Mengenal Branding Beserta Manfaat dan Jenis-Jenisnya


Bagi sebuah usaha branding adalah hal yang sangat penting dan besar pengaruhnya dalam meraih kesuksesan. Apa itu branding? Segala upaya yang dilakukan oleh usaha maupun bisnis untuk membangun merek dari produk miliknya itulah pengertian sederhana dari branding. Sebuah merek akan memenangkan persaingan pasar ketika memiliki branding yang kuat.

Merek produk yang mempunyai branding kuat akan lebih diingat oleh konsumen sehingga ketika ada kompetitor maka tidak akan begitu berpengaruh pada pasar. Bukan sebatas itu saja, branding yang bagus bahkan bisa membuat sebuah merek menjadi identifikasi bagi semua produk sejenis. Misalnya semua jajanan anak kecil disebut dengan “Ciki” padahal itu merupakan sebuah merek snack ternama.

Memahami Apa Itu Branding Menurut AMA


Memahami Apa Itu Branding Menurut AMA

Asosiasi profesional pemasaran asal negeri Paman Sam yaitu American Marketing Association (AMA) memberikan definisi secara jelas tentang apa itu yang dimaksud dengan brand atau merek.  Brand adalah nama, istilah, logo, desain ataupun karakteristik lain yang terdapat pada sebuah produk barang maupun jasa yang akan membuatnya berbeda dari yang lainnya.

Mengacu pada pengertian di atas maka bisa dibuat kesimpulan bahwa branding adalah seluruh upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan sebuah merek atau brand. Termasuk di dalam branding tersebut yaitu proses menentukan visi dan misi perusahaan serta logo produk.

Elemen-elemen pada Branding


Elemen-elemen pada Branding

Sebagai bentuk upaya untuk membangun merek tentu saja ada beberapa elemen atau unsur yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam membentuk branding. Adapun keempat elemen tersebut yaitu :

1. Visi dan Misi

Visi merupakan tujuan jangka panjang dari apa yang ingin diraih dari merek tersebut. Sedangkan misi yaitu solusi yang akan diberikan atau dilakukan ketika terdapat masalah.

2. Logo

Logo merupakan wajah atau identitas dari produk sehingga harus dibuat dengan sebaik mungkin. Logo akan menjadi wakil dari produk serta merek milik kamu. Oleh sebab itu dalam pembuatan logo harus dipikirkan bagaimana font yang akan digunakan, warna serta bentuk yang bisa melekat di dalam pikiran konsumen sebagai target pasar.

3. Jargon

Jika logo adalah citra secara visual dari merek maka jargon merupakan citra yang berupa audio. Dalam istilah marketing sering disebut dengan tagline. Contohnya jargon dari sebuah restoran cepat saji “Jagonya Ayam”. Jargon ini akan memperkuat logo dari sebuah merek atau brand.

4. Media

Elemen yang tidak kalah penting dalam membangun branding yaitu media. Kalau zaman dulu perusahaan menggunakan iklan di televisi, pamflet, MMT dan sejenisnya maka di era digital ini media yang digunakan umumnya adalah situs atau website.

Jenis dan Macam Branding

Terdapat beberapa jenis dan macam branding yang dikenal dalam dunia marketing. Jenis dan macam branding tersebut yaitu :

1. Product Branding

Ini adalah branding yang paling umum dilakukan dalam usaha atau bisnis. Product branding adalah upaya untuk memberikan identitas kepada sebuah produk dengan tujuan agar konsumen bisa dipengaruhi sehingga lebih memilih membeli produk tersebut dibandingkan merek lainnya. Pada umumnya branding ini hanya dilakukan khusus untuk produknya saja bukan perusahaan ataupun produsennya.

2. Personal Branding

Personal branding sangat umum dilakukan di kalangan orang terkenal seperti artis, sosialita, politikus dan lainnya. Dalam istilah yang sering digunakan personal branding bisa dikatakan juga sebagai pencitraan. Branding ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan citra yang bagus di mata masyarakat.

3. Corporate Branding

Jika pembentukan identitas dilakukan pada semua aspek pada perusahaan baik itu produk, sumber daya manusia dan lainnya maka disebut sebagai corporate branding. Branding jenis ini sangat diperlukan dalam membentuk reputasi perusahaan di mata masyarakat sebagai konsumen. Selain itu juga berpengaruh pada nilai produk di pasar.

Manfaat dari Branding


Manfaat dari Branding

Mengapa perusahaan ataupun seseorang harus sampai bersusah payah melakukan branding? Alasannya adalah branding memiliki manfaat yang cukup penting bagi usaha dan perusahaan. Inilah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan branding.

1. Membuat Merek Berbeda dan Mudah Dikenal

Ketika dilemparkan ke pasaran produk kamu memiliki banyak kompetitor baik yang sudah lama maupun baru saja muncul. Semua produk tersebut memiliki peluang yang sama untuk dibeli oleh konsumen dan diterima pasar.  

Nah, agar produk kamu bisa lebih dikenal dan dipilih oleh konsumen maka harus dibuat beda dari yang lain. Branding akan membantu produk dan merek kamu memiliki perbedaan dari kompetitor sehingga lebih mudah dikenali oleh konsumen.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pasar

Branding yang positif secara tidak langsung akan membuat produk kamu lebih disukai. Itu disebabkan karena konsumen sudah percaya bahwa produk dan merek kamu tersebut pastilah memiliki kualitas yang bagus.

3. Meningkatkan Citra Perusahaan

Bukan hanya produk saja yang harus dijaga reputasinya tetapi juga perusahaan agar bisa dipercaya masyarakat dalam jangka panjang. Branding yang bagus dan kuat membuat reputasi perusahaan kamu selalu meningkat sehingga ketika ada produk baru yang ditawarkan lebih mudah untuk menjualnya kepada konsumen.

Itulah pengertian branding, elemen branding, sekaligus manfaatnya. Melalui penjelasan di atas semoga bisa membantu kamu memahami dan lebih mengenal apa itu branding serta manfaatnya bagi perusahaan serta bisnis.


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022