Ingin Menjadi Wirausaha Sukses? Simak Seluk Beluknya Berikut Ini


Jika diamati beberapa tahun belakangan ini makin banyak orang yang lebih memilih menjadi seorang wirausahawan dibandingkan bekerja menjadi karyawan. Wirausaha dipilih karena dianggap bisa memberikan keleluasaan dalam segi pengaturan waktu dan memungkinkan seseorang untuk berkembang. Berbeda dengan menjadi karyawan waktu hanya habis untuk membesarkan usaha orang lain.

Namun apakah sebenarnya yang disebut dengan wirausahawan itu? Apakah sama dengan pengusaha, entrepreneur dan lain sebagainya? Mungkin selama ini kamu sendiri juga belum begitu memahami apa yang dikatakan sebagai wirausahawan tersebut sehingga kalaupun mau menjalaninya masih mengalami kebingungan.

Apa yang Dimaksud Wirausaha Itu?

Apa yang Dimaksud Wirausaha

Bicara tentang pengertian dan definisi dari wirausaha memang tidak hanya satu pendapat saja. Ada beberapa ahli yang memiliki pendapat berbeda mengenai pengertian wirausaha. Inilah beberapa pengertian menurut ahli yang dimaksud.

1. Burgess (1993)

Seorang ahli bernama Burgess menyatakan bahwa pengertian dari wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan untuk mengolah, mengorganisasikan serta berani bertanggung jawab atas segala resiko dalam upayanya menciptakan usaha baru.

2. J.B Say (1803)

Berbeda dengan ahlinya yaitu J.B. Say yang mengemukakan pendapatnya bahwa seseorang bisa dikatakan sebagai wirausahawan ketika bisa melakukan pengelolaan atas sumber daya yang ada dengan efektif serta efisien. Di samping itu orang tersebut juga mampu menjadikan produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.

3. Soeharto Prawiro (1997)

Pendapat lainnya berasal dari Soeharto Prawiro bahwa wirausaha merupakan nilai yang dibutuhkan untuk memulai bisnis agar bisa dikembangkan.

Tips Sukses Menjadi Wirausahawan

Sebenarnya pada prinsipnya semua orang yang menjalankan usaha bisa menjadi wirausahawan. Dibalik setiap bentuk usaha mulai dari UKM hingga korporasi besar ada wirausahawan. Yang kamu butuhkan adalah kerja keras dan ketekunan dalam menjalankan usaha agar bisa layak disebut sebagai seorang wirausahawan.

Nah, berikut ini tips dan cara yang bisa dicoba agar suatu saat kamu berhasil menjadi wirausahawan sukses.

1. Mempunyai Skill Pengusaha

Mempunyai Skill Pengusaha

Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk meraih kesuksesan jadi kamu tidak boleh langsung menyerah di kesempatan pertama. Selama kamu memiliki skill atau keahlian sebagai seorang pengusaha lambat laun impian menjadi wirausahawan sukses pasti terwujud.

Apakah yang dimaksud dengan skill pengusaha tersebut? Contoh dari skill yang dimaksud misalnya kejelian dalam mencari target pasar, membaca kondisi pasar, melihat kesempatan yang ada dan sebagainya. Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan yaitu mental yang kuat seperti para pengusaha sukses yang harus kamu miliki sejak awal akan membangun usaha tersebut.

2. Pandai Mengambil Kesempatan

Suka tidak suka kamu harus mengakui bahwa dunia usaha adalah dunia yang keras. Artinya setiap saat persaingan yang ada makin tinggi saja dan kesempatan menjadi lebih sempit dari sebelumnya. Itulah mengapa sebabnya jika kamu ingin sukses menjadi wirausahawan harus pandai dalam mengambil kesempatan yang datang dan jangan menunggu terlalu lama.

Ketika kesempatan datang segera lakukan eksekusi pada ide yang ada di benak kamu termasuk dalam menjalankan strategi pemasaran yang tepat. Ingatlah bahwa kompetitor tidak akan menunggu.

3. Bisa Mencari Solusi

Bisa Mencari Solusi

Tidak ada bisnis dan usaha yang tidak mempunyai risiko dalam perjalannya. Sebaliknya, semakin besar usaha kamu maka otomatis permasalahan dan hambatan yang datang juga makin beragam. Kamu hanya akan bisa sukses kalau selalu bisa mencari solusi yang tepat untuk keluar dari permasalahan yang datang tersebut. Namun pastinya bukan sembarang solusi yang harus kamu ambil melainkan jalan keluar yang sesuai dengan target dan kebutuhan pasar.

Nah, apakah kamu sudah layak disebut sebagai wirausahawan saat ini? Jikalaupun belum, dengan ketekunan menjalankan bidang wirausaha kamu maka suatu saat kesuksesan akan menghampiri. Jadi, jangan patah semangat ya! 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022