Pahami Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Cashless dan Manfaatnya


Keberadaan produk asuransi sudah menjadi kebutuhan masyarakat zaman sekarang dimana hampir semua hal dalam hidup membutuhkan biaya cukup besar. Produk asuransi kesehatan rawat jalan cashless misalnya akan membantu kamu mendapatkan jaminan biaya perawatan rawat jalan dari rumah sakit tanpa harus repot dan pusing. Kamu tidak perlu membayar apapun dan tidak usah membawa uang tunai atau cash.

Asuransi seperti ini akan sangat membantu dan menguntungkan kamu ketika sakit di luar kota dan tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Dengan menjadi nasabah dari asuransi cashless maka kamu hanya tinggal menunjukkan kartu peserta saja dan semua urusan biaya perawatan akan dilakukan oleh pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit yang akan berurusan langsung dengan perusahaan asuransi.

Pengertian dari Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Cashless


Pengertian dari Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Cashless

Cashless sendiri bisa diartikan sebagai non tunai jadi kamu tidak perlu membayarnya dengan uang cash saat itu juga. Asuransi jenis ini sangat berguna kalau kamu sedang bepergian kemudian mendadak sakit ataupun mengalami hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi kalau kamu sedang berada di tempat yang cukup jauh dari keramaian sehingga sulit untuk menemukan mesin ATM.

Asuransi kesehatan rawat jalan cashless adalah produk asuransi dimana nasabah atau pemegang polis tidak perlu mengeluarkan uang cash atau tunai saat membutuhkan pelayanan medis yang termasuk rawat jalan. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kemudian pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai maka nasabah bisa langsung mendapatkan pelayanan medis dimanapun.

Jadi ketika kamu membutuhkan pelayanan rawat jalan seperti konsultasi dokter, perawatan gigi, pembelian kacamata, medical check-up dan berbagai pelayanan medis yang tidak membutuhkan perawatan inap atau opname di rumah sakit maka tinggal menunjukkan kartu asuransi saja. Selanjutnya kamu hanya perlu mengisi formulir lalu menunggu dilakukannya proses verifikasi.

Setelah semua proses tersebut selesai maka kamu bisa langsung mendapatkan berbagai pelayanan rawat jalan sesuai yang tercantum pada polis asuransi tanpa harus membayar apapun dalam bentuk tunai / cash. Syaratnya hanyalah pelayanan dilakukan pada rumah sakit yang menjadi rujukan atau rekanan.

Bagaimana Asuransi Kesehatan Jalan Rawat Cashless Bekerja?


Bagaimana Asuransi Kesehatan Jalan Rawat Cashless Bekerja

Kamu mungkin masih bingung bagaimana bisa peserta asuransi cashless mendapatkan  pelayanan sesuai dengan yang tercantum di dalam polis tanpa mengeluarkan biaya apapun. Agar kamu bisa lebih mudah memahaminya simak bagaimana cara kerja dan langkah untuk menggunakan asuransi tersebut.

1. Datangi Rumah Sakit Rujukan

Asuransi kesehatan jenis cashless ini pada prinsipnya bisa digunakan dimana saja selama rumah sakit tersebut sudah melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan asuransi.  Jadi ketika kamu mendadak merasa sakit dan membutuhkan pelayanan medis yang tidak membutuhkan opname atau rawat jalan seperti yang disebutkan sebelumnya langsung saja datangi rumah sakit yang menjadi rujukan atau telah melakukan kerjasama dengan asuransi. 

Mengapa harus ke rumah sakit yang telah melakukan kerjasama dengan perusahaan asuransi? Karena saat menggunakan layanan asuransi cashless tersebut petugas administrasi dari rumah sakit harus melakukan verifikasi dengan perusahaan asuransi.

2. Mengisi Formulir dengan Lengkap

Setelah sampai di rumah sakit maka kamu harus mengisi formulir yang telah disediakan agar layanan medis bisa diberikan. Pengisian formulir bertujuan untuk melakukan tahapan pra otorisasi. Formulir tersebut juga akan digunakan sebagai acuan untuk melakukan tahapan verifikasi.

Isi formulir dengan benar dan selengkap-lengkapnya agar nantinya proses verifikasi bisa berjalan lebih cepat sehingga kamu bisa segera mendapatkan layanan rawat jalan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menunjukkan kartu peserta asuransi kepada petugas rumah sakit.

3. Tunggu Proses Verifikasi oleh Rumah Sakit

Selanjutnya adalah kamu harus menunggu proses verifikasi dilakukan oleh pihak rumah sakit kepada perusahaan asuransi. Setelah pengisian formulir kamu selesaikan dan menyerahkannya pada petugas rumah sakit maka segera akan dilakukan verifikasi. Inilah keunggulan dari produk asuransi cashless yaitu lebih cepat dan praktis.

Manfaat Asuransi Kesehatan Cashless


Manfaat Asuransi Kesehatan Cashless

Dengan menggunakan jenis asuransi cashless maka sebagai nasabah atau pemegang polis kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan. Apa sajakah itu? Simak berikut ini.

1. Tidak Perlu Sedia Uang Tunai

Tidak semua orang memiliki uang tunai dalam jumlah yang banyak atau senang membawa cash. Demi keamanan biasanya orang lebih suka membawa uang tunai secukupnya saja. Asuransi cashless akan mempermudah urusan kamu saat membutuhkan pelayanan medis rawat jalan tertentu misalnya medical check-up namun tidak memiliki uang tunai yang mencukupi. Kamu bisa mendapatkan layanan medis yang diperlukan tanpa harus menyediakan uang tunai lebih dulu.

2. Proses Klaim Lebih Mudah

Asuransi jenis cashless banyak dipilih karena dianggap lebih mudah untuk melakukan klaim. Prosesnya tidak ribet hanya menunjukkan kartu peserta saja, mengisi formulir lalu dilakukan verifikasi. Hanya dalam waktu cukup singkat nasabah sudah bisa mendapatkan pelayanan medis yang dibutuhkannya.

3. Bisa Dipakai Kapan Saja

Asuransi jenis ini bisa kamu gunakan kapan saja bahkan akses tersedia selama 24 jam dalam 7 hari tanpa henti. Proses verifikasi dilakukan oleh sebuah sistem sehingga berlangsung lebih cepat.

Itulah seluk beluk tentang asuransi kesehatan rawat jalan cashless yang perlu kamu ketahui. Jenis asuransi ini paling tepat dipakai pada saat darurat dimana kamu harus mendapatkan pelayanan medis segera namun tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup.


Share :





Artikel Lain


Buat kamu generasi milenial, Apakah kamu merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa? Ternyata sekarang waktunya kamu peduli dengan asuransi jiwa!

Selengkapnya

Sebuah survei yang dilakukan oleh GoBankingRates pada bulan Februari 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa semakin banyak generasi milenial tidak memiliki tabungan sama sekali. GoBankingRates menemukan bahwa anak muda di AS yang berusia 18-24 tahun memiliki saldo tabungan kurang dari US$1.000 atau hanya sekitar Rp 14,6 juta. Bahkan yang tidak memiliki tabungan sama sekali ada hampir separuh di antara mereka.

Selengkapnya

Semua orang tentu ingin memperoleh kebebasan finansial. Sebagian orang mencapai tujuan itu dengan menjadi pemilik bisnis atau investor. Jenis investasi apa yang bisa dilakukan saat ini?

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022