Apa Itu e-Money? Ini Kelebihan dan Kekurangannya Secara Lengkap


E-money adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang finansial. Beberapa tahun terakhir penggunaan uang elektronik atau e-money mengalami peningkatan. Jika dahulu jika bepergian harus membawa banyak uang tunai untuk transaksi pembayaran, sekarang pengalaman itu sudah mengalami perubahan. Apa itu e-money? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu e-Money?


Apa Itu e-Money

e-money adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik. Dimana nilai uangnya disimpan dalam dalam media elektronik tertentu. Contohnya adalah kartu. Untuk bisa menggunakan e-money, maka pengguna terlebih dahulu harus menyetor sejumlah uang kepada penerbit. Media elektronik yang digunakan untuk menyimpan uang elektronik biasanya berupa chip atau server. Untuk masalah keamanan, e-money sangat aman karena sulit dibajak atau diretas.

Setelah itu, uang tersebut akan disimpan dalam bentuk media elektronik sebelum digunakan untuk melakukan transaksi. Saat e-money digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran maka saldo yang tersimpan di dalamnya akan berkurang sesuai dengan nilai transaksinya. Jika saldo nya sudah habis, pengguna bisa melakukan pengisian ulang atau top-up. Jadi, saat kamu ingin membayar sesuatu, maka kartu tersebut bisa kamu gunakan sebagai pengganti uang tunai.

Kelebihan e-Money


Kelebihan e-Money

Pengguna e-Money jumlahnya sangatlah banyak. Ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki e-Money. Berikut adalah beberapa kelebihan e-Money, antara lain:

1. Sangat Ringkas

Kelebihan pertama dari e-Money yaitu sangat ringkas. Dengan menggunakan e-Money maka kamu bisa membawa sejumlah uang dengan maksimal kurang lebih satu juta rupiah tanpa harus membawa dompet. Bayangkan saja jika kamu membawa sejumlah uang tersebut dalam dompet, tentu akan membuat dompet menjadi lebih tebal dan juga berat,

Menariknya lagi, e-Money ini tidak memerlukan Personal Identification Number (PIN) atau tanda tangan. Jika kamu ingin menggunakannya untuk melakukan pembayaran maka hanya perlu menempelkannya pada mesin pembaca. Cukup mudah bukan!

2. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Kehadiran e-Money ini akan mendorong munculnya cashless society. Penggunaan uang elektronik akan menekan atau bahkan menghilangkan peredaran uang palsu. Kamu menjadi tidak ribet untuk mengecek uang kembalian satu per satu karena takut mendapatkan uang palsu.

3. Mencegah terjadinya Tindak Kejahatan 

Kelebihan e-Money selanjutnya yaitu bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan. Meski kartu e-Money ukurannya kecil tetapi di dalamnya bisa berisi uang jutaan rupiah. Meski membawa uang jutaan rupiah tetapi kamu tidak takut menjadi korban kejahatan. Bandingkan jika membawa uang tunai di dompet, risiko menjadi korban kejahatan menjadi lebih besar yang membahayakan keselamatan.

4. Mudah dalam Melakukan Pengisian Uang

Jika saldo e-Money habis, kamu tidak perlu pergi keluar rumah untuk ke ATM atau mengantri di Bank. Hal ini dikarenakan pengisian saldo bisa dilakukan dengan mudah secara online.

Kekurangan e-Money


Kekurangan e-Money

Selain memiliki kelebihan, e-Money juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Tidak Bisa Diisi Terlalu Banyak

Meski e-Money penggunaannya sangat ringkas tetapi ada batas maksimal isi saldonya. Artinya kamu tidak bisa mengisi saldo terlalu banyak. Penyebabnya yaitu penggunaan e-Money tidak membutuhkan PIN ataupun verifikasi. Jika kartu e-Money hilang maka uang di dalamnya juga akan ikut hilang.

2. Hanya Bisa Digunakan pada Mesin Spesifik

Kekurangan e-money selanjutnya yaitu kamu hanya bisa menggunakannya pa mesin yang spesifik. Ini berarti kamu tidak bisa menggunakannya untuk belanja online. Jika tidak ada mesin yang spesifik maka e-Money tidak bisa digunakan untuk transaksi pembayaran.

3. Saldo Tidak  Bisa Diambil Kembali

e-Money atau uang elektronik merupakan kartu yang sudah ditanamkan dengan chip. Hal ini berarti jumlah uang yang di top up tidak bisa ditransfer atau dicairkan kembali. Jadi, saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk transaksi pembayaran.

Nah itulah pengertian e-Money beserta kelebihan dan kekurangannya. e-Money adalah salah satu kartu yang saat ini banyak digunakan karena sangat membantu penggunanya. Melalui kartu ini, kamu bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dan cepat. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022