Simak Pengertian Bancassurance dan Model-Modelnya


Apakah kamu pernah mendengar istilah bancassurance? Bancassurance adalah istilah yang cukup asing terdengar di telinga mayoritas orang. Padahal istilah tersebut merupakan program yang bisa memudakan para nasabah bank dalam mengelola tabungan masing-masing.

Masyarakat di Indonesia ini belum terlalu familiar dengan istilah bancassurance ini. Padahal ini adalah program yang sering dijadikan pilihan untuk memudahkan seorang nasabah bank mengelola tabungan. Ada keuntungan dari program ini, seperti apa penjelasan tentang bancassurance, mari simak di sini.

Pengertian Bancassurance


Pengertian Bancassurance

Bancassurance adalah program kerjasama antara bank dan juga perusahaan asuransi. Pihak bank menjual produk asuransi kepada para nasabahnya dan nanti baik pihak bank dan asuransi sama-sama mendapatkan untung dan komisi penjualan produk asuransi itu sendiri.

Jika dilihat dari kacamata ekonomi, bancassurance adalah program yang memberikan keuntungan pada pihak bank dengan menjual produk tambahan kepada nasabahnya. Keuntungan yang didapatkan juga berupa keuntungan untuk perusahaan asuransi yanti mendapatkan tambahan konsumen langsung dari nasabah bank.

Model Bancassurance


Model Bancassurance

Bancassurance adalah fitur dari bank yang juga melibatkan pihak penyedia jasa asuransi, dimana program ini ada dua model. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang model bancassurance.

1. Integrated Model

Model yang pertama program bancassurance adalah integrated model. Model integrasi ini merupakan model bancassurance yang dimana kegiatan yang berkaitan dengan asuransi sangat terintegrasi dengan pihak bank. Bank di sini perannya sangat berpengaruh dalam sebuah program asuransi yang diambil oleh nasabah. Preminya pun biasanya dikumpulkan oleh pihak bank. Untuk debit diambil langsung dari rekening para nasabah bank itu sendiri. Bahkan manajemen aset pun dikendalikan pihak bank.

2. Non Integrated Model

Non Integrated bancassurance adalah model yang tidak terintegrasi. Jadi ini sangat berbeda dengan model integrasi. Pada model kedua, penjualan produk asuransi dibatalkan peraturan tertentu. Hal tersebut disebabkan oleh produk asuransi yang ditawarkan tidak semua bisa dijual staf bank, yang bisa menjual hanya penasihat keuangan resmi dari bank yang sudah memenuhi kualifikasi tertentu. Agen yang terikat dan menjual produk asuransi secara eksklusif itulah yang disebut dengan penasehat keuangan.

Model bancassurance adalah hal yang bisa memberikan dampak pada semua kegiatan program itu sendiri. Aspek yang terpengaruh seperti struktur perusahaan, strategi penjualan, strategi pemasaran, dan desain produk.

Sementara aspek yang mempengaruhi pemilihan model bancassurance adalah kualifikasi minimum dalam penjualan produk asuransi, jenis produk asuransi, serta hubungan bank dengan pihak asuransi itu sendiri.

Apa Saja Manfaat dan Keuntungan Bancassurance?


Manfaat dan Keuntungan Bancassurance

Di Indonesia program bancassurance ini sendiri terus mengalami perkembangan. Sekarang ini program yang satu ini sudah diadakan di beberapa bank yang sudah ada kerja sama dengan perusahaan asuransi ternama dan besar. Banyaknya keuntungan yang didapatkan dari dua pihak menjadikan bancassurance adalah program yang termasuk tren investasi saling terhubung satu sama lain.

Program bancassurance adalah satu program yang tidak hanya memberikan keuntungan untuk pihak bank dan perusahaan asuransi, namun bagi nasabah bank sendiri juga akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Agar lebih jelas berikut ini adalah keuntungan adanya program bancassurance.

1. Meningkatkan Pangsa Pasar

Bagi pihak bank dan asuransi bancassurance adalah program yang sangat membantu dalam mengembangkan produk mandiri sehingga bisa menaikkan kekuatan produk perbankan. Pihak asuransi pun juga jadi bisa mendapatkan nasabah lebih banyak. Baik pihak bank dan perusahaan asuransi bisa menarik perhatian nasabah untuk bisa membeli produk asuransi yang ditawarkan.

2. Menaikkan Pendapatan

Bagi pihak bank adanya bancassurance sangat membantu sekali untuk meningkatkan pendapatan bank. Hal ini karena adanya sistem komisi, semakin banyak produk asuransi terjual semakin banyak komisi yang diberikan pihak asuransi pada bank.

3. Meningkatkan Loyalitas Nasabah

Baik pihak bank dan perusahaan asuransi, program ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Produk asuransi yang bagus bisa menarik perhatian nasabah sehingga lebih percaya pada pihak bank dan juga produk asuransi yang dipilih.

4. Memudahkan Transaksi

Jika dilihat dari posisi nasabah, bancassurance adalah program yang memberikan kemudahan untuk nasabah dalam bertransaksi. Dengan adanya prinsip one stop shopping pembayaran bisa dilakukan dalam satu kali datang, bisa di bank atau perusahaan asuransi.

5. Minat Asuransi Naik

Jika bank menjual produk asuransi, tanpa disadari nasabah akan mulai tertarik dan akan mulai memahami pentingnya berinvestasi dengan cara membeli asuransi. Jika biasanya orang malas untuk berasuransi karena harus datang dan membeli di perusahaan asuransi, karena sekarang pihak bank sudah menyediakan tentu ini jadi lebih praktis dan lebih mudah dilakukan. Dari situ nasabah akan lebih tertarik untuk melakukan investasi asuransi.

Bancassurance adalah program yang sangat bagus bagi banyak pihak khususnya nasabah. Hal tersebut karena program ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan asuransi pada semua orang, dimana sebetulnya asuransi adalah hal penting untuk menjamin masa depan seseorang. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022