Simak 5 Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Bagus


Kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi memang kian meningkat. Salah satu jenis asuransi yang bisa kamu pilih adalah asuransi jiwa. Kepemilikan asuransi ini akan meringankan dan meminimalisir resiko yang bisa terjadi kapan saja untuk diri sendiri. Dari banyaknya produk asuransi, kamu harus memahami bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang bagus. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk terbaik untuk kebutuhanmu.

Apa Itu Asuransi Jiwa?


Apa Itu Asuransi Jiwa

Perlu diketahui jika jenis asuransi ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan keselamatan dan juga kepentingan keluarga. Asuransi jiwa itu sendiri merupakan layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial ataupun kehilang pendapatan seseorang atau keluarga yang diakibatkan adanya kematian anggota keluarga yang tertanggung yang biasanya menjadi sumber nafkah keluarga tersebut.

Memiliki asuransi jiwa merupakan salah satu persiapan yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi bagi keluarga yang ditinggalkan. Dimana anggota keluarga nya membutuhkan dukungan kematian akibat kematian yang mengakibatkan keluarga tersebut menjadi kehilangan pendapatan dan juga mengalami kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun kedepannya

Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Bagus 


Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Bagus

Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan asuransi jiwa yang bisa kamu pilih salah satu. Supaya kamu tidak salah pilih, inilah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih asuransi jiwa yang terbaik.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan kamu

Sama halnya dengan membeli barang, sebelum memilih asuransi jiwa maka terlebih dahulu harus mengenal dan juga memastikan produk seperti apa yang akan dibeli. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan asuransi biasanya menawarkan lebih dari satu produk kepada kamu. Maka dari itu, kamu harus memilih produk asuransi yang sesuai tujuan keuangan, kemampuan, serta kebutuhan perlindungan.

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu memperhatikan risiko apa saja yang nantinya akan tertanggung. Setelah itu, pelajari lalu bandingkan antara produk asuransi yang satu dengan yang lainnya lalu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

2. Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Tips memilih asuransi yang bagus selanjutnya adalah menyesuaikan anggaran yang dimiliki. Tujuannya supaya tidak mengganggu anggaran untuk kebutuhan yang lainnya. Meski premi asuransi bisa dibayar setiap bulan, kuartal atau semester tetapi harus tetap dianggarkan setiap bulannya.

Supaya kamu bisa merasakan manfaat asuransi secara rutin, idealnya penentuan premi yaitu 10-20 persen dari pendapatan setiap bulannya. Tips memilih asuransi jiwa satu ini tidak boleh diabaikan sehingga penting untuk dijadikan pertimbangan.

3. Ketahui Besarnya Uang Petanggungan (UP)

Namanya juga asuransi pasti akan membahas tentang sejumlah uang yang akan diterima ahli waris apabila terjadi resiko meninggal dunia. Maka dari itu, saat memilih asuransi jiwa yang bagus perlu mengetahui seberapa besar uang pertanggungan (UP) yang disesuaikan dengan premi yang dibayar. Selain itu, juga tujuan kamu membeli asuransi.

Apabila tujuan kamu membeli asuransi jiwa adalah untuk mendapatkan perlindungan jiwa atau aset maka sebaiknya membeli UP yang lebih besar. Jika tujuannya lebih ke proteksi kesehatan maka UP bisa diperkecil jumlahnya.

4. Perhatikan Perusahaan Asuransinya

Seperti yang diketahui jika di Indonesia jumlah perusahaan asuransi jumlahnya cukup banyak. Tentu kamu akan kesulitan memilih salah satu yang terbaik. Namun, kamu disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi.

Cara mengetahui kredibilitasnya yaitu dengan melihat track recordnya seperti apa, penghargaan yang pernah diterima, histori pembayaran klaim nasabahnya serta berapa RBC (Risk Based Capital) nya  Perlu kamu ketahui jika ketentuan pemerintah minimal RBC sebesar 120%. RBC itu sendiri merupakan faktor kecukupan modal dari suatu perusahaan asuransi dalam membayar klaim nasabah dalam satu waktu tertentu.

5. Pilih Perusahaan Asuransi yang Mempunyai Layanan Terbaik

 Tips memilih asuransi jiwa selanjutnya yaitu pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan layanan terbaik. Layanan terbaik yang dimaksud seperti memiliki layanan nasabah 24 jam. Selain itu, saat pelanggan membutuhkan informasi perusahaan selalu ada. Saat nasabah akan klaim pihak perusahaan juga ada. Intinya perusahaan asuransi harus selalu ada saat nasabah sedang ada perlu.

Nah itulah informasi tentang pengertian asuransi jiwa beserta tips memilih asuransi jiwa yang bagus. Jika kamu sedang mencari produk asuransi jiwa terbaik, direkomendasikan untuk memilih klikasuransiku. Pasalnya, klikasuransiku merupakan platform jual beli asuransi dari PT. Asuransi Simas Jiwa. Perusahaan ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bersama Klikasuransiku, kamu bisa mendapatkan produk terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. 


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022