Berikut 5 Tips Memulai Usaha Konveksi yang Harus Diketahui


Peluang menjalankan usaha konveksi sangat terbuka lebar dan pastinya sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan peminat produk-produk hasil konveksi sangat banyak. Karena memang pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Selain itu, dari waktu ke waktu tren pakaian akan mengalami perubahan.

Beberapa produk yang dihasilkan oleh usaha ini seperti jaket, kemeja, polo shirt, seragam organisasi, seragam perusahaan dan sebagainya. Produk-produk tersebut diproduksi secara massal atau partai besar disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Berikut 5 Tips Memulai Usaha Konveksi yang Harus Diketahui

Salah satu kelebihan menjalankan usaha ini adalah pangsa pasarnya yang sangat luas serta bisa dimulai dengan modal yang minim. Jika kamu tertarik untuk memulai usaha ini, dibawah ini akan disampaikan beberapa tipsnya:

1. Tentukan Produk yang akan Diproduksi


Menentukan Produk yang akan Diproduksi Usaha Konveksi

Sebelum memulai usaha ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan produk apa yang akan diproduksi. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat jenis produk yang bisa dihasilkan sangat banyak. Apakah kamu akan memproduksi pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, kaos atau kemeja.

Setelah menentukan jenis produk, kamu juga perlu memperhatikan keperluan dari produk tersebut. apakah untuk seragam, keperlua formal, media kampanye dan sebagainya.dengan menentukan posisi produk di pasaran maka akan mempermudah kamu dalam melakukan persaingan bisnis. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menentukan strategi pemasaran dan branding apa yang tepat. 

2. Siapkan Modal yang Dibutuhkan

Modal menjadi salah satu hal yang penting untuk disiapkan sebelum memulai suatu usaha. Usaha ini bisa dijalankan meski modal yang dimiliki sangat minim. Besaran modal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini disesuaikan dengan persiapan dan strategi yang dilakukan.

Apabila ingin memproduksi barang yang ready stock maka modal yang harus dipersiapkan nominalnya cukup besar. Akan tetapi, jika ingin memproduksi produk dengan sistem PO ( Pre-Order) maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Hal ini berarti modal yang dipersiapkan akan digunakan untuk kegiatan produksi dan promosi produk.

3. Tetapkan Supplier


Tetapkan Supplier

Tips memulai usaha konveksi selanjutnya yaitu menetapkan supplier. Supplier tersebut terdiri dari penjahit, bahan konveksi, kemasan, percetakan dan label pakaian. Dalam menetapkan supplier ini disarankan untuk menyesuaikan budget yang dimiliki serta strategi pemasaran apa yang digunakan.

Dalam memilih supplier tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Beberapa tips dalam memilihnya yaitu mencari supplier yang dekat dengan lokasi bisnis dan bekerjasama dengan supplier yang memiliki reputasi baik.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi usaha yang tepat akan mempengaruhi keberlangsungan usaha yang dijalankan. Sangat disarankan untuk memilih lokasi usaha yang strategis dan berada di tempat yang ramai.

Namun, jika kamu menjalankan usaha ini dengan modal minim disarankan untuk menjalankannya di rumah saja. kamu hanya perlu mempersiapkan satu sudut ruangan untuk dijadikan tempat produksi. Sebaliknya jika memiliki modal yang besar, kamu bisa menyewa tempat yang berada di lokasi strategis.

5. Melakukan Promosi dan Membangun Brand Image


Melakukan Promosi dan Membangun Brand Image

Supaya usaha yang dijalankan bisa dikenal banyak orang maka harus melakukan promosi. Dalam melakukan promosi, kamu bisa  memanfaatkan keberadaan media sosial. Dimana kamu bisa mempromosikan produk yang dihasilkan melalui Facebook, Instagram, Whatsapp, blog, website dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu membangun brand image. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan awareness serta kesadaran konsumen akan produk yang kamu produksi.  Cara yang bisa dilakukan dalam membangun brand image yaitu dengan membuat logo yang unik dan menarik, membuat desain konten yang sesuai dengan produk yang dijual dan menginformasikan visi.

Nah itulah informasi tentang 5 tips memulai usaha konveksi yang harus diketahui. Jika kamu serius ingin menjalankan usaha ini, maka lakukan tips-tips yang disampaikan diatas. Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas bukan tidak mungkin usaha yang dijalankan menghasilkan banyak keuntungan. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022