanjutnya. 

Selain itu, Anda dapat membangun sebuah bisnis, nantinya juga bisa menunjang hari tua Anda dan masuk dalam kontribusi sumber income pensiun Anda.

“Bagi saya hanya ada dua pilihan, memperbesar aset finansial saya untuk pensiun atau yang kedua yaitu aset yang terkait dengan properti atau aset-aset yang mudah dilikuidasi pada saat saya pensiun.” tambah Pak Rudi Ok.

Apa saja instrumen finansial yang cocok untuk dana pensiun?


instrumen finansial yang cocok untuk dana pensiun

Berbicara mengenai instrumen finansial untuk mendukung perkembangan dana tabungan pensiun merupakan sebuah pembahasan yang sangat menarik.

Tidak semua orang memahami bagaimana peran investasi jangka panjang di pasar modal atau pasar uang untuk menggerakkan dana yang dimiliki untuk mencapai tujuan finansial atau keuntungan yang kita harapkan.

“Anda bisa memilih dana pensiun salah satunya melalui pilihan jenis investasi yang telah dipersiapkan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan Simas Jiwa.” sebut Pak Rudi Ok.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah:

  1. Investasi dapat dilakukan berdasarkan kemampuan iuran atau besaran tabungan yang dapat Anda sisihkan.
  2. Pemilihan jenis investasi disesuaikan dengan seberapa besar dana pensiun yang ingin anda dapatkan yang nantinya akan menentukan tingkat pengembalian hasil investasi, apakah tingkat yang biasa-biasa saja yang kencang atau yang tinggi tingkat return atau hasilnya.
  3. Lebih hemat waktu anda bisa fokus pada pekerjaan Anda dan karir Anda, siapa tahu seiring peningkatan karir kemampuan anda menabung di dana pensiun menjadi lebih tinggi.

Bagaimana cara memilih instrumen dana pensiun yang baik?


cara memilih instrumen dana pensiun yang baik

 

Memilih instrumen dana pensiun yang baik sebetulnya kembali lagi ke pilihan pribadi masing-masing.

Dana pensiun menyiapkan tiga instrumen utama dalam pengembangan dana tabungan pensiun para pesertanya:

1. Pendapatan Tetap

Jenis investasi yang berupa deposito, tabungan, reksadana dan produk pasar uang lainnya, di mana keuntungan pengembangan hasil investasinya tidak terlalu besar tetapi untuk jangka waktu yang panjang mendapatkan suatu kepastian yang lebih secure dan nyaman.

Bagi Anda yang tidak memiliki suatu pengetahuan yang baik tentang dunia investasi pasar uang dan pasar modal, Anda bisa mengambil pilihan ini.

2. Saham

Salah satu instrumen investasi untuk mempersiapkan dana pensiun adalah saham yang juga dipengaruhi oleh pergerakan usaha.

Instrumen ini diminati karena dapat memberikan imbal hasil yang relatif lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya.

Saham atau pasar modal memang tergolong sebagai jenis investasi yang “high risk, high return”.

Jadi, pastikan Anda lebih bijak dalam memilih saham mana yang ingin Anda tambahkan ke portfolio Anda.

3. Campuran

Instrumen ini lebih cocok bagi Anda yang ingin lebih secure untuk investasi jangka panjang dengan hasil pengembalian yang juga cukup tinggi.

Anda bisa memilih perpaduan antara keduanya di mana dana dalam investasi terkait akan dikombinasikan dengan instrumen keuangan pasar uang dan juga instrumen pasar modal.

Hal ini juga lebih dikenal dengan istilah balance fund, jadi seimbang antara pendapatan tetap dengan dengan investasi yang agresif.

“Seperti halnya jodoh jadi ini digunakan untuk jangka panjang bukan untuk sementara karena orientasinya adalah memaksimalkan dana pensiun dan dapat digunakan dengan baik pada saat Anda pensiun.” sebut Pak Rudi Ok.

Berapa dana pensiun yang minimal dibutuhkan pada saat memasuki usia pensiun?


Berapa dana pensiun yang minimal dibutuhkan pada saat memasuki usia pensiun

Di usia pensiun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti:

  1. Produktivitas Anda akan menurun
  2. Biaya hidup akan semakin tinggi
  3. Kondisi kesehatan, apakah semakin baik, sama atau ada penyakit-penyakit yang mungkin akan memperkeruh kondisi kesehatan.

Yang penting saat Anda pensiun, Anda bisa memperkirakan hal-hal yang disebutkan di atas.

Katakanlah jika Anda memiliki gaji 10 juta. Jika besok atau bulan depan Anda pensiun, minimal untuk mempertahankan lifestyle, Anda harus mempersiapkan 70 - 80% dari tabungan pensiun untuk biaya hidup selanjutnya.

“Jangan sampai lifestyle turun karena kita lupa menyiapkan dana pensiun.” tambah Pak Rudi Ok.

Bagaimana tingkat kesadaran akan dana pensiun di Indonesia khususnya bagi anak muda?


tingkat kesadaran akan dana pensiun di Indonesia khususnya bagi anak muda

Belajar dari pengalaman negara-negara maju seperti Singapura atau Hongkong, umumnya para orang tua sudah mulai mempersiapkan dana hari tua mereka.

Hal tersebut menjadi pelajaran yang menarik bagi sang anak di mana mereka dapat melihat langsung pola kegiatan keuangan orang tua untuk mempersiapkan dana hari tua mereka.

Di Indonesia sendiri, hal ini penting sekali untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang berusia 30 tahun ke bawah.

Sebab kekuatan atau kemajuan sebuah negara itu ditentukan dari kekuatan keuangan masing-masing penduduknya.

“Jika pertumbuhan tabungan pensiun atau industri pensiun itu bisa mencapai 30 - 40% saya yakin 25 - 35 tahun mendatang Indonesia akan memiliki kondisi keuangan yang kuat.” sebut Pak Rudi Ok.

Hal ini dikarenakan generasi muda yang saat ini bekerja, ketika pensiun akan menjadi seorang pribadi atau keluarga yang memiliki pondasi keuangan pensiun yang sangat kuat dengan modal uang pensiun yang sesuai.

“Mulailah lebih awal. Pada saat kita bekerja, waktu dihemat bukan untuk hal yang tidak penting tetapi hal yang dapat membangun karir, membangun produktivitas, yang nanti akan berdampak pada tingkat penghasilan di usia produktif sehingga menyumbang kontribusi tabungan pensiun untuk dipergunakan di hari tua.”

Itulah penjelasan mengenai pentingnya dana pensiun untuk menjamin kehidupan di hari tua.

Sudah dibahas juga tentang kapan waktu yang terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun serta instrumen apa saja yang bisa Anda pilih.

Sebisa mungkin persiapkan dana pensiun sejak dini agar Anda bisa menikmati hari tua bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan masalah finansial. 


Share :





Artikel Lain


Bagaimana cara menjadi seseorang yang ahli di bidang marketing? Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer yang sukses? Berikut hasil diskusi Klikasuransku dengan Bapak Iteh Simon.

Selengkapnya

Apakah Anda pernah mengikuti pelatihan atau training untuk mengembangkan karir di bidang asuransi? Apakah penting untuk mengambil sertifikasi?

Selengkapnya

Tertarik untuk mendalami profesi sebagai seorang software engineer? Apa saja kriteria dan skill yang dibutuhkan untuk menjalani karir di bidang IT? Simak artikel berikut!

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022