Pahami Apa Itu Ringkasan Eksekutif dan Manfaatnya


Apakah kamu pernah mendengar atau membuat ringkasan eksekutif yang disebut juga executive summary? Di dalam dunia bisnis penggunaan executive summary atau kalau diartikan dalam bahasa kita yaitu ringkasan eksekutif atau ringkasan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah untuk menarik minat investor agar berkenan untuk menanamkan dananya ke dalam bisnis kamu.

Sedangkan yang dimaksud dengan executive summary tersebut yaitu ringkasan yang berisi tentang informasi terkait dengan segala hal yang termasuk dalam rencana bisnis kamu. Itulah mengapa sebabnya orang juga menyebutnya sebagai ringkasan bisnis.

Pengertian Executive Summary


Pengertian Executive Summary

Ringkasan eksekutif adalah salah satu bagian dari rencana bisnis atau bisnis plan. Executive summary tersebut berisi tentang ringkasan singkat mengenai bisnis yang akan kamu informasikan kepada orang lain dalam hal misalnya investor.

Ringkasan eksekutif bisa juga disebut dengan ringkasan bisnis karena memang didalamnya mencakup berbagai informasi yang menggambarkan bagaimana sebuah bisnis dijalankan mulai dari proses produksi sampai pada target pasar dan sebagainya. Oleh sebab itu ringkasan bisnis eksekutif ini tidak boleh dibuat secara sembarangan dan asal-asalan.

Di dalam ringkasan tersebut akan dicantumkan secara singkat berbagai informasi penting yang berhubungan dengan rencana bisnis yang dijalankan mulai dari jenis produk, proses produksinya, anggaran yang dibutuhkan, target pasar hingga cara pemasaran kepada konsumen.

Oleh sebab itulah sangat penting untuk membuat ringkasan bisnis tersebut dengan benar dan tepat agar bisa menarik minat investor. Seperti juga bisnis plan, investor akan melihat dan mempertimbangkan apa yang kamu tuliskan dalam ringkasan tersebut sebelum memutuskan apakah akan berinvestasi atau tidak. Bagaimanapun investor hanya akan berinvestasi pada bisnis yang prospeknya bagus.

Fungsi dan Manfaat dari Executive Summary atau Ringkasan Eksekutif

Membuat ringkasan eksekutif adalah hal yang tidak boleh dilewatkan karena menjadi bagian penting dari bisnis plan. Bahkan bisa dikatakan bahwa ringkasan tersebut merupakan pondasi awal untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidak kalah pentingnya dari bisnis plan atau rencana bisnis, executive summary memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut.

  1. Ringkasan eksekutif berisi ringkasan singkat mengenai rancangan bisnis kamu sehingga memudahkan orang lain seperti investor untuk memahaminya.
  2. Membantu pihak yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca seluruh isi bisnis plan kamu agar bisa memahami dalam waktu yang lebih singkat.
  3. Menarik minat investor untuk menanamkan modalnya ke dalam bisnis kamu.

Komponen Penting dalam Ringkasan Eksekutif


Komponen Penting dalam Ringkasan Eksekutif

Membuat dan menyusun ringkasan bisnis eksekutif ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebagai ringkasan yang berisi tentang berbagai informasi penting terkait rencana bisnis tentu saja kamu harus memasukkan komponen-komponen tertentu ke dalamnya.

Elemen pokok yang harus ada di dalam ringkasan eksekutif antara lain yaitu :

1. Nama dan lokasi usaha atau perusahaan

2. Visi dan misi perusahaan

3. Deskripsi tentang perusahaan

4. Jenis produk atau jasa yang ditawarkan

5. Anggaran keuangan

6. Tujuan usaha atau perusahaan

Ringkas dan masukkan seluruh elemen tersebut secara singkat saja jangan terlalu panjang serta gunakan bahasa yang benar.

Isi dari Ringkasan Eksekutif


Isi dari Ringkasan Eksekutif

Selain komponen ataupun elemen yang harus dimasukkan kamu juga harus memperhatikan apa saja isi yang seharusnya termuat pada ringkasan tersebut. Secara garis besar isi dari ringkasan eksekutif yaitu :

1. Permasalahan

Jangan ragu dan malu untuk menuliskan apa yang menjadi permasalahan pokok sehingga  kamu memiliki ide bisnis tertentu. Atau bisa dikatakan sebagai latar belakang yang membuat kamu ingin menjalankan bisnis di bidang tertentu.

2. Solusi

Setelah memberikan identifikasi mengenai masalah seperti poin 1 maka selanjutnya sampaikan ide solusi untuk menyelesaikannya. Hal ini penting agar investor bisa tertarik.

3. Tim yang Solid

Jangan lupa juga untuk menginformasikan siapa saja dan berapa jumlah tim yang kamu perlukan. Tim yang solid sangat besar pengaruhnya pada kemajuan bisnis. Termasuk orang yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang bisnis kamu tersebut.

4. Segmentasi Pasar

Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi solusi maka kamu harus menentukan segmentasi pasar yang tepat bagi produk tersebut. Siapa saja dan kalangan mana yang akan dijadikan sebagai target pasar.

5. Kompetitor

Hal yang tidak kalah penting yaitu siapa saja pesaing atau kompetitor dalam bisnis tersebut. Sebutkan juga apa saja yang menjadi kekuatan  serta kelemahan dari kompetitor yang ada.

6. Ringkasan Mengenai Keuangan

Bisnis tidak mungkin bisa berjalan tanpa adanya modal uang. Di dalam bisnis uang haruslah bisa diputar sedemikian rupa agar bisa menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu ringkasan keuangan juga perlu dicantumkan misalnya rencana anggaran, target penjualan, target perolehan laba, ROI dan sebagainya.

7. Pencapaian

Terakhir, sebutkan juga apa yang sudah kamu capai dengan bisnis tersebut selama ini. Misalnya berapa keuntungan yang sudah bisa diperoleh selama menjalankan  bisnis tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang ringkasan eksekutif termasuk apa saja fungsi dan manfaatnya bagi bisnis kamu. Diharapkan dengan informasi ini, kamu bisa membuat ringkasan eksekutif yang baik dan benar serta bermanfaat untuk kebutuhan bisnis. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022